Peluang Usaha Cuci Motor

Usaha Cuci Motor
Peluang usaha cuci motor menjadi hal yang sangat mudah untuk digeluti. Para pembaca yang budiman tentu sudah mengenal yang namanya kendaraan beroda dua. Kalau disebut kendaraan beroda dua tentu langsung ada di pikiran kita tergambar sepeda motor. Kendaraan sepeda motor kini sudah menjadi barang yang tak dikatakan mahal oleh sebagian besar orang. Hampir setiap rumah terpakir kendaraan sepeda motor ini. Jumlahnya selalu meningkat pada tiap tahun. Jalan-jalan selalu dipenuhi oleh sepeda motor. Terutama kalau di pagi hari dan sore hari. Pagi hari banyak orang berangkat masuk ke sekolah dan bekerja. Di waktu sore hari banyak orang yang pulang dari sekolah dan tempat kerja.

Di saat kita keluar dari rumah maka kita akan melihat berbagai hal yang menarik. Ada yang itu kita anggap biasa saja. Tetapi ada pula yang menjadi bahan untuk dipikirkan di rumah nantinya. Ketika kita berjalan memakai kendaraan maka pemandangan di sekitar jalan banyak berdiri berbagai usaha. Mengenai jenis usaha ini menjadi bahan pemikiran kita di rumah. Apalagi kita sedang dalam posisi ingin mencari peluang usaha yang bisa dijalankan. Macam-macam jenis dari tempat usaha tersebut. Tapi ada satu yang mungkin menarik untuk kita bahas. Usaha yang berbasis cuci mencuci. Dalam hal ini yang paling menarik untuk kita bahas adalah usaha cucian sepeda motor.

Sangat pas bila kita memilih peluang usaha ini. Walau begitu masih banyak pula orang yang mengatakan bahwa usaha ini tak begitu signifikan dalam meningkatkan kekayaan kita. Mereka menyuruh kita untuk keluar rumah dan melihat di sekitar jalan raya. Bukankan di sana sudah berjejer usaha cuci motor? Apakah kita mau menambahnya lagi? Memang benar apa yang dikatakan itu. Banyak usaha cuci motor yang sudah berjalan. Bahkan ada yang sudah satu dasa warsa usianya. Tetapi akan muncul pula pertanyaan. Mengapa banyak orang membuka usaha ini? Ada apa dibalik itu? Tentu ada alasan yang mendasari mereka melakukannya. Saya kira tak mungkinlah banyak orang hanya latah saja membukanya.Tentu mereka punya alasan yang nyata dan tepat.

Dengan kondisi pemandangan tersebut maka bisa kita simpulkan bahwa menjanjikan sekali peluang tersebut. Ini dapat dilihat dari bertambahnya unit cuci motor di mana-mana. Hal ini menandakan prospek cuci motor sangat menawarkan keuntungan yang nyata dan kesuksesan luar biasa pula. Sebetulnya ada beberapa hal yang melatarbelakangi Anda dan kita semua untuk mengambil peluang usaha cuci motor ini, diantaranya adalah :
1. Pertumbuhan jumlah sepeda motor yang begitu pesat.
Kita bisa rasakan dalam tiap tahun tidak berkurang yang namanya jumlah sepeda motor itu. Tetapi sebaliknya, jumlahnya meningkat dari waktu ke waktu. Tanpa harus kita hitung secara detail pun akan kelihatan jelas saat adanya banyak motor di jalan raya. Bahkan sampai menjadi macet gara-gara tumpah ruahnya kendaraan. Biasa hal ini terjadi saat berangkat kerja atau pulangnya.

2. Dengan banyaknya sepeda motor tentu peluangnya pencucian juga akan besar.
Kendaraan ini bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok. Hampir tidak ada hari yang sama sekali tidak menggunakannya. Aktivitas apapun selalu dimudahkan dengan sepeda motor. Kalau yang punya mobil agak berbeda ceritanya. Tetapi motor lebih dipilih sebab alasan lebih terjangkau harganya, murah suku cadangnya, rendah bayar pajaknya, dan bisa menerobos di tengah kemacetan kota besar. Biasa kita saksikan seseorang yang punya mobil namun malah memilih menggunakan sepeda motor ketika bepergian yang tidak terlalu jauh. Satu alasan yang dikemukakannya ialah dengan naik sepeda motor maka bisa dengan mudah menerobos kemacetan. Karena sepeda motor ini setiap hari dipakai tentu di jalan akan bergelut dengan berbagai kotoran. Ada debu, genangan air, atau lainnya yang mengotori. Terlebih lagi bila musim hujan tiba maka akan semakin mudah kotor sepeda motor yang dipakai. Kalau sudah begitu akhirnya perlu untuk dicuci. Demi kebersihan, keawetan supaya tidak mudah berkarat, serta penampilan yang utama. Dalam kesibukan masyarakat saat ini jarang juga yang mencuci sendiri sepeda motornya. Kebanyakan memilih jasa pencucian sepeda motor.

3. Ditemukan banyak jasa cuci sepeda motor yang kurang profesional dalam pelayanan.
Perlu kita pahami bersama bila usaha ini bukanlah bidang produksi tetapi termasuk bidang jasa. Yang dihadapi setiap hari adalah konsumen pemilik sepeda motor yang hendak dicuci. Melihat fakta bahwa banyak tempat cucian yang asal-asalan saja menjalankannya maka akan memunculkan sebuah peluang info usaha untuk kita. Asalkan kita mau berbeda dengan mereka. Dalam hal yang positif kita harusnya lebih baik.

4. Modal yang tidak terlalu besar
Paling tidak ada pompa air, kompresor, dan peralatan cuci berupa kanebo, sabun, shampo motor, lap, pengkilap motor, sikat dan lain-lain. Semua perlengkapan itu hendaknya kita sediakan terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Untuk yang pemula memang harus membelinya. Dan tentunya perlu uang sebagai modalnya. Banyak cara untuk mendapatkannya. Kita bisa bekerja dahulu dan mengumpulkan uang untuk modal. Bisa pula kita membangun hubungan dengan keluarga atau saudara sehingga mereka berkenan membantu kita. Dapat pula mencari orang yang kaya untuk berinvestasi. Kalau kita dipercaya tentu sangat senang sekali merekan bekerjasama. Mencari pinjaman ke bank juga bisa dijadikan solusi untuk tahap terakhir setelah jalan lain tak ditemui.


Beberapa poin di atas rasanya cukup bisa menjadi alasan untuk menangkap peluang usaha cuci motor yang bagus ini. Segera bertindak sebelum orang lain yang mengambil kesempatan ini. Bilamana Anda sudah menentukan pilihan untuk memulai usaha ini maka penting pula menyimak beberapa tips bermanfaat berikut ini:

a. Harus berani berbeda dengan lainnya. Artinya pelayanan kita harus mempunyai nilai lebih. Misalkan di saat konsumen datang lalu kita beri keramahan dan senyuman sekaligus. Tentu mereka akan setia mencuci motornya ke tempat kita. Hendaknya cermat, cepat, dan puas. Sambil mereka menunggu selesai cucian sepeda motor maka berikan fasilitas wifi gratis dan minuman gratis. Mereka para konsumen tentu akan senang dan ingin datang lagi pada kesempatan yang lainnya.

b. Milikilah teknik mencuci yang benar. Hasil cucian di tempat usaha Anda harus benar-benar recomended. Hasil cucian mesti benar-benar bersih. Konsumen begitu suka dengan bersihnya. Seperti memakai cara cuci motor salju. Bila sebagai pemula, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu.

c. Pilihlah tempat yang ramai. Posisi yang strategis penting sekali untuk membuka banyaknya pengunjung atau pelanggan. Semakin ramai akan semakin baik, karena peluang untuk motornya dicucikan.

d. Administrasi hendaknya disiapkan dari awal. Catatlah dengan teliti omset anda dalam sehari, sebulan dan setahun. Pentingnya untuk mengetahui kondisi keuangan usaha kita. Janganlah sampai terjadi seolah-olah pelanggannya banyak tapi kok keuntungannya sama saja.

e. Mencari karyawan yang handal. Dalam arti mereka sigap dan cepat dalam mengerjakanya. Pelanggan pun tambah senang karena idak perlu menunggu lama. Salah atu kebiasaan yang menjemukan adalah menunggu.

f. Mencari karyawan yang jujur. Kejujuran itu sangatlah penting. Sehebat dan seterampil apa pun seorang karyawan kalau tidak punya kejujuran maka itu tidaklah baik. Sifat jujur menjadi modal yang besar bagi seorang karyawan agar sukses. Seorang pengusaha bisnis cuci motor ini pun menjadi sukses bilamana punya karyawan yang jujur.

g. Berdoalah dan banyak bersedekah kepada mereka yang memerlukan. Kita manusia perlu untuk berusaha dengan semaksimal mungkin. Tetapi Tuhanlah yang paling menentukan. Amalan tersebut akan melancarkan usaha kita nantinya.

Begitulah artikel tentang peluang usaha cuci motor. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik dan keberhasilan adalah milik anda semua. Oh iya, bagilah pula tulisan di atas kepada teman-teman anda. Mungkin akan bermanfaat dan berguna sekali untuk mereka. Sukses untuk Anda semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Cuci Motor