Tips Merawat Baterai Netbook Dan Laptop

Tips Merawat Baterai Netbook

Tips merawat baterai netbook dan laptop sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Betapa tidak? Kini sudah banyak orang yang memiliki netbook dan laptop. Banyak orang yang bertanya-tanya ketika sudah memiliki netbook atau laptop yang baru, bagaimana merawatnya agar tetap awet. Terutama pada komponen baterainya. Karena bagian baterai ini adalah sumber listrik dari laptop agar bisa hidup beberapa jam tanpa dihubungkan dengan aliran listrik. Pada intinya, laptop disukai karena praktis dan nyaman digunakan. Sangat senang ketika bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Segala tugas dan pekerjaan pun dapat dirampungkan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Pekerjaan menjadi efektif dan hasilnya pun akan maksimal. Prestasi pun dapat diraih dengan baik.

Komponen penting dari sebuah netbook atau laptop antara lain baterai, mainboad, keyboard, screen dan lain-lain. Nah, salah satu yang terpenting adalah baterainya. Perlu diketahui bahwa laptop dan netbook didesain sebagai peralatan portable. Sehingga bisa dibawa kemana-mana kita suka. Segala kegiatan yang dikerjakan pun akan berjalan lancar. Laptop dan netbok kini sudah seperti smartphone keberadaanya. Banyak orang telah membutuhkan sekali untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Agar baterai netbook dan laptop milik kita dapat awet serta tahan lama. Maka perlu dilakukan perawatan yang benar. Akankah ingin terjadi pada laptop dan netbook yang belum lama dibeli terus ngedrop baterainya? Tentu sangat tidak ingin bukan? Maka sebaiknya mari kita cek ulasan mengenai tips merawat baterai netbook dan laptop milik kita. Di bawah ini ditampilkan beberapa tipsnya, selamat menyimaknya :

1. Charge Baterai Dalam Waktu Antara 4-8 Jam
Ketika membeli laptop baru, pastinya baterai di laptop atau netbook tersebut masih dalam keadaan kosong. Walaupun charge listrik terpasang, tapi laptop sebaiknya tak boleh langsung dipakai. Matikanlah laptop terus dicharge selama antara 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan Full Charge (untuk beberapa laptop terkadang lampunya akan berubah menjadi hijau). Ketika baterai sudah penuh maka sebaiknya dihentikan pengisian listriknya. Demikian pula bila belum mau habis baterainya jangan dicharge dulu. Bahwasanya umur baterai bukan lamanya berapa tahun atau bulan. Akan tetapi umurnya ditentukan dari berapa kali kita memasang dan melepas charge itu.

2. Bila Tak Digunakan, Baterai Laptop Diputuskan Dari Arus Listrik
Sebaiknya baterai laptop digunakan pada saat kita tidak memiliki akses untuk listrik. Hal ini akan membuat baterai lebih awet.

3. Aturlah Waktu Sleep Netbook dan Laptop
Lakukan konfigurasi atas pengaturan baterai anda secara tepat. Periode yang pas, untuk sleep laptop akan memungkinkan anda untuk menonaktifkan layar beserta hard disk ketikajangka waktu tertentu laptop tak dipakai. Pastikanlah periode yang singkat guna memaksimalkan usia atau waktu pakai baterai.

4. Nonaktifkan Bluetooth dan Wifi Saat Tak Diperlukan
Menonaktifkan perangkat nirkabel ini akan penting dalam perawatan baterai. Hal ini akan membantu menghemat daya. Perlu dipahami bahwa konsep kerja bluetooth dan wifi ialah mengirim serta menerima signal merkipun pemilik laptop tidak menyadarinya. Lebih parah lagi jika kedua fitur ini diaktifkan ditempat yang sama sekali tidak ada signal. Pengaktifan fitur ini akan memakan banyak energi listri juga. Bila ingin berhemat maka sebaiknya dimatikan saja saat tak dimanfaatkan.

5. Kurangi Menggunakan Layar Terlalu Terang.
Keadaan layar yang terang memang membuat tulisan akan terlihat lebih jelas namun mengkonfigurasi layar yang terlalu terang akan berakibat menggunakan banyak daya. Energi yang dipakai tentunya lebih besar dengan semakin terangnya layar.

6. Nonaktifkanlah Screen Saver
Screen saver memungkinkan tingkat konsumsi daya yang jauh lebih tinggi. Dalam hal ini, posisi CPU aktif dan kartu video serta layar digunakan juga. Maka boleh dikatakan sama dengan menonton vidoe pada laptop.

7. Lepaskanlah Perangkat Eksternal yang Tak Dibutuhkan
Nonaktifkan bluetooth dan perangkat nirkabel merupakan hal penting dalam menghemat daya listrik. Tetapi ada hal lainnya yang tak kalah penting, yakni melepaskan setiap perangkat ekstenal bila memang tak dibutuhkan.Contoh perangkat eksternal tersebut, misalnya USB atau Mouse nirkabel, harddisk eksternal, dan memory stick USB. Beberapa perangkat tersebut memakai daya dari laptop atau netbook kita.

8. Tutuplah Program Yang Tidak Diperlukan
Program yang terlalu banyak menyebabkan loadingnya agak lama. Menunggu loading yang agak lama membuat kita kurang nyaman. Tentu ini tidak akan efisien untuk kerja netbook dan laptop kita. Cek pula program startup yang ada, usahakan tidak terlalu banyak. Kita gunakan program yang diperlukan saja.

9. Pakailah Headseat Ketika Mendengarkan Musik atau Sejenisnya.
Bentuk speaker pada laptop kecil sehingga walau volumenya musik diperbesar sampai tingkat maksimal, suara yang keluar tetaplah tidak sekuat yang diinginkan. Perlu dipahami bahwa jika volumenya dinaikkan maka penggunaan daya akan menjadi bertambah besar. Energi listrik yang diperlukan menjadi lebih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita praktekkan di rumah. Diharapkan baterai netbook dan laptop milik anda akan selalu terjaga dengan baik. Sehingga awet dan bertahan dalam waktu lebih lama. Anggaran untuk memeliharanya pun akan menjadi hemat. Kini untuk para pebisnis sudah selayaknya menggunakan laptop dalam bekerja. Berbagai pekerjaan bisnis dapat dilakukan dengan lebih cepat. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Merawat Baterai Netbook Dan Laptop