Peluang Bisnis Tahu Bakso

Peluang Bisnis Tahu Bakso
Peluang bisnis tahu bakso masih sangat prospektif untuk diambil. Dengan berbagai peluang usaha yang ada di sekitar kita tentu menjadikan sebuah keluasan tersendiri. Kita bisa memilih peluang mana yang kiranya cocok dan amat menjanjikan. Selanjutnya, sesudah kita bisa menentukan pilihan yang pas maka bisa kita ambil salah satu. Bisnis jualan tahu bakso menjadi sebuah pilihan usaha yang menurut kami sangat cocok untuk kita ambil. Makanan berupa tahu bakso sudah bukan hal yang asing lagi di masyarakat. 

Rasanya enak dan yang menyukainya pun banyak juga. Sering tersaji pula di meja makan. Inni artinya masyarakat sudah sangat familier dengan makanan berupa tahu bakso ini. Di warung-warung makan pun tidak sepi dengan sajian tahu bakso. Animo masyarakat terhadap tahu bakso juga terbilang bagus. Dapat dibuktikan dengan selalu larisnya tahu bakso ini. Meskipun sudah sekian lama tahu bakso hadir di tengah-tengah masyarakat tetapi sampai sekarang tetap saja bisa eksis terus. Berarti masyarakat tidak pernah bosan menikmati sajian tahu bakso yang enak tersebut.

Melihat beberapa fenomena menarik tersebut maka semakin membuat kita mantap untuk menekuni bisnis jualan tahu bakso. Untuk bisa sukses dalam bisnis jualan tahu bakso maka kita perlu mengetahui beberapa hal, diantaranya:

1. Memiliki kemampuan membuat tahu bakso sendiri.

Kita perlu bisa membuat tahu bakso sendiri. Meskipun kita saat ini belum bisa maka masih ada waktu untuk mempelajarinya. Kita tidak perlu segan untuk belajar dan belajar. Dengan mau belajar maka kami yakin semua bisa membuat sendiri tahu baksonya. Sebagai tambahan referensi berikut ini contoh resep membuat tahu bakso yang bisa teman-teman praktekkan.

Tahu Bakso

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram daging ayam atau daging sapi
  • 10 buah tahu kulit kotak diiris melintang menjadi 2 bagian
  • 75 gram tepung kanji atau sagu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 butir putih telur
  • 5 sendok makan air es

Kemudian untuk bahan berupa bumbu halusnya:

  • 5 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • 1/2 sendok teh lada bubuk

Untuk langkah-langkah cara membuat tahu bakso yakni:

  1. Yang pertama kita giling atau haluskan daging menggunakan food processor atau chopper sampai lembut. Tuang ke dalam wadah besar.
  2. Kemudian kita tambahkan tepung kanji, putih telur, dan bumbu halus. Terus aduk secara rata agar semua bahan tercampur sempurna. Tuang air es ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya, kita siapkan tahu kulit yang sudah kamu potong menjadi 2 bagian. Gunakan sendok kecil untuk memasukkan adonan bakso ke tengah tahu.
  4. Terus kita isikan tengah tahu dengan adonan bakso sampai benar-benar penuh. Lakukan proses ini hingga semua adonan habis. Sisihkanlah kemudian.
  5. Panaskanlah pengukus atau dandang. Setelah panas baru masukkan tahu bakso dan kukus sampai matang selama kurang lebih 1/2 jam saja. Bila sudah matang maka kita diamkan tahu bakso sampai dingin.
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng tahu bakso sampai matang berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sekarang sudah siap untuk dihidangkan tahu baksonya. Jadi, dengan kita mencoba resep tersebut kita sudah mulai untuk belajar. Untuk menghasilkan tahu bakso dalam jumlah yang banyak maka bahan-bahan maupun bumbu yang dibutuhkan juga perlu ditambah.


2. Selalu memilih bahan-bahan baku yang berkualitas.

Kita perlu memastikan bahwa bahan-bahan untuk membuat tahu bakso selalu memiliki kualitas yang bagus. Bahan yang berkualitas ini sangat mempengaruhi produk tahu bakso yang dihasilkan nantinya. Rasa dan tekstur tahu bakso akan menjadi enak dan bagus bila kita memilih bahan-bahan yang baik pula. Meskipun mungkin dihitung sedikit agak lebih mahal bahan yang berkualitas tersebut namun kalau sudah melihat dan merasakan tahu baksonya nanti maka itu bukanlah masalah. Kualitas tahu bakso yang bagus tentu merupakan nilai tambah tersendiri.


3. Mencari suplier bahan baku yang konsisten.

Kita ingin bisa memproduksi tahu bakso secara terus menerus. Dengan begitu kita bisa berjualan tahu bakso secara terus menerus pula. Maka kita pun akhirnya butuh bahan-bahan membuat tahu bakso secara konsisten. Maka penting dalam hal ini mencari suplier bahan baku yang mau secara terus menerus diajak kerja sama. Terkadang ada sebuah suplier yang mau bekerja sama dengan harga bahan baku tahu bakso dari mereka murah. Namun, kalau suplier ini hanya sekali dua kali saja maka tidaklah layak untuk diajak bekerja sama. Carilah suplier yang terpercaya. Ia benar-benar mau diajak untuk bekerja sama dalam bisnis ini. Saling menguntungkan sebetulnya dengan metode seperti ini. Suplier laku jualannya kita pun juga akan mendapatkan bahan baku pembuatan tahu bakso dengan harga yang murah dan kualitasnya bisa terjamin.

Baca juga : Peluang Usaha Sewa Tanaman Hias.

4. Menjaga kualitas produk tahu bakso.

Ketika kita telah memutuskan untuk menekuni bisnis tahu bakso ini maka harus berani memiliki tekad selalu menjaga kualitas produk. Jangan hanya berpikir jangka pendek saja. Akan tetapi kita perlu memiliki pandangan yang jauh ke depan. Dengan kita bisa menjaga kualitas produk maka pembeli atau pun pelanggan akan merasa senang. Mereka pun akan lebih setia untuk memilih produk tahu bakso dari kita. Meski pun bermunculan produk-produk tahu bakso lainnya tetap saja pembeli tidak mudah untuk beralih. Inilah pentingnya kalau kita mau menjaga kualitas tahu bakso.


5. Menentukan harga yang terjangkau.

Harga tahu bakso sangatlah berpengaruh kepada penjualan. Setelah kita melakukan perhitungan dari biaya produksi secar detail maka akan munculah harga satuan tahu bakso. Meski kita berkeinginan untuk mendapatkan untung yang tidak sedikit dari bisnis ini tetapi kita juga perlu pertimbangan dalam hal penjualannya nanti. Tentukan harga tahu bakso yang terjangkau atau murah. Semua kalangan bisa membelinya tanpa kesulitan. Dengan harga yang terjangkau ini maka potensi pasar pun lebih terbuka lebar sebab semua kalangan bisa membelinya.


6. Melakukan promosi penjualan.

Ini juga hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ketika kita sudah siap dengan produk yang dihasilkan maka untuk memperkenalkan produk tersebut perlu sekali kita melakukan promosi kepada masyarakat luas. Pastikan sebanyak-banyaknya orang mengenal produk kita itu. Dengan mereka sudah mengenal maka akan muncul potensi penjualan. Orang yang sudah tahu tentang sebuah produk tahu bakso tentu akan mencoba membelinya. Sebagai promosi di awal kita bisa berikan diskon atau potongan harga. Misalnya pembeli cukup membayar 50 % dari harga saja.


7. Pelayanan yang bagus dan menyenangkan.

Ketika kita melayani pembeli yang ingin membeli tahu bakso maka mesti dilakukan dengan cara-cara yang terbaik. Sama seperti dengan menangani peluang bisnis catering dalam melayani pembeli selalu dengan sikap yang bagus dan menyenangkan mereka. Para pembeli adalah pihak yang harus diutamakan. Dalam berkomunikasi dengan mereka, pastikan sikap kita sebagai seorang pengusaha betul-betul bagus. Bila menerima telepon maka bahasa yang kita gunakan mesti sopan dan menyenangkan. Tidak ada kalimat yang kita ucapkan itu sampai menjadi kurang berkenan di hati pembeli atau pelanggan. Begitupun di dalam menjawab pertanyaan melalui media sosial atau pun sms. Kita tetap menggunakan kalimat yang baik dan sopan. Apalagi, jika kita berhadapan langsung kepada mereka para pembeli. Wajah kita pun juga mesti ramah. 


8. Mengatur keuangan dengan baik.

Setelah kita melakukan banyak hal maka jangan sampai lupa dengan masalah keuangan. Pengaturan keuangan akan sangat berpengaruh dalam kesuksesan bisnis kita.


Demikianlah beberapa hal yang sangat penting untuk kita ketahui dalam memulai menekuni peluang bisnis tahu bakso. Kiranya tulisan ini bisa menjadi sumbangsih berharga untuk para calon usahawan yang sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Bisnis Tahu Bakso