Tanyakan Hal Ini Dulu Sebelum Anda Ganti Profesi

Tanyakan Hal Ini Dulu Sebelum Anda Ganti Profesi

Ganti profesi atau resign memang akhir-akhir ini menjadi kata yang agak populer. Profesi berkaitan dengan pekerjaan kita sehari-hari. Dari pekerjaan itulah kita bisa berkarya dan menghasilkan produk baik itu barang atau jasa. Meskipun kita mungkin berstatus menjadi karyawan atau orang yang bekerja kepada orang lain tetap saja kita menghasilkan produk baik barang atau pun jasa. Dari kegiatan kita bekerja itu pula kita mendapatkan upah atau uang.


Dari uang yang kita peroleh itulah kita bisa membiayai kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya untuk diri kita, bahkan keluarga kita pun ikut dibiayai dari hasil pekerjaan kita itu. Dari kebutuhan makan, pakaian, tempat tinggal, bayar sekolah, dan lain-lain bisa dibiayai dari uang hasil bekerja. Maka bekerja sangatlah besar manfaatnya. Tak heran jika banyak orang pusing ketika belum mempunyai pekerjaan dan hendak mencarinya.


Kebutuhan manusia terbatas tetapi keinginan manusia tidaklah terbaatas. Kalau menuruti keinginan maka uang sebanyak apa pun tidaklah akan mampu untuk bisa memenuhinya. Sebabnya karena keinginan itu tidaklah terbatas. Ada kalanya orang melihat di sekitar mereka dalam hal apa pun kelihatan lebih baik dan lebih enak. Termasuk dalam hal jenis pekerjaan. Tidak sedikit orang yang memandang pekerjaan orang lain lebih enak dan gaji atau upahnya lebih banyak. Wajarlah orang tersebut tertarik untuk perkerjaan orang lain yang dilihatnya itu.


Tidak hanya sampai tertarik saja. Selanjutnya, ia punya keinginan di dalam hatinya untuk berpindah pekerjaan atau sering disebut ganti profesi. Seseorang beranggapan bahwa di tempat profesinya yang baru nanti ia akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Pekerjaan yang lebih enak dikerjakan. Tidah hanya itu saja, gaji yang akan diperolehnya pun jauh lebih besar. Di samping itu, ada berbagai fasilitas menarik lainnya yang memang begitu menjanjikan bagi dirinya.


Akan tetapi itu adalah sebuah harapan sekaligus anggapan. Sebelum kita hendak ganti profesi, alangkah baiknya kita tanyakan beberapa hal ini dulu. Hal tersebut antara lain:

1. Bagaimana keahlian yang kita miliki?

Orang yang mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar, tunjangan besar, serta aneka fasilitas yang cukup enak itu dikarenakan adanya keahlian yang dimilikinya. Jadi, tidak asal orang yang bisa mendapatkan gaji besar dan juga aneka fasilitas yang lainnya. Kalau kita belum punya keahlian yang benar-benar teruji dan diakui maka perlu mempertimbangkan keinginan untuk berganti profesi. Bila memang hendak berniat untuk ganti profesi maka sedari sekarang mesti benar-benar mempersiapkan dengan baik. Perlu punya keahlian yang benar-benar bagus.


2. Apakah mau meniti karir dari awal?

Seseorang yang berganti profesi ke yang baru maka harus siap-siap memulai dari awal. Ia mesti meniti karir dari awal sebab orang yang masuk ke lingkungan kerja yang baru tentu tidak ditempatkan langsung pada jabatan yang tinggi. Kondisi seperti ini mengharuskan seseorang untuk siap mental. Jangan sampai kalau nanti sudah di tempat kerja yang baru malah ia merasa kecewa atau tidak enak.


3. Perhatikan usia

Usia menjadi faktor yang penting dalam sebuah pekerjaan. Bagaimanapun orang yang usianya lebih muda akan lebih enerjik dan cekatan dalam menyelesaikan pekerjaan. Bila mana kita telah berusia kepala lima ke atas maka bila hendak berganti profesi sebaiknya dipikirkan dulu secara matang. Kita mesti bijak dalam mengambil keputusan berpindah profesi berkaitan dengan kondisi usia kita. Hal itu agar kita tidak menyesal saat telah berpindah profesi nantinya.


4. Siapkah dengan lingkungan baru?

Tempat kerja baru maka berarti lingkungannya pun baru pula. Orang baru mesti harus beradaptasi dengan baik. Kalau tidak bisa beradaptasi maka ia bukannya mendapat hal-hal yang positif di tempat kerja yang baru nantinya. Tetapi malah sebaliknya, ia akan mendapatkan kesulitan yang baru. Maka hal ini perlu dipikirkan secara matang buat siapa saja yang hendak berganti profesi.


Hal-hal di atas perlu dijadikan bahan pemikiran kita yang akan berpindah atau berganti profesi. Siapa saja yang hendak pindah atau ganti profesi perlu berpikir masak-masak. Jangan asal menuruti kemauan atau keinginan saja. Atau sekedar memenuhi ajakan dari seorang teman atau siapa saja. Semua pertimbangan itu diperhatikan guna menjadikan kita tidak menyesal di kemudian hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tanyakan Hal Ini Dulu Sebelum Anda Ganti Profesi