Jenis Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
Jenis peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang kreatif sangatlah banyak. Tinggal mau memilih usaha yang mana. Era modern sekarang ini sudah sangat banyak seorang istri bekerja untuk membantu sang suami mencukupi kebutuhan keluarga. Memang kebutuhan keluarga di zaman sekarang begitu banyak. Sedangkan besar pendapatan dari seseorang kepala keluarga terkadang kurang mencukupi kebutuhan. Kenaikan harga-harga barang yang tak diikuti kenaikan penghasilan menjadikan seorang ibu rumah tangga juga menjadi sebab seorang istri harus membantu suaminya. Bisa juga karena adanya keinginan dari sebuah keuarga untuk memiliki suatu barang tertentu yang diidam-idamkan sehingga sang istri mesti turut membantu sang suami guna merealisasikan impian mereka.

Untuk meningkatkan ekonomi keluarga, para ibu rumah tangga tidak harus mesti keluar rumah untuk bekerja. Ternyata dari dalam rumah pun banyak peluang usaha yang bisa diambil. Alasan seorang ibu rumah tangga tidak mau keluar rumah untuk bekerja memang banyak sekali. Salah satu diantaranya ialah karena mereka ingin fokus mengurus rumah dan tetap mendidik sang buah hati. Mereka tidak ingin anak-anak mengalami kurang perhatian gara-gara sang ibu sibuk bekerja di luar rumah. Meski pun mendapatkan banyak uang tetapi kalau anak-anak mengalami kondisi jiwa yang gersang karena jauh dari didikan sang ibu maka hal itu tentu tidak membuat sebuah keluarga berbahagia.

Sebagai jalan tengahnya maka sang ibu tetap bekerja membantu suami mencari nafkah tetapi tetap bisa mendidik anak-anak di rumah. Maka dalam hal ini, rumah kita sendiri bisa dijadikan tempat untuk berbisnis atau mencari uang. Para ibu rumah tangga kini banyak yang memutar otak untuk kreatif mendapatkan penghasilan tambahan dalam membantu suami mencukupi kebutuhan sehari-hari. Setiap ada kemauan maka ada saja jalan yang terbuka lebar untuk dilalui. Hanya kita sendirilah yang menentukan mau atau tidak untuk melalui jalan tersebut. Meskipun usaha seorang ibu rumah tangga ini awalnya hanya bertujuan membantu mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan keluarga namun tidak jarang usaha ini sukses. Bahkan usaha yang dirintis oleh seorang ibu rumah tangga ini jumlah pendapatan atau keuntungannya bisa melampaui jumlah yang diterima oleh seorang suami yang bekerja di kantor, pabrik, atau pun tempat lainnya. Memang rezeki itu banyak jalannya.

Melihat fenomena di atas, kami yakin para pembaca akan penasaran untuk mencari tahu apa saja peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dipraktekkan. Di sini kita akan membahas beberapa peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dijadikan bisnis sampingan di rumah. Apa saja ide-ide usahanya? Langsung saja kita simak bersama berikut ini :

1. Buka Jasa Jahitan
Jika anda memiliki keahlian dalam menjahit dengan baik dan rapi silahkan memulai usaha ini. Apalagi jika anda juga bisa mendesain pakaian. Ini akan menjadi nilai plus bagi anda. Biasanya para wanita itu suka dengan urusan jahit menjahit pakaian. Pekerjaan menjadi tukang jahit terkadang dianggap sepele oleh sebagian masyarakat. Tetapi sebenarnya usaha ini cukup menjanjikan keuntungannya. Usaha ini tidak pernah ketinggalan zaman. Lihat saja di sekitar kita. Ketika ada orang yang saat kita masih kecil dia berprofesi menjadi penjahit yang ramai dengan oder pekerjaan kini pun mereka juga masih eksis dengan profesi sebagai penjahitnya. Bahkan jumlah orderannya pun relatif selalu meningkat. Yang membedakan dahulu dengan sekarang hanyalah mesinnya saja mungkin. Kini mesinnya lebih modern dibanding pada masa lalu. Dengan adanya modernisasi mesin jahit maka pekerjaan seorang penjahit menjadi lebih ringan. Proses penyelesaian sebuah pekerjaan menjahit pun juga akan lebih cepat dibanding biasanya. Prospek ke depan dari usaha jahitan ini pun juga amat cerah. Selain membuka jasa jahitan, anda juga bisa membuat baju hasil desain anda dan memasarkannya sendiri. Jika desain serta bahannya bagus, produk anda tentu akan laris manis. Bahkan pada umumnya para konsumenlah yang menyediakan bahannya. Seorang penjahit tinggal membuat baju, celana, gaun, jas, jaket, dan lainnya sesuai permintaan konsumen. Ketrampilan sederhana ini sangat menjanjikan bagi para ibu rumah tangga. Modal yang diperlukan untuk menjalanka usaha jahitan juga relatif kecil. Paling mahal adalah membeli mesin jahitnya. Kalau yang lainnya amat murah dan terjangkau harganya.

2. Bisnis Kue
Bisnis ini sebenarnya cukup menjanjikan juga. Sudah menjadi hal yang umum bila seorang wanita itu memasak. Bahkan sudah seharusnya seorang ibu rumah tangga itu pandai dalam memasak. Pekerjaan ibu rumah tangga memang sebagian besar sibuk di dapur. Masakan dan makanan ada berbagai macam. Salah satunya adalah kue. Para ibu rumah tangga umumnya juga senang dalam membuat kue. Kue-kue kering biasanya akan dipilih sebagai jamuan untuk tamu atau sekadar cemilan. Di hari raya lebaran, banyak orang yang mencari aneka jenis kue kering. Untuk bisa laku keras dalam menjual kue maka ada beberapa syarat, diantaranya kuenya harus enak, dikemas rapi, menarik bentuknya, harganya terjangkau dan sehat. Untuk cara memasarkannya, anda bisa menawarkan ke kantor-kantor atau juga secara online. Untuk cara online ini kita bisa manfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Biasanya jika kantor mengadakan meeting, para peserta meeting akan disuguhi makanan ringan seperti aneka jenis kue. Untuk kue basah juga tetap banyak penggemarnya. Bahkan pada acara tertentu kue basah lebih dipilih. Hanya saja memang kalau kue basah ini tidak akan bisa bertahan lama. Harus segera dimakan. Jika terlalu lama maka akan rusak dan tak layak lagi dikonsumsi. Pangsa pasar dari kue basah pun kini luas.

3. Bisnis Katering
Jika anda memiliki keahlian dan hobi dalam memasak, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain anda bisa menyalurkan hobi maka juga bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan. Biasanya, bisnis yang berawal dari sebuah hobi akan mendatangkan kesuksesan sebab mereka mencintai bisnis tersebut. Tingkat antusiasnya akan tinggi. Di samping hati menjadi senang, uang pun akan berdatangan ke dompet anda. Tentu saja untuk di awal usaha maka kita bisa membuat masakan yang sederhana dulu. Volume masakannya pun tidak terlalu besar. Kita berlatih menerima order yang kecil dahulu sebelum yang besar. Bila langsung menerima order yang besar maka khawatir ia akan mendapatkan kesulitan untuk memenuhinya. Tetapi bila sudah piawai boleh sekali langsung menerima order dengan volume masakan yang besar. Pastikan kita memberi pelayanan yang memuaskan dalam masalah usaha katering ini.

4. Bisnis Les Privat
Jika anda adalah seorang sarjana dengan jurusan tertentu seperti MIPA atau bahasa asing, bisa memulai usaha untuk mengajar les privat kepada anak-anak SD, SMP, atau SMA/ SMK. Tidak sedikit orang tua yang menginginkan anak-anaknya untuk mengikuti les tambahan pelajaran. Anda bisa mengadakannya di rumah atau membuat tempat khusus semacam gedung yang sederhana dekat rumah khusus digunakan tempat les.

5. Jasa Penulis Artikel
Ada berbagai web atau blog yang membutuhkan artikel untuk isinya. Sebagai ibu rumah tangga waktunya sebagian bisa diisi untuk menulis artikel dan dijual kepada pengelola web atau blog yang membutuhkan. Kita hanya butuh komputer dan koneksi internet.

Sangat sederhana jenis usahanya. Demikian beberapa jenis peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa kita coba praktekkan di rumah. Yang pada awalnya disebut bisnis sampingan tetapi di akhirnya nanti bisa jadi menjadi usaha sukses yang menghasilkan banyak uang. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Jenis Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga