Peluang Usaha Sewa Alat Berat Yang Menjanjikan

Usaha Sewa Alat Berat Yang Menjanjikan
Peluang usaha bisnis sewa alat berat yang menjanjikan untungnya perlu kita pelajari. Ini sebuah peluang bisnis yang cukup bagus prospeknya. Sering kita menemui di hampir seluruh wilayah negeri ini sedang melaksanakan pembangunan di dalam segala bidang. Terkhusus pada bidang infrastruktur yang terus menerus proses pembangunan. Pemerintah selalu mencanangkan berbagai program pembangunan di berbagai daerah. Melalui anggaran yang sudah di setujui para wakil rakyat itulah bisa dilakukan pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, pelabuhan, saluran irigasi, bendungan, pasar tradisional, dan gedung untuk fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, serta kantor-kantor pemerintahan. Tak hanya dari kalangan pemerintah, sektor swasta memiliki peranan yang tak kalah besarnya dalam pembangunan. Berdiri dan berkembangnya pabrik atau perusahaan di mana-mana membuat lapangan kerja bisa tercipta. Dengan pembangunan pabrik atau perusahaan tersebut maka terjadi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Ada berbagai macam jenis pabrik atau perusahaan yang ada, diantaranya yakni perusahaan sepatu, konveksi, mebeler, tambang, perikanan, baja, juga perkebunan yang semakin berkembang.

Satu hal yang menjadi perhatian dari fenomena di atas adalah adanya peralatan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Semua proses pembangunan biasanya menggunakan alat yang kita sebut sebagai peralatan berat. Saat membangun jalan raya, maka untuk saat ini sudah tidak zamannya lagi bila hanya mengandalkan tenaga manusia belaka. Meskipun tenaga manusia tetap digunakan namun peralatan berat sangatlah penting keberadaannya guna menunjang lancarnya pekerjaan. Sangat diperlukan alat-alat berat dalam pengerjaannya. Proses pengerjaan pembangunan apa pun diperlukan peralatan yang mumpuni. Adanya peralatan berat menjadikan pekerjaan lebih mudah diselesaikan. Waktu yang diperlukan pun juga jauh lebih singkat.

Para pengguna dari alat-alat berat ini banyak sekali. Seseorang warga masyarakat yang ingin membangun rumah biasanya perlu meratakan tanahnya. Kebetulan posisi tanahnya agak miring dan masih terjal permukaannya. Dengan menggunakan alat berat maka pekerjaan meratakan dan merapikan lahan ini bisa dilakukan dengan mudah dan singkat waktunya. Hasilnya pun juga sangat memuaskan. Termasuk pula para kontraktor, mereka sangat membutuhkan peralatan berat ketika hendak mengerjakan sebuah proyek pembangunan. Entah itu membuat jalan raya yang beraspal, membangun jalan tol, membangun jembatan, membangun gedung puskesmas, membangun rumah sakit, dan lain sebagainya. Semuanya memerlukan alat-alat berat untuk memperlancar pekerjaan itu. Tidak semua pengguna alat berat dalam menggunakannya dengan membeli yang baru atau membeli alat berat yang bekas. Tetapi kebanyakan malah lebih suka dengan cara menyewa saja. Hal ini dirasakan lebih murah biayanya dan juga lebih praktis. Harga sebuah alat berat seperti excavator misalnya tidaklah murah. Ratusan juta rupiah harus dikeluarkan bila hendak membelinya. Tidak semua orang punya uang sebegitu besar. Termasuk para kontraktor pun kadang suka menyewa alat berat dibanding harus membelinya sendiri. Langkah menyewa ini untuk bisa menghemat anggaran. Kita tahu, ketika kita membeli excavator yang begitu mahal maka di dalam perjalanannya nanti juga perlu kita anggarkan dana untuk pemeliharaan. Jumlahnya pun juga tidak sedikit.

Alat Berat Excavator

Dari kenyataan di atas, maka sangat tepat apabila kita mengambil peluang usaha sewa alat berat ini. Prospeknya begitu menjanjikan. Alat berat ini digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan. Tak hanya untuk pembangunan, ketika banyak terjadi bencana alam, pencarian korban menggunakan alat berat guna efisien waktu dan juga tenaga penolong. Apalagi ini dalam rangka mencari korban untuk diselamatkan. Waktu yang cepat sangat diperlukan. Contoh saja ketika terjadi musibah banjir bandang, maka untuk mencari korban dan juga memperbaiki jalan maka perlu menggunakan alat berat. Bencana seperti tanah longsor, gempa bumi, tsunami, angin puting beliung dan lainnya tidak jauh beda dalam penanganannya.

Usahawan yang tertarik atau telah menjatuhkan pilihannya dalam bisnis sewa alat berat ini, maka mesti memiliki beberapa jenis alat berat, antara lain : bulldozer, pemadat tanah, loader, crane, excavator, aplikasi mesin, roller halus, forklift/ angkat garpu, angkat manusia/ manlift, dan lainnya. Alat tersebutlah yang menjadi urat nadi bisnis ini. Tidak lupa pula kami informasikan, apabila dibanding mobil angkutan umum maka kendaraan berat ini lebih sedikit penyusutannya. Maka pas sekali bila anda mulai tertarik menekuni usaha sewa alat berat ini.

Usahawan sejati yang benar-benar pingin sukses, sangat memperhatikan langkah-langkah dalam memulai bisnis. Perusahaan atau usahanya harus berjalan efisien dan efektif. Memiliki kepandaian dalam mengatur keuangan perusahaan sebaik mungkin. Neraca perusahaan harus sehat betul. Meskipun sudah banyak yang telah berkecimpung dalam bisnis sewa alat berat namun anda janganlah berkecil hati. Mereka tidak memiliki apa yang anda miliki. Setidaknya semangat anda harus membara.

Selanjutnya kita akan bahas beberapa hal penting mengenai bagaimana memulai usaha ini. Berikut ini diantara hal penting itu yang perlu kita simak:
1. Miliki cita-cita yang jelas mengenai bagaimana usaha anda ke depan
Terkadang banyak dari kita yang takut dengan mengutarakan cita-cita. Ini sebuah kesalahan yang besar. Dari awal harus dibuat planning ke depan. Kesungguhan akan hadir dengan cita-cita yang jelas.

2. Modal, harus dipersiapkan dengan baik
Umumnya orang menganggap modal uang yang paling utama. Namun, para master mengatakan tidak demikian. Nama baik atau kepercayaan ialah yang pokok atau utama. Dengan kepercayaan maka akan banyak orang menginvestasikan uangnya kepada anda. Tanpa harus ribet meminjam uang di bank, malahan uang yang datang ke tempat anda. Boleh pula dengan bekerja sama dengan para pemilik modal. Tentu bisa kita mulai dari lingkungan terdekat kita seperti keluarga atau tetangga.

3. Membeli alat berat
Tak harus membeli semua jenis alat berat alias lengkap. Untuk pemula, setidaknya punya satu alat berat. Pilihlah alat berat yang paling sering digunakan di daerah atau pasaran anda. Lama kelamaan dari satu tersebut tentunya akan berkembang menjadi dua dan akhirnya banyak atau lengkap semuanya.

4. Perluas kerjasama
Semakin banyak akan bagus sekali. Tambah para partner usaha. Para kontraktor bangunan misalnya, ini adalah contoh pihak yang paling sering menggunakan jasa sewa alat berat. Maka mesti masuk kepada komunitas mereka. Juga dengan para pegawai pemerintah yang menangani berbagai proyek pembangunan seperti jalan, jembatan, dan sebagainya. Mereka merupakan ladang usaha kita juga.

5. Beriklan secara masif
Para pemula usaha mesti pintar dalam promosi. Ini adalah langkah awal untuk meraih pasar. Kerja anda mungkin lebih ekstra namun tak masalah sebab akhirnya anda pula lah yang menikmati hasilnya. Bisa memakai proposal, plakat, banner, web, facebook, twitter, whatsapp, instagram, line, telegram, dan sebagainya.

6. Bersedekah kepada orang lain yang memerlukan
Meskipun sepertinya tak ada kaitan, namun inilah yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang sukses di usahanya. Tentu anda akan menirunya bukan?

Semoga artikel di atas mampu memberi semangat untuk mengambil peluang usaha sewa alat berat yang menjanjikan. Keyakinan dan kerja keras disertai doa akan menjadi jalan kesuksesan anda. Jangan lupa untuk selalu belajar meningkatkan pengalaman dan wawasan dunia bisnis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sewa Alat Berat Yang Menjanjikan