Untuk Yang Berbisnis Batu Akik Ada 7 Hal Penting

Untuk Yang Berbisnis Batu Akik
Untuk yang berbisnis batu akik, ada 7 hal penting yang perlu diketahui. Saat ini bisnis batu perhiasan atau batu mulia khususnya batu akik tengah booming di nusantara. Tema obrolan dan perbincangan antar warga masyarakat dipenuhi dengan masalah batu akik milik mereka. Entah itu di rumah, di angkringan, atau saat di sela-sela bekerja di pabrik dan kantor tidak lepas dari tema perbincangan batu akik. Dari anak kecil hingga orang dewasa tidak asing lagi dengan yang namanya batu akik. Batu akit memang sedang menjadi primadona bagi banyak orang di negeri ini. Orang yang mengkoleksi batu akik di rumahnya pun semakin banyak. Tidak hanya satu atau dua buah yang dimiliki. Namun, batu akik yang dimiliki oleh seseorang bisa puluhan dan bahkan ada yang memiliki satu lemari kecil khusus yang isinya batu akik semua.

Beragam aneka warna, bentuk, dan macam dari batu akik yang ada. Semua batu akik yang dikoleksi oleh seseorang biasanya memiliki sebuah keunggulan tersendiri. Batu akik tersebut begitu menarik dilihat dan diraba. Para pencinta atau penggemar batu akik akan memiliki kepuasan tersendiri ketika memiliki batu akik. Tren batu akik juga banyak membuka peluang usaha baru di daerah-daerah seluruh nusantara. Tidak terbatas itu daerah perkotaan atau pedesaan. Sama saja peluangnya. Peluang usaha batu akik tidak hanya ketika seseorang menjadi penjual atau pedagang batu akik itu sendiri. Tetapi juga ada peluang usaha batu akik dengan menjadi seorang penambang, pengasah batu akik sampai dengan perajin batu akik. Tentu semuanya mesti mengikuti peraturan yang berlaku sehingga bisnis batu akik yang dijalankan termasuk yang legal atau sah.

Negeri ini memang sangat makmur. Kekayaan alamnya sungguh luar biasa. Hampir tidak ada negeri lain yang bisa menyamai dalam hal kekayaan sumber daya alamnya. Konon Indonesia merupakan surganya batu akik sebab banyak sekali jenis dan macamnya. Hal ini tidak didapati di negara lainnya. Sebuah keistimewaan yang mesti disyukuri oleh rakyat negara ini. Sehingga tak terlalu sulit memperoleh batu akik di wilayah nusantara. Cukup mencari di alam bebas kita sudah bisa mendapatkan batu akik yang bagus kualitasnya. Sekali lagi ini pun mesti memperhatikan peraturan dari pemerintah sehingga ketika mencari batu akik maka tidak menimbulkan masalah baru. Saat sudah mendapatkannya maka kemudian tinggal memprosesnya dengan cara yang benar. Batu akik tersebut bisa langsung dijual langsung kepada orang lain. Dengan cara itu maka kita sudah dapat keuntungan berupa lembaran uang rupiah. Praktis dan tak bertele-tele. Inilah mungkin yang menjadikan banyak orang tertarik menggeluti usaha batu akik.

Untuk harga sebuah batu akik, bisa mencapai jutaan bahkan sampai dengan ratusan juta rupiah. Itulah yang membuat bisnis ini menjadi sangat lezat ibarat makanan. Nah, jika anda mempunyai minat ingin berbisnis batu akik, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelumnya. Berikut ini beberapa hal untuk diperhatikan kala akan berbisnis batu akik. Silakan untuk disimak bersama-sama :

1. Belajar Tentang Batu Akik
Sebelum anda memutuskan untuk terjun ke bisnis batu akik, pelajari dahulu dengan seksama batu akik itu sendiri. Hal ini sangat penting karena begitu banyaknya jenis dari batu mulia tersebut. Sangat riskan bila anda buta terhadap batu lalu anda paksakan untuk berbisnis karena tergiur untung yang begitu besar. Pelajari jenis batu ini, karakter batu, serta asal batu, karena dari masing-masing daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri. Mempelajari seluk beluk batu akik ini perlu waktu. Kita mesti mau meluangkan sedikit waktu luang untuk mempelajari akan hal ini. Manfaatnya begitu besar untuk kelangsungan usaha batu akik yang kita jalankan.

2. Menentukan Segmen Pasar
Segmen mana yang anda pilih akan sangat membantu fokus dalam bisnis batu akik anda. Karena perlu anda ketahui bahwa banyak segmen pasar yang bisa anda kerjakan dalam menggeluti batu akik ini. Dalam menentukan segmen yang akan anda kerjakan, bisa anda tentukan dari keahlian yang anda kuasai. Baik itu kemampuan memoles batu, kemampuan menghias bingkai maupun juga kemampuan marketing atau pemasaran anda. Semakin banyak mitra maka akan bagus sekali.

3. Mengecek Lokasi Produk
Ini harus anda lakukan untuk bisa mendapatkan produk yang baik dan banyak diminati oleh para konsumen. Jika anda masih dalam tahap memulai, bisa dilakukan di daerah sekitar anda dulu. Survey bisa dilakukan pada kota-kota terdekat di sekitar lokasi anda. Jika skala pangsa pasar anda sudah besar, anda juga harus melebarkan daerah survei anda. Hampir semua kepulauan di Indonesia memiliki batu mulia batu akik yang unik.

4. Survey Harga
Sangat penting anda lakukan untuk mengetahui harga terbaru di pasaran. Karena bisnis seperti ini kemungkinan perubahan harga di pasar sangatlah besar. Jadi semakin sering anda melakukan survey harga akan sangat baik untuk perkembangan bisnis batu akik anda. Ini bisa anda lakukan dengan mencoba memasuki pusat-pusat perdagangan batu mulia di sekitar anda. Selain cara di atas, bisa juga dengan cara online dengan memasuki grup facebook, beberapa forum dan berbagai media sosial maupun toko online yang berkaitan dengan penjualan batu akik. Di situ anda akan banyak mendapatkan informasi mengenai harga terbaru batu akik.

5. Perhatikan Modal Usaha
Untuk modal awal usahakan tidak terlalu besar. Gunakan dana yang save atau aman. Dari tabungan atau uang cash kita. Ini menjadi sebuah jaminan jika terjadi sesuatu terhadap bisnis anda tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan keuangan anda. Karena mengingat bisnis ini adalah termasuk bisnis musiman yang artinya bisnis yang bukan berbasis pada kebutuhan masyarakat. Jadi, di sini anda harus tetap memperhitungkan dengan seksama segala kemungkinan yang akan terjadi ke depan.

6. Inovasi Bisnis Batu Akik
Inovasi sangat penting keberadaanya dalam bisnis ini untuk menghindari kejenuhan dari konsumen. Selain untuk menghindari kejenuhan dari konsumen, inovasi sangat disarankan juga untuk meningkatkan nilai dari batu akik itu sendiri. Bagi pengrajin atau penghias batu akik, jika ingin bertahan lama dalam menjalankan bisnis batu akik, mau tidak mau harus selalu melakukan terobosan. Inovasi bisa menjadi faktor pembeda diantara para pebisnis batu akik. Seberapa besar inovasi yang anda buat, akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis anda di bidang batu mulia ini. Kreativitas juga perlu ditingkatkan.

7. Bersedekah
Sepertinya memang tidak ada hubungan langsung dengan perjalanan bisnis ini, namun kenyataan telah membuktikan hal yang lain. Semua agama dan kepercayaan meyakini bahwa sedekah akan memperlancar rezeki kita. Maka disarankan untuk tidak meninggalkan satu hal ini. Bersedekah sesuai kemampuan.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan sebagai persiapan dalam membuka usaha atau bisnis batu akik. Semoga membantu anda untuk segera merealisasikan gagasan dan ide bisnis batu akik anda.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Untuk Yang Berbisnis Batu Akik Ada 7 Hal Penting