Peluang Usaha Jual Jus Buah Yang Maknyus

Usaha Jual Jus Buah yang Maknyus
Peluang usaha jual jus buah yang maknyus untungnya sangat penting untuk kita pelajari caranya. Bisnis memang tak kan pernah berhenti dalam kehidupan manusia. Dengan adanya bisnis ini maka roda ekonomi akan bergerak. Akhirnya, kehidupan manusia pun akan berkembang dengan baik. Khususnya pada masalah pemenuhan kebutuhan hidup manusia.Banyak orang tertarik dengan berbagai jenis usaha. Dengan adanya usaha atau bisnis yang dimiliki maka mereka punya harapan lebih baik untuk kehidupan ekonominya. Tak heran bila banyak para karyawan atau pegawai berusaha untuk memiliki sebuah bisnis.

Ada banyak bidang garapan dari bisnis itu. Artinya kita masih mempunyai banyak peluang untuk ambil sebuah bidang bisnis. Tinggal kita memilihnya. Mau bidang mana yang akan dijadikan lahan bisnis. Salah satu bidang yang menjadi perhatian adalah minuman. Maklumlah, setiap orang selalu membutuhkan minuman. Makan dan minum tidak bisa dipisahkan. Kalau kebutuhan makan itu termasuk yang pokok dalam hidup ini maka begitu juga dengan minum. Apalagi ketika seorang sedang atau sesudah beraktivitas yang mengeluarkan banyak tenaga dan keringat. Konsumsi minuman akan jauh lebih banyak lagi.

Dari anak-anak sampai orang yang sudah tua selalu membutuhkan yang namanya minuman. Dari yang sederhana air putih yang gratis hingga dari produk minuman pabrik yang harganya lebih mahal. Bahkan sekarang pun banyak sekali minuman air putih dalam kemasan. Belum nanti dengan berbagai jenis minuman yang ada. Semakin hari jumlah jenisnya dari minuman bukan semakin berkurang. Akan tetapi malah sebaliknya. Aneka jenis minuman sering bermunculan setiap tahunnya. Banyak pula orang yang menyukai atau menggemari minuman yang ada di pasaran itu. Tetapi ada satu jenis minuman yang memiliki penggemar relatif stabil bahkan malah bertambah. Salah satu minuman yang banyak yang suka dan telah dikenal luas masyarakat ialah jus buah. Minuman ini menjadi pilihan banyak orang karena kesegarannya. Alasan banyak orang yang suka dengan minuman jus buah sangat banyak. Namun, selain kesegaran dari buah yang dijadikan jus, ada banyak manfaat yang akan diperoleh dengan minum jus. Kita tahu bahwa buah sangat bagus untuk dikonsumsi. Para ahli kesehatan selalu menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsinya. Belum lagi dengan berbagai manfaat khusus dari buah-buah yang dijadikan jus. Tentu semakin banyak lagi manfaat yang akan diperoleh bagi orang yang minum jus buah.

Membuka usaha atau berbisnis minuman segar sangat menarik untuk dicoba karena memiliki daya tarik pembeli yang menarik sehingga mampu meraih omset ratusan ribu per harinya. Terutama jus buah yang memiliki berbagai macam fungsi dan dikategorikan sebagai minuman sehat sekaligus enak sehingga masyarakat kalangan manapun senang meminum jus. Apalagi di kala siang hari yang sangat panas, cocok sekali kalau minum jus. Membuka usaha jus buah pun bisa dilakukan oleh siapa saja.

Berikut ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan kala ingin menekuni dan terjun dalam usaha jual jus buah ini:
1. Niat dalam hati yang kuat
Inilah yang perlu pertama kita camkan. Sangat penting hal ini. Harus punya kekuatan untuk berkeinginan sukses.

2. Siapkan lokasi yang strategis
Sangat penting sekali untuk memilih tempat yang pas. Potensi manusia atau konsumen berkumpul sangat ditentukan oleh lokasi usaha kita. Dengan lokasi yang strategis maka mudah sekali kita bertemu dengan para pembeli. Contoh lokasi seperti ini ialah pertokoan, sekolah, taman kota, tempat wisata, kampus, pinggir jalan ramai, terminal, tempat pelayanan umum dan sebagainya. Kalau kita tidak memiliki tempat seperti yang diharapkan kita bisa menyewa dengan memilih harga yang terjangkau tentunya.

3. Sediakan peralatan yang cukup
Alat seperti blender, cup plastik, dan sedotan hendaknya disediakan sedari awal. Juga gelas dan sendok untuk menyajikan jus yang sudah kita buat. Siapkan pula beberapa kursi plastik sebagai tempat untuk menunggu selama jus buah diproses.

4. Modal untuk usaha
Sangat penting untuk bisa menjalankan usaha kita memiliki modal. Dari menyewa tempat, membeli perlengkapan, membeli bahan dan biaya promosi. Semua memelukan dana yang cukup. Uang bisa kita dapatkan dengan meminjam atau melalui kerjasama bagi hasil dengan pihak tertentu. Dalam meminjam uang, perlu untuk berhati-hati. Jangan sampai terjebak dengan kemudahan meminjam uang akan tetapi bunga yang yang dibayar sangatlah memberatkan kita.

Buah Segar yang Maknyus

5. Bahan harus bagus.
Buah yang akan dijadikan jus haruslah bagus. Jangan asal pilih saja. Pastikan dalam keadaan segar dan bersih. Usahakan konsumen bisa melihat proses pembuatan jus buah kita supaya lebih meyakinkan. Air yang digunakan juga harus bersih dan jagan bersisa
6. Promosikan dengan baik.
Bisa dengan menggunakan brosur atau banner yang dipasang dipinggir jalan. Dengan teknologi internet sangatlah disarankan untuk saat ini, dimana semua orang sudah familier. Jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, google plus, dan sebagainya sangatlah efektif.
7. Gunakan cara penjualan yang inovatif
Banyak juga yang telah melakukan penjualan jus buah dengan online. Artinya konsumen bisa membeli dengan internet misalnya atau dengan smartphone yang sudah banyak orang memakai. Berikan pelayanan yang prima. Layanan antar juga harus dilakukan sehingga konsumen akan merasa dimanjakan. Pelanggan harus memilki kepuasan dengan membeli di tempat anda. Jangan lupa pula memberi ciri khas pada produk jus kita. Beri nama yang berbeda dengan  milik orang lain. Rasanya pun juga hendaknya beda. Ada kekhasan serta kesegaran yang tak dimiliki orang lain.
8. Manajemen keuangan yang baik
Uang harus diatur dengan baik. Semua transaksi hendaklah dicatat secara rapi. Entah penerimaan maupun pengeluaran. Kebanyakan orang lemah dalam hal pengaturan uang ini. Tercampurnya uang untuk pribadi dan usaha merupakan awal malapetaka dalam usaha. Lama kelamaan akan menjatuhkan usaha anda. Maka hal ini harus dihindari dari awal usaha berjalan. Kembangkan kebiasaan positif.
Di bawah ini ada contoh perhitungan modal usaha :
Modal Awal
2 unit blender @ Rp 300.000 = Rp. 600.000,-
Gerobak = Rp. 750.000,-
Peralatan Lain-Lain = Rp. 150.000,-
Todal Modal Awal = Rp. 1.500.000,-

Pengeluaran dalam 1 bulan
Listrik dan air = Rp. 750.000,-
Belanja buah-buahan dan sayuran = Rp. 250.000,-
Gelas plastik = Rp. 50.000,-
Total pengeluaran sebulan= Rp. 1.050.000,-

Pemasukan Sebulan
Penjualan jus 40 gelas per hari (asumsi)
@Rp. 3.000,- x 40 = Rp 120.000 x 30 hari = Rp. 3.600.000,-

Keuntungan =
Rp 3.600.000 - Rp 1.050.000 = Rp 2.550.000

Perhitungan Balik Modal =
Rp 1.500.000 : Rp 2.550.000 = < 1 bulan

Nah, sekarang kita serahkan keputusan kepada anda. Dengan perhitungan di atas kita akan memperoleh keuntungan yang cukup lumayan. Itu saja baru dari satu tempat, bayangkan bila kita memiliki 3 saja misalnya. Cukup besar kan hasilnya. Pasar minuman segar sangatlah kuat dan bisa bertahan cukup lama. Semoga artikel peluang usaha jual jus buah yang maknyus tersebut memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Sukses selalu untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Jual Jus Buah Yang Maknyus