Peluang Usaha Jualan Kue Kering

Usaha Jualan Kue Kering
Peluang usaha jualan kue kering masih prospektif sekali untuk dijalankan. Makanan merupakan kebutuhan primer atau pokok bagi manusia pada umumnya. Tak ada di dunia ini orang yang melupakannya. Begitu pentingnya sehingga setiap orang mesti memberikan perhatian lebih terhadap apa yang ia makan. Setiap hari mengeluarkan uang untuk membeli makanan. Dengan makananlah tubuh dapat kuat dan tegak sehingga lancarlah segala aktivitas yang dilakukan. 

Beraneka sekali jenis makanan itu. Dari makanan pokok hingga makanan ringan. Kesemuanya sangat penting satu sama lainnya. Dari berbagai jenis makanan yang ada, salah satunya ialah kue. Ada kue basah dan juga yang kering. Yang menarik perhatian lebih adalah kue kering. Mengapa? Banyak faktor keunggulan yang dimiliki. Baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan komoditas bisnis andalan Anda.

Pada kali ini kita akan membahas mengenai dari segi bisnis. Kue kering tahan lama tidak cepat rusak. Dan tidak perlu tergesa-gesa untuk menghabiskan barang dagangannya segera mungkin. Sehingga ini akan meminimalkan resiko. Demikian juga ketika menyajikan. Kue ini lebih praktis dan simpel. Bisnis kue kering salah satu jenis bisnis kue yang banyak dijadikan bisnis oleh kebanyakan orang karena memang jenis kue ini yang sangat dibutuhkan orang untuk menghidangkan tamu, acara, dan kegiatan keseharian lainnya. Potensi untuk laku terjual sangatlah besar. 

Menjalankan bisnis kue kering di Indonesia memiliki prospek yang sangat besar dan menjanjikan mengingat kebiasaan masyarakat Indonesia yang senang mengemil. Apalagi ketika menjelang hari-hari khusus seperti Hari Lebaran atau Idul fitri, Natal, dan tahun baru serta event lainnya. Penjualannya bisa me lonjak tiga hingga empat kali lipat.

Jenis bisnis kue kering ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu banyak. Bisa dengan cara mencicil pembuatan kue kering karena memang bisa untuk pembeli yang terlebih dahulu memesan. Namun, bisa pula dengan memproduksi lebih banyak dan selanjutnya dipasarkan sendiri. Dengan manejemen yang bagus, lama kelamaan akan berkembang dengan baik.

Langkah awal yang perlu kita lakukan dalam memulai menjalankan bisnis kue kering ialah mendapatkan resep kue kering yang spesial dan cocok di lidah banyak orang. Sebab dengan mahir membuat kue kering maka produk yang dihasilkan tentu akan berkualitas. Jenis kue kering apa saja pada dasarnya sama.

Dengan tingginya permintaan konsumen akan kue kering, maka  pelaku usaha kue kering tidak perlu susah – susah mencari konsumen. Sebab  hampir semua kalangan membutuhkan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuat kue kering. Sehingga mereka lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. Disamping konsumen rumahan, permintaan akan kue kering juga datang dari berbagai kantor yang menggunakan kue kering sebagai parsel untuk para karyawannya. Bahkan tidak sedikit yang menjualnya secara online.

Meskipun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk kue kering yang Anda produksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan seperti bahan pengawet, bahan pewarna serta bahan pemanis pilihlah bahan yang khusus untuk makanan. Sedangkan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan – bahan yang berkualitas,dan jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. Bahan yang dipilih juga sebaiknya yang memiliki kualitas standar. Tidak hanya memilih yang murah saja. Sehingga kue kering yang kita hasilkan aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan para konsumen.

Untuk siapa saja yang akan terjun pada bidang usaha jualan kue kering, berikut ada beberapa hal yang perlu untuk disimak.
1. Ciptakan Rasa dan Tampilan yang Baru
Apabila anda mahir mengolah kue kering dan hobi memasak, tentunya anda perlu memikirkan kreasi baru dalam bisnis kue kering sehingga produk kue kering anda dapat bersaing di pasaran. Kue kering yang ada di pasaran biasanya jenis kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, kastengels, dll. Guna menarik pembeli dan memperkenalkan bisnis kue kering anda, cobalah untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam memproduksi kue kering dengan bentuk yang lucu dan warna yang beragam. Berani mencoba dan berekspreimen dalam pembuatan kue kering ini. Warna kue misalnya, harus dibuat sesuai kesukaan konsumen.

2. Jadikan hobi dalam bidang kue kering
Tak harus pandai dalam memasak atau mengolah kue kering. Bisa saja hanya menjualkan milik orang lain. Tetapi sesuai dengan yang kita inginkan baik dalam kualitas atau rasanya. Kita sebaiknya suka dengan bidang jualan kue kering. 

3. Tentukanlah Target Konsumen
Sebelum memulai bisnis kue kering anda, terlebih dahulu anda sebaiknya memikirkan segmentasi pasar dan target konsumen anda. Jangan tergesa-gesa untuk bermain di semua level pasar. Sebagai tahap awal targetkanlah kelas bawah atau menengah dengan penetapan harga kue kering yang terjangkau. Seiring berkembangnya usaha dan pengalaman anda, anda dapat bermain di level pasar yang lebih tinggi. Lakukan analisa pasar secara ofline bila ingin menyentuh pasar ofline dan secara online bila ingin disertai pasar online. Hal ini supaya anda bisa menentukan target market dan penentuan harga.

4. Bijak dalam Memilih Bahan Baku dan Peralatan
Pemilihan bahan baku sangat menentukan suksesnya bisnis kue kering anda. Dengan budget yang anda miliki, cobalah untuk menggunakan bahan baku yang berkualitas sesuai dengan segmentasi pasar yang anda targetkan. 

5. Gunakan Kemasan yang Menarik
Dengan memanfaatkan moment, anda bisa menggunakan kemasan yang menarik. Sebagai contoh, pada saat menjelang hari raya lebaran, gunakan hiasan bertema idul fitri yang menarik. Untuk menambah ide, anda bisa melihat gambar-gambar hiasan toples kue kering di internet sebagai acuan menghias kemasan toples kue kering anda. Buatlah agar kemasan kue kering yang anda buat menjadi menarik atau unik.

6. Ciptakan Saluran Pemasaran yang Tepat
Terdapat empat cara mudah dalam pemasaran kue kering anda. Cara pertama yaitu dengan jalan menawarkan langsung produk kue kering anda ke orang-orang di sekitar anda seperti tetangga, rekan kerja, dan saudara. Cara kedua adalah dengan cara menawarkan kue kering anda memalui perantara seperti toko-toko roti, supermarket, restoran, atau jasa pembuatan parcel. Cara praktis berikutnya, adalah dengan memasarkan secara online melalui sarana jejaring sosial atau situs-situs jual beli online guna menjaring konsumen yang lebih luas. Cara yang lainnya bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan sarana promosi berupa brosur dan katalog guna ditawarkan pada para agen atau reseller untuk dijual kembali ke konsumen. Tentu nilai tambah bagi Anda bila kue kering yang Anda buat berbeda dengan kue yang lain dengan jenis kue yang sama. Pelanggan setia akan bertambah bila kue kering Anda memiliki nilai khusus alias ciri khusus. Walaupun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk kue kering yang Anda produksi.

Nah, itulah beberapa hal penting tentang peluang usaha jualan kue kering. Semoga artikel di atas memberikan manfaat kepada pembaca semua. Tidak akan rugi pula jika Anda berbagi kepada semua orang. Selamat terjun ke dunia usaha dan sukses selalu untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Jualan Kue Kering