Peluang Usaha Sewa Mainan Anak

Usaha Sewa Mainan Anak
Peluang usaha sewa mainan anak amat cerah dan menjanjikan potensi keuntungannya. Sewa mainan anak merupakan peluang bisnis yang sangat prospektif untuk saat ini dan ke depan. Orang yang menjalankan usaha ini pun belum begitu banyak yang melakukannya. Maka boleh dikata saingan kita akan rendah jika terjun dalam usaha ini. Hampir semua bisnis yang berkaitan dengan anak-anak akan selalu cemerlang. Ini disebabkan banyaknya orang tua yang akan selalu memiliki perhatian yang lebih kepada anaknya. Salah satu yang amat diperhatikan ialah masalah permainan.Masa kecil mrupakan masa yang begitu paling menggembirakan. Sehari-hari adanya cuma rasa senang. Anak-anak  hanya disibukkan dengan bermain. Tidak mengherankan jika mainan menjadi barang yang tak bisa dipisahkan dari seorang anak kecil.

Akan tetapi anda jangan salah anggapan. Orang tua di zaman sekarang melakukan pemilihan terhadap jenis mainan. Tak semua mainan dikehendaki. Hanya yang bernilai edukasi atau pendidikan terhadap anaknya yang akan dipilihkan untuk si buah hati. Dan sudah menjadi kenyataan bahwa mainan seperti ini harganya tentu lebih mahal. Mainan edukatif dengan ukuran kecil yang biasa dimainkan anak balita memiliki harga berkisar antara Rp 170.000 sampai Rp 500.000. Kemudian untuk mainan dengan ukuran yang cukup besar dan dapat digunakan oleh anak hingga usia 6 tahun, memiliki harga sekitar 2 juta sampai 4,5 juta rupiah. Tak setiap orang tua mampu untuk membelinya. Kalau pun bisa membelinya mesti harus menyediakan dana khusus. Perlu menabung dalam waktu yang relatif lama. Padahal, kebutuhan sudah di depan mata dan tak bisa ditunda. Kalau tertunda sudah tak berguna lagi mainan itu. Sebab anaknya sudah tak memerlukan lagi dikarenakan sudah bukan anak-anak kembali. Ketika kita menyewa mainan maka anak-anak pun akan bisa mendapatkan atau mencoba lebih banyak jenis mainan. Tentunya ini akan menjadikan anak-anak lebih bergembira karena mereka akan lebih puas dengan berbagai macam mainan yang dimainkannya.

Mengatasi hal tersebut, solusinya adalah orang tua mengeluarkan biaya untuk menyewa terhadap mainan yang dikehendaki. Menyewa mainan juga dapat menghemat tempat di rumah. Saat ini tidak sedikit orang yang memiliki rumah dengan tipe ukuran yang minimalis. Tentu saja ruangan di dalam rumah tidak begitu lebar. Dengan menyewa mainan untuk anak kita akan bisa menghemat tempat di ruangan. Bila membeli mainan yang baru tentu ruangan di rumah akan semakin sempit karena ditambah barang yang namanya mainan. Anak-anak tentu ingin selalu dekat dengan mainan tersebut sehingga posisi mainan akan selalu di dalam rumah.

Menyewa lebih murah dan praktis daripada harus membeli. Inilah jalan yang dipilih. Dari keaadaan tersebut maka kita bisa mengambil sebuah peluang usaha sewa mainan anak. Satu peluang yang sangat menghasilkan rupiah yang besar. Apalagi di zaman modern seperti ini. Prospeknya untuk saat ini dan masa depan sangat bagus.Hal ini didukung dengan semakin beragamnya jenis mainan anak dan tingginya kesadaran orangtua memberikan mainan edukatif membuka celah untuk membuat usaha rental mainan anak di kota-kota besar. Koleksi yang banyak dan pelayanan yang memuaskan menjadi kunci sukses dalam bisnis persewaan mainan ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha sewa mainan anak, diantaranya adalah:
1. Memilih mainan yang beraneka ragam
Pastikan seluruh mainan yang dipilih memiliki nilai pendidikan yang tinggi. Dengan begitu sangat terbuka lebar peluang untuk mengundang para pelanggan. Dalam mendapatkan berbagai alat permainan, ada dua sistem yang dapat dijalankan. Pertama adalah dengan membeli sendiri, sedangkan yang kedua melalui jalur kerja sama atau kemitraan. Bagi pemula, sebaiknya memilih sistem kedua karena biasanya akan memperoleh pelatihan terkait dengan manajemen usaha sewa mainan anak, keuangan, promosi, atau pemasaran. Kerjasama dan kemitraan akan dapat menguatkan bisnis kita. Akan tetapi, tidak salah dan bagus juga jika kita membeli beberapa permainan yang pokok dengan uang kita sendiri. Sekaligus barang mainan yang kita beli itu akan menjadi aset yang penting selamanya.
mainan anak
2. Pemasaran yang kuat
Inilah yang penting untuk dilakukan. Lakukan dengan masif namun tetap saja proporsional. Banyak sebetulnya media yang bisa kita gunakan. Dari koran, majalah, selebaran, brosur, spanduk, dan yang tak boleh dilupakan adalah media internet. Sekarang dunia teknologi sudah berkembang pesat. Dengan akun facebook, twitter, web berbayar, dan blog gratisan sudah sangat efektif. Juga akan sangat bagus ketika kita tambah dengan memakai whatsapp, instagram, line, telegram, dan SMS. Hal itu juga tidak kalah pentingnya.

3. Tentukan Harga yang Bersaing
Tak harus mengambil keuntungan yang besar. Akan lebih baik bila untung sedikit tetapi terus menerus. Dari pada untungnya besar namun hanya sekali saja. Jangan segan mengambil untung yang sedikit tetapi efek dari hal tersebut dapat mendorong permanennya keuntungan dalam jangka panjang. Pelanggan atau siapa saja tentu lebih suka pada harga sewa mainan yang murah. Dengan begitu mereka akan memilih tempat kita untuk menyewa mainan.

4. Lokasi juga menentukan
Sangatlah beruntung jika lokasi usaha kita itu dekat dengan perkotaan atau setidaknya mudah dijangkau oleh siapa saja. Namun, tidak salah bila lokasi usaha kita di tempat yang tidak strategis. Hanya saja, kita harus mengatur bagaimana orang mudah menemukan lokasi usaha kita. Membuat petunjuk arah yang jelas misalnya.

5. Pelayanan yang memuaskan
Ini yang menjadi inti dalam bisnis jasa. Memberikan pelayanan yang begitu memuaskan memberikan nilai yang besar bagi usaha kita. Dengan begitu akan semakin nyaman pula para pelanggan. Sehingga mereka semakin setia terhadap usaha kita. Tak bisa dipungkiri, sukses semakin mendekati kita. Contohnya saja, apabila mainan itu  perlu diantar maka kitalah yang mengantarnya sendiri. Kemudian beramah tamah dengan orang tua si anak yang menyewa mainan dari kita. Bangun hubungan yang positif kepada mereka.

6. Aturlah keuangan dengan baik
Dalam berbisnis, keuntungan adalah sesuatu yang dicari dan salah satu tujuan utama. Dengan masuknya uang atau adanya transaksi sewa mainan maka ada untung dalam usaha kita. Sehingga kita menerima uang dari bisnis ini. Tugas kita selanjutnya ialah mengelolanya dengan baik. Pada tingkat sederhana, jangan sampai uang hasil keuntungan bercampur dengan uang untuk belanja keuntungan pribadi. Banyak kasus sederhana ini terjadi pada banyak orang. Hal ini tak boleh terjadi pada usaha kita. Kemudian pencatatan juga amat penting. Sekecil keuntungan harus dicatat. Tak hanya keuntungan sebenarnya, tiap transaksi mesti dicatat dengan serapi mungkin.

Kami berharap semoga artikel ini memberikan manfaat. Sekaligus pula memberi inspirasi bagi masing-masing pembaca melirik usaha sewa mainan ini. Jangan lupa pula, salah satu pelanggan potensial dari mainan anak ialah lembaga penitipan anak. Jumlahnya yang menjamur di mana-mana menjadikan pasar emas untuk kita. Peluang seperti ini tentunya tidak akan anda tinggalkan begitu saja. Semoga sukses untuk anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sewa Mainan Anak