Peluang Usaha Jasa Video Shooting Editing dan Transfer VCD/ DVD

Usaha Jasa Video Shooting Editing dan Transfer VCD/ DVD

Peluang usaha jasa video shooting editing dan transfer VCD/ DVD begitu cerah prospeknya. Perkembangan teknologi menjadikan kehidupan manusia selalu berkembang dinamis. Segala lini kehidupan tak lepas dari teknologi. Khususnya teknologi informasi yang kini begitu cepat perkembangannya. Banyak orang yang tidak menyangka tentang cepatnya perkembangan teknologi informasi ini. Perkembangan ini amat berpengaruh sekali memang kepada manusia secara keseluruhan. Sangat terasa dalam kegiatan sehari-hari masyarakat, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Baik di dalam urusan pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat secara luas. Masyarakat juga sangat mudah menerima perkembangan teknologi informasi. Respon terhadap perkembangan teknologi begitu bagus sekali. Tak terbatas pada orang yang memiliki banyak uang saja, akan tetapi masyarakat kelas menengah ke bawah pun antusias sekali dengan teknologi. Zaman dahulu dengan sekarang amat berbeda. Terutama tingkat teknologi yang digunakan. Sebuah keniscayaan yang memang tidak bisa dipungkiri oleh siapa saja.

Salah satu jenis teknologi informasi adalah multi media. Kata multi media mungkin agak begitu asing bagi masyarakat awam pada masa lalu. Namun, untuk sekarang kayaknya sudah tidak seperti itu lagi. Di sekolah tingkat kejuruan kini sudah di buka jurusan kompetensi keahlian multi media. Jadi, sekarang sudah sangat familier masyarakat dengan kata multi media. Bidang multi media ini pun juga sudah dipelajari secara spesifik oleh para mahasiswa di perguruan tinggi.

Banyak orang yang menganggap bidang multi media identik dengan merekam kejadian dalam bentuk video. Tidak salah anggapan ini. Namun, pada kenyataanya bidang multi media ini lebih dari itu. Prakteknya memang di masyarakat multi media itu selalu dekat dengan masalah rekaman video. Kenyataan di masyarakat, untuk sebagian besar orang mereka ingin memiliki kenangan yang bisa dijadikan media sebagai pengingat kejadian momen-momen istimewa dalam bagian hidupnya. Tak jarang harus menganggarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk mengabadikan kejadian tersebut.

Ada banyak momen istimewa yang perlu direkam atau diabadikan. Tidak ingin momen itu dilupakan atau tertinggal dari ingatan hidup seseorang. Satu contoh yang banyak dilakukan adalah merekam prosesi pernikahan dan acara yang berkait dengannya. Meski orang yang berpenghasilan rendah tetapi kalau sudah mengadakan acara pesta pernikahan anaknya maka mereka tetap akan mengabadikan momen istimewa tersebut. Mencari jasa video shooting adalah solusinya. Tidak hanya saat pernikahan saja. Di kala pengajian atau acara kampung pun sering menggunakan jasa video shooting ini. Di sinilah sebetulnya menjadi sebuah peluang emas kita untuk memulai bisnis dengan memberikan jasa muali dari video shooting, edit video, hingga transver video ke VCD atau DVD.

Peluang usaha jasa video shooting ini amatlah bagus. Sayang bila kita tidak berkeinginan untuk mengambilnya. Namun, kita tidak boleh tergesa-gesa untuk masuk ke bidang bisnis ini. Kita perlu ilmu dan persiapan yang matang. Dalam menjalankan usaha video shooting, ada beberapa hal yang hendaknya dipersiapkan sejak awal, yakni :
- Mempersiapkan batu baterai beserta cadangannya minimal 1 buah
- Minimal 2 kaset video untuk merekam
- Kabel power
- Pembersih lensa
- Tripod
- Pelindung kabel, bisa lakban atau sejenisnya untuk melindungi kabel anda dari injakan manusia atau barang
- Lampu oncam, filter lensa, mikrofon, dan aksesoris lain yang dipunyai.

Untuk jasa video shooting ini yang sangat diperlukan adalah ketelitian dalam mengambil gambar serta memotong film sesuai keinginan pelanggan. Konsumen adalah raja. Keinginan mereka harus selalu diakomodir. Jika perlu anda pun bisa memberikan arahan untuk mendapatkan gambar yang terbaik. Sekarang tingal bagaimana anda memulainya. Beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dalam menjalankan usaha ini adalah :
1. Lokasi
Anda bisa melakukannya di rumah atau bahkan di kantor pada saat jam-jam kosong atau istirahat. Tapi jika semakin berkembang alangkah baiknya jika anda memulai menyewa tempat yang cukup strategis agar usaha anda semakin terlihat bonafide. Setidaknya banyak orang akan lebih mudah menemui anda. Kala mereka ingin bertemu maka lebih mudah. Biasanya kalau seseorang akan menggunakan jasa video shooting tidak hanya sekedar menelepon atau mengirim pesan melalui sms atau whatsapp. Bisa pula menggunakan media sosial lain seperti facebook, twitter, dan instagram. Tetapi mereka lebih suka bertatap muka dengan anda untuk berbicara lebih jauh. Misalnya saja ingin menawar harga sewa dan lain sebagainya. Berkomunikasi secara langsung sebetulnya akan lebih menguntungkan untuk kita para pengusaha. Dengan berkomunikasi atau ngobrol langsung ini kita akan menjadi lebih dekat dengan para konsumen. Rasa kekeluargaan bisa terbangun dengan banyak ngobrol dengan mereka. Kedekatan secara kekeluargaan ini menjadi modal yang tak bisa dianggap remeh.

2. Pelanggan atau konsumen
Anda bisa menyebarkan brosur aatau kartu nama untuk lebih memudahkan dalam penjualan jasa anda. Di saat sekarang ini, berpromosi melalui media internet baik itu web atau pun media sosial sangatlah efektif dan efisien. Kita pun tidak akan merasa kesulitan untuk melakukan hal itu. Untuk memudahkan pemasaran atas usaha jasa kita perlu untuk membentuk jaringan usaha. Kita perlu bekerja sama dengan pihak lain. Tentu saja kerja sama yang saling menguntungkan semua pihak. Jaringan terdekat yang berkaitan erat dengan para pengguna jasa video shooting anda ini adalah pengusaha katering, event organizer, kerabat terdekat, jasa sewa tenda kursi dan masih banyak lagi. Perlu ditekankan bahwa konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam usaha jasa. Maka jagalah keberadaannya kalau perlu perluaslah jumlah dan cakupannya. Jangan sekali-kali pula membuat konsumen kecewa, marah, dan kerugian. Para konsumen tidak suka dengan hal itu sampai menimpa mereka. Buatlah para konsumen semakin nyaman dan senang dengan menggunakan jasa usaha video shooting editing dan transfer VCD/ DVD dari kita.

3. Tenaga Kerja
Jika anda ahli dalam bidang usaha yang anda geluti ini, maka anda tidak membutuhkan karyawan. Tapi jika suatu saat nanti anda sudah merasa kewalahan maka tidak ada salahnya jika anda mulai memperkirakan karyawan yang benar-benar memahami seluk beluk editing film hingga memprosesnya dalam komputer. Kalau di awal memang anda bisa menjalankannya sendiri. Namun, ketika usaha ini sudah berkembang dengan baik maka mau tidak mau harus mencari tenaga kerja atau karyawan.

4. Modal Usaha
Kalau modal tidak begitu besar, anda bisa mencoba membeli komputer kondisi second dengan harga sekitar Rp.2 juta s/d 3 juta. Jika baru harga komputer itu bisa berkisar Rp. 5 juta s/d p. 10 juta ( sudah lengkiap dengan fasilitas video edit / transfer), camcorder ( untuk shootingnya), camera digital atau analog. Harga tarif dari jasa ini sangat bervariasi, untuk video shooting berkisar antara Rp. 150 ribu s/d Rp. 250 ribu. Untuk tansfer ke VCD Rp. 25 ribu s/d Rp. 50 ribu, sedangkan untuk transfer ke DVD harganya bisa jauh lebih mahal.

5. Berdoa
Hal ini sebagai usaha spritual. Setiap orang sukses tidak melupakan berdoa kepada yang Maha Kuasa. Tak lupa pula, bahwa sedekah juga sangat berpengaruh pula dalam kesuksesan.

Itulah beberapa hal mengenai usaha jasa video shooting dan transfer VCD/ DVD. Kini tinggal menunggu "action" dari anda selaku pihak yang akan mendapatkan kesuksesan dengan menjalankan bisnis tersebut. Semoga artikel tersebut memberikan manfaat yang besar bagi seluruh pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jasa Video Shooting Editing dan Transfer VCD/ DVD