Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Tahun 2016

Peluang Usaha Tahun 2016

Tahun 2016 merupakan momentum yang tepat untuk kita meningkatkan penghasilan. Pada tahun tersebut sangat dimungkinkan tumbuhnya berbagai usaha kreatif baru. Mengingat banyaknya penduduk di negara kita ini tentu menjadi pasar yang menggiurkan sebetulnya. Banyaknya jumlah penduduk tentu saja menjadikan kebutuhan akan barang dan jasa pun menjadi lebih banyak lagi. Terlebih lagi dengan tingkat kebutuhan masyarakat modern. Sudah sangat jelas bahwa mereka semua membutuhkan berbagai barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Tak perlu jauh-jauh untuk menggambarkan akan hal ini. Kita bisa melihat kehidupan diri kita sendiri dahulu. Kalau menghitung maka dalam satu bulan ternyata kita telah mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit. Itu hanya untuk kebutuhan pribadi. Belum nanti kalau dihitung sampai ke seluruh kebutuhan anggota keluarga yang lain. Menjadi lebih banyak lagi tentunya. Tak pernah satu kali dalam sehari pun mereka absen dalam makan misalnya. Itu dari permasalahan kebutuhan makan saja. Belum nanti kalau kita ke bidang pendidikan, transportasi, pakaian, gaya hidup, telekomunikasi, jasa konsultan, perbengkelan, property, dan lain sebagainya.

Dari seluruh kebutuhan manusia itu sebetulnya kita bisa mengambil peluang usahanya juga. Adanya permintaan tentu harus diimbangi dengan penawaran. Dengan begitu akan menjadi imbanglah kehidupan. Tidak semua peluang usaha selalu terkait dengan modal besar yang dibutuhkan. Kita bisa saja memulai sebuah usaha dengan modal pas-pasan alias modal kecil. Pada intinya, banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil tahun 2016. Tergantung kita mau jeli tidak dalam melihatnya. Ketika kita tajam dalam melihat berbagai peluang usaha maka sangat bisa diperkirakan bahwa tambang uang segera kita peroleh. Sebuah sumber pendapatan yang diharapkan oleh tiap orang. Uang akan bekerja untuk kita bukan kita yang habis waktunya untuk mengejar uang. Sehingga hidup seseorang akan begitu nyaman sepanjang hari. Namun, untuk di awal memang harus kerja ekstra keras. Melebihi kerjanya orang sebagai karyawan perusahaan. Namanya saja seorang yang merintis usaha. Tapi jangan khawatir, itu dilakukan tidak dalam waktu yang lama. Ketika usaha yang kita geluti sudah berjalan normal, barulah bisa menikmati hasil kerja keras kita.

Melihat fenomena seperti di atas, ada beberapa jenis usaha yang layak untuk kita ambil di tahun 2016, diantaranya adalah:
1. Usaha Wisata Kuliner
Dunia pariwisata semakin menggila. Jumlah orang yang melakukan wisata tiap pekan semakin meningkat. Berbagai tempat tujuan wisata pun penuh sesak dengan manusia. Dari wisata pantai, pegunungan, kebun binatang, susur sungai, dan lain-lain semuanya diminati kini. Kita bisa melihat juga dari berbagai buktinya di lapangan. Salah satunya jumlah arus kendaraan pada hari-hari libur mengalami lonjakkan yang luar biasa. Terutama terlihat ketika di jalur-jalur wisata. Maklumlah pada hari itu kebanyakan orang melewati masa liburan dengan berwisata bersama keluarga tercinta maupun saudara lainnya. Kebiasaan seperti ini sepertinya tidak akan berkurang apalagi berkurang dari masa ke masa. Perjalanan yang memakan waktu lama otomatis membuat orang lelah. Untuk mengobatinya salah satunya dengan menyantap makanan. Maka tak heran bila di tempat-tempat wisata itu tak terhitung jumlahnya orang yang berjualan makanan. Kuliner adalah istilahnya yang ngetrend. Tidak ada mungkin orang yang belum mendengar kalimat tersebut. Bahkan di berbagai media pun menampilkan topik kuliner ini. Bisnis seperti ini kini sangat prospektif. Usaha kuliner tersebut sekarang menjamur di pelbagai tempat bahkan sampai ke daerah pelosok. Peluangnya pun masih terbuka lebar. Jumlah pesaing tidaklah terlalu besar. Modal yang kita perlukan pun masih dalam batas terjangkau. Artinya tidak perlu kita mengeluarkan modal yang amat besar untuk bisa memulai bisnis wisata kuliner ini.

2. Bisnis Online
Bisnis online ini sangat akrab dengan dunia internet. Namun, untuk sekarang ini, jarang orang yang tidak mengenal dengan teknologi internet. Ada banyak jenis dari usaha di bisnis online ini. Beberapa diantaranya adalah toko online, PPC (Pay Per Click), dropship, pelelangan online, clickbank, amazon, reseller produk, email marketing, jasa penulis, dan lainnya. Khusus yang PPC ini yang sangat terkenal adalah google adsense. Banyak orang yang telah sukses di model bisnis ini. Dengan menjamurnya smartphone, diprediksi bahwa bisnis online memiliki prospek yang sangat cerah. Modal yang dibutuhkan pun sangatlah kecil. Kita bisa memulai bisnis seperti ini dengan membuat web atau blog gratisan seperti blogger atau wordpress. Dengan membuat artikel yang unik lagi menarik maka akan datanglah pengunjung. Semakin banyak pengunjung maka blog kita akan terkenal. Banyaknya pengunjung yang datang akan menjadikan bertambahnya keuntungan karena iklan di blog tersebut akan dilihat banyak orang. Bila telah berkembang maka akan lebih baik bila kita membuat web berbayar. Artinya kita perlu menyewa domain dan hosting sendiri. Ini akan lebih menjadikan kita semakin percaya diri. Para pengunjung pun akan semakin banyak yang datang bila kita selalu rawat web tersebut dengan baik.

3. Usaha Les Privat
Memiiki usaha sampingan menjadi sebuah kebanggaan. Betapa tidak, dengan mengandalkan pendapatan dari karyawan terkadang belum mencukupi kebutuhan kita. Atau setidaknya kita bisa membeli barang tertentu yang menjadi idaman. Mobil atau sepeda motor terbaru misalnya. Untuk Anda demikian, bisa mencoba usaha les privat. Pekerjaan ini tidaklah begitu berat. Hanya mengajarkan ilmu kita dari sekolah kepada beberapa anak maka bayarannya lumayan. Sangat sederhana usaha ini dan tidak membutuhkan modal yang besar alias kecil. Banyak lembaga pendidikan yang lahir dari usaha les privat. Lihat saja STMIK AMIKOM di Yogyakarta yang digawangi Pak Suyanto. Dulunya cuma les di rumahan saja. Namun, dengan ketekunan dan kerja keras diiringi doa, akhirnya kini menjadi kampus yang sangat terkenal di negeri ini. Jumlah mahasiswanya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Saya yakin anda pun akan tertarik dengan peluang usaha sederhana ini.

4. Jualan Barang Musiman
Ini model usaha yang tergantung kepada musim tertentu. Ketika sedang masuk di bulan Ramadan maka kita bisa menjual aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Menjual kurma sebagai makanan khas ramadhan adalah trend pada saat itu. Ketika sore hari berjualan kolak dan aneka makanan manis. Ketika mendekati hari raya Idul Fitri maka kita berjualan kue kering khas hari raya. Kue kastengel dan putri salju misalnya. Kemudian ketika mendekati tahun ajaran baru, kita bisa menjual alat-alat sekolah untuk anak-anak. Bisa dengan menjual buku tulis, bolpen, emblem, dan sejenisnya. Demikian pula ketika masuk adanya musim durian, rambutan, mangga, dan sebagainya. Kita bisa menjual komoditas buah seperti itu. Hasilnya pun lumayan. Termasuk ketika mendekati datangnya hari raya kurban atau idul adha maka kita bisa menjual hewan kurban berupa kambing dan sapi. Margin keuntungan dari menjual hewan kurban cukup lumayan.

Itulah beberaoa contoh usaha kecil menguntungkan dengan modal kecil yang sekaligus memiliki prospek cerah di tahun 2016 nanti. Semoga saja artikel ini memberikan kontribusi berarti bagi para calon wirausaha dengan kapasitas modal kecil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Tahun 2016