Tips Memulai Usaha Rental Mobil Dengan Modal Terbatas

Usaha Rental Mobil Dengan Modal Terbatas
Tips memulai usaha rental mobil dengan modal terbatas perlu kita ketahui. Bisnis rental mobil masih sangat prospek untuk sekarang ini. Bagaimana tidak? Mobil kita menjadi alat transportasi darat yang utama. Pada zaman sekarang ini sudah sangat maju dan modern kehidupannya. Sudah sangat berbeda dari puluhan tahun yang lalu. Orang di masa sekarang ini menginginkan segalanya praktis dan mudah. Ketika orang ingin bepergian maka lebih suka dengan kendaraan beroda empat dari pada menggunakan sepeda motor. Apalagi kalau jarak yang ditempuh memang lumayan jauh. Maka cara yang terbaik dalam hal ini yakni dengan menggunakan mobil. Dengan naik mobil maka seseorang tidak akan terkena panasnya sinar matahari di siang hari. Bila turun hujan maka tidak akan kehujanan. Di saat bepergian di malam hari maka tidak akan kedinginan. Begitu nyaman menggunakan mobil untuk bepergian.  

Trend saat ini orang suka sekali bertamasya atau berekreasi. Khususnya berekreasi bersama satu keluarga. Wisata seperti ini dirasa lebih nyaman oleh sebagian orang. Dan tidak sedikit yang lebih suka menggunakan mobil kecil dari pada kendaraan besar seperti bus. Ketika menggunakan mobil yang kecil lebih nyaman karena satu keluarga saja. Bercengkrama antar anggota keluarga dalam satu mobil terasa lebih menyenangkan. Tidak hanya untuk wisata saja, akan tetapi saat ada acara keluarga pun mobil lebih cocok utuk digunakan. Ketika seseorang hendak mudik dari Jakarta ke kampung halaman misalnya. Misalnya kampung halamannya ada di Jogjakarta. Orang-orang lebih suka menggunakan mobil rental untuk mudik. Mengenai persoalan macet pun kini sudah agak bisa teratasi dengan dibangunnya berbagai jalan tol. Dalam satu keluarga bisa bersamaan pulangnya menggunakan satu mobil tentu hal itu akan lebih menyenangkan. Baik di perjalanan maupun sesampainya nanti di kampung halaman. Ketika sudah di kampung halaman pun mobil bisa digunakan untuk bepergian ke beberapa tempat saudara. Jadi, fungsi merental mobil ini semakin bermanfaat.

Dengan kondisi atau kenyataan yang demikian, ada sebuah peluang usaha yang cukup prospektif untuk diambil. Tiada lain yakni usaha rental mobil. Usaha rental mobil ini adalah salah satu model usaha yang memiliki potensi besar. Prospek untuk saat ini dan masa depan pun masih sangat bagus. Seorang pelaku usaha dalam bidang rental mobil di kota Bandung mengaku bisa membukukan hasil tak kurang dari 7-10 juta tiap bulan untuk setiap kendaraan yang dia sewakan. Sedang ada seorang lagi yang membuka usaha rental mobil di kota Yogyakarta juga mengamini hasil yang tak jauh berbeda untuk tiap mobil yang dia miliki. Bayangkan saja kalau rental mobil anda memiliki setidaknya 20 buah mobil?

Okelah. Jangan jauh-jauh dulu berkhayal memiliki usaha rental mobil dengan inventaris 20 mobil. Karena ini artinya kita membutuhkan modal yang relatif cukup besar tentunya. Apalagi harga satu unit mobil yang baru lebih dari seratus juta rupiah. Sementara itu dalam memulai usaha rental mobil kita masih harus membuka belantara pasar yang sudah duluan diduduki oleh pengusaha rental mobil pendahulu kita.

Jadi memulainya dengan banyak inventaris mobil bisa jadi akan menjadi langkah tidak bijak karena belum tentu semuanya nanti akan laku di sewa sekaligus. Akan lebih bijak anda memulai dari inventaris terbatas selain karena cara ini juga akan membuat anda lebih cepat memulai usaha ini meski denga modal relatif kecil dan terbatas. Secara khusus, untuk anda yang tertarik memulai bisnis rental mobil dengan modal kecil, kami akan mencoba berbagi beberapa tips yang kami kumpulkan dari beberapa pelaku usaha mobil rental. Berikut beberapa tips sederhana ketika kita akan memulai usaha rental mobil :
1. Mulailah dengan mobil baru
Hindari menggunakan mobil bekas karena biasanya biaya perawatannya justru akan lebih besar. Lagi pula dengan menggunakan mobil baru, anda bisa lebih memikat konsumen dengan kendaraan yang masih mulus dan suara mesin yang masih halus. Faktor pemikat ini sangat penting agar laris usaha rental mobil anda. Selain juga pihak asuransi cenderung lebih menghargai dengan nilai lebih pada asset kendaraan baru ketimbang mobil bekas.

2. Pilihlah mobil yang diminati pasar
Kebanyakan klien rental mobil mencari mobil type Avanza dan Xenia. Kedua mobil ini sering disebut mobil khas keluarga. Keduanya dianggap sebagai mobil dengan daya tampung besar, memiliki kenyamanan yang cukup baik dan irit BBM. Beberapa pilihan lain seperti Grand Max, APV, atau Innova memang kerap juga ditawarkan tetapi biasanya pilihan utama tetap pada kedua jenis kendaraan tadi. Soal harga sewa juga kedua mobil tersebut juga cukup baik di pasaran, pada kisaran 300-400 ribu per 24 jam.

3. Dapatkan mobil baru tanpa pembelian cash
Hindari pembelian cash kecuali memang modal anda cukup besar, tetapi karena di sini kita bicara soal usaha rental mobil modal kecil, maka akan lebih baik anda hindari pembelian mobil cash dan alihkan dana anda yang terbatas untuk urusan usaha yang lain. Ada dua cara efektif dalam mendapatkan mobil baru tanpa harus mengeluarkan modal besar, yakni :
– Dengan pembelian angsuran
anda bisa mengambil mobil baru dari dealer atau dengan melakukan kredit via bank, yang anda   adalah dana untuk DP sedang untuk angsuran anda bisa dapatkan dari pendapatan sewa yang anda dapatkan. Asumsikan saja kendaraan anda diangsur 3 tahun dengan nilai angsuran 4 juta perbulan. Maka anda cukup melalukan penyewaan mobil selama 10 hari setiap bulan dan anda sudah bisa membayar angsuran. Sisa pendapatan dari sewa pada hari berikutnya menjadi pendapatan anda.

– Dengan cara leasing
anda bisa menyewa pada pemiliki mobil baru. Biasanya leasing berjalan 3 tahun dengan nilai sewa perbulan 3 juta. Cara ini membantu anda tetap dengan mudah mengupgrade mobil yang anda miliki, karena posisi anda hanya sebagai penyewa bukan pemilik kendaraan.

4. Siapkan sistem sewa
Salah satu resiko yang riskan dihadapi oleh sebuah usaha rental mobil adalah masalah pencurian kendaraan. Untuk itu anda perlu seksama dalam mengatur sistem sewa supaya kendaraan anda lebih aman dari pencurian. Kadang sekedar KTP, SIM dan surat-surat lain tidak selamanya menjanjikan keamanan. Kalau perlu beberapa anda bisa menanamkan GPS pelacak di bagian tersembunyi untu keamanan.

5. Lakukan promosi secara intensif
Promosi adalah aspek penting dalam setiap usaha, termasuk usaha rental mobil. anda bisa mulai dengan memasang iklan dikoran dan pamflet. Tetapi mencoba promosi aktif dengan mengajukan penawaran pada berbagai usaha perhotelan atau sebuah perusahaan untuk kerjasama bisa menjadi solusi menarik untuk memastikan kendaraan anda tersewa secara kontinyu. Cara promosi ini tidak memakan biaya besar,namun cukup efektif.

Itu tadi beberapa tips jitu dalam memulai usaha rental mobil dengan modal terbatas. Berapa pun modal yang kita miliki ternyata tidak menghalangi kita untuk berbisnis rental mobil. Sebenarnya memulai usaha tidak mutlak menuntut anda harus bermodal besar bukan? Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk pembaca semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Memulai Usaha Rental Mobil Dengan Modal Terbatas