Tips Ketika Smartphone kita Jatuh ke Genangan Air

Smartphone kita Jatuh ke Genangan Air
Smartphone sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat modern. Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat ini salah satu yang menandainya yakni dengan menjamurnya kepemilikian smartphone. Hampir semua orang sudah memilikinya. Setiap orang di dalam kantong baju atau celananya biasanya tersimpan smartphone. Ketika seseorang bepergian kemana-mana umumnya yang dibawa ialah smartphone. Tidak lengkap rasanya bila tidak  membawa smartphone. Bila mana sampai terlupa tidak membawa saat bepergian maka ia rela untuk kembali ke rumah mengambilnya. Dalam hal ini, posisi smartphone tingkat kepentingannya lebih tinggi dari pada dompet. Meski dompet kita berisi sejumlah uang. Lupa tidak membawa dompet memang bermasalah. Namun, jika lupa tidak membawa smartphone itu lebih bersamalah. Bahkan seseorang terkadang rela balik pulang ke rumah hanya untuk mengambil smartphonenya. Padahal ia sudah berada di perjalanan menuju ke kantornya. Itulah kenyataan di zaman serba canggih teknologi komunikasi dan informasi seperti sekarang ini.

Orang yang hidup di kota sampai desa sudah tidak asing lagi dengan smartphone. Bisa dikatakan smartphone menjadi bagian gaya hidup atau life style. Memang diakui bahwa di dalamnya banyak sekali fasilitas yang ditawarkan dari smartphone ini. Baik itu fasilitas untuk memudahkan pekerjaan kantor hingga hiburan. Di saat sekarang ini bila seorang karyawan atau pegawai hendak melakukan presensi maka cukup melakukannya dengan smartphone di tangannya. Smartphone pun sangat penting untuk menunjang suksesnya bisnis apa saja yang kita jalankan. Mau melihat video dari youtube dan web penyedia video lainnya pun dengan mudah bisa dilakukan melalui smartphone. Mau transfer uang pun sangat mudah. Membayar tagihan listrik dan air bisa dengan melalui smartphone. Saat kita mau berbelanja atau membeli sesuatu barang yang kita butuhkan kini sudah tidak mesti harus keluar dari rumah untuk datang ke toko, minimarket, dan mall. Tidak perlu harus berjalan dengan panasnya terik matahari dan juga guyuran hujan. Belum lagi kalau di sana penuh dengan antrian saat membayar belanjaan kita di kasir. Kini kita sudah dimanjakan dengan fasilitas berbelanja online melalui smartphone di tangan. Tentu sangat mudah dilakukan. Tinggal memencet tombol di smartphone kita. Begitu pula kala hendak menjual sesuatu barang. Istilahnya ingin bisnis online kecil-kecilan. Cukup kita foto barang tersebut dan beri diskripsi secara jelas lalu diupload di smartphone kita. Selanjutnya foto barang yang akan dijual tersebut dibagikan di media sosial. Tidak sedikit yang akan menawar untuk membelinya. Mudah bukan? Pun demikian bila hendak bermain game, tinggal membuka aplikasinya di smartphone.

Smartphone menjadi barang yang amat berharga. Maka keberadaanya mesti dijaga dengan baik. Barang tersebut tidak boleh rusak hanya karena kelalaian kita di kala membawanya. Tidak boleh sampai jatuh ke dalam air misalnya. Jatuhnya smartphone ke dalam genangan air tentu bukan bagian dari kesengajaan kita. Akan tetapi, sekalipun kita sudah menjaga smartphone dengan hati-hati. Bisa saja tetap terjadi kejadian jatuhnya smartphone ke dalam genangan airu. Kalau ada kejadian smartphone kita jatuh ke air maka kita pun harus mengambil langkah-langkah penting agar tidak terjadi hal-hal yang tak diharapkan. Nah, kali ini kami akan berbagi tips mengatasi masalah jika smartphone jatuh ke genangan air. Kami persilakan para pembaca menyimak tipsnya berikut ini :

1. Langsung ambil segera smartphone dari genangan air.
Melihat smartphone yang jatuh ke genangan air memang menyedihkan hati kita. Tapi kita harus melakukan langkah yang cepat. Kita tidak perlu berteriak-teriak atau malah mengeluarkan kata-kata yang berisi keluhan. Semua itu tidak terlalu bermanfaat pada kondisi seperti itu. Langkah yang paling bagus ialah segera ambil smartphone dari genangan air yang membasahinya itu. Jadi, ketika smartphone tak sengaja jatuh ke genangan air maka kita ya langsung segera saja diambil smartphonenya itu. Jangan tunggu lama-lama, pokoknya tidak pakai lama. Segera bertindak cempat untuk mengambil smartphone itu. Tindakan seperti ini dalam rangka menyelamatkan smartphone kesayangan kita. Setelah smartphone sudah kita ambil maka jangan dihidupkan dulu ya. Sabarlah untuk sementara waktu. Janganlah tergesa-gesa menghidupkan smartphone dalam kondisi yang masih basah seperti itu sebab bila tetap dihidupkan maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dari pada yang kita bayangkan.

2. Lap smartphone kesayangan kita
Gunakan lap yang kering betul. Pilih kain yang mampu menyerap air, misalnya pakai kain handuk yang cukup tebal dan jenis kainnya amat bagus dalam menyerap air. Atau boleh pula kain biasa lainnya yang penting mampu menyerap air yang membasahi smartphone kita. Misalnya memakai lap khusus yang bagus dalam menyerap air. Caranya mengelap pun hendaknya berhat-hati. Perlu kelembutan dalam mengelap smartphone kita. Dengan kehati-hatian itu tidak akan membuat smartphone kita muncul goresan yang tentu tidak kita kehendaki. Bila kita mengelapnya dengan kasar maka dikhawatirkan akan ada bagian smartphone yang tergores.

3. Lepaskanlah casing, sim card serta memori card
Tatkala bagian luar dari smartphone kita telah dilap dengan kain tadi maka kita tunggu sejenak agar benar-benar kering. Boleh pula diangin-anginkan sebentar. Sehingga akan lebih cepat kering bagian luar dari smartphone kita itu. Langkah selanjutnya kini saatnya kita membuka dan melepaskan casing, sim card serta memori card. Lakukan dengan sangat berhati-hati ya. Perlu diperhatikan bahwa langkah seperti ini dikerjakan dalam kondisi smartphone masih dimatikan. Jangan sampai saat kondisi smartphone masih hidup lalu kita melepaskan casing, sim card serta memori card. Melepaskan casing, sim card serta memori card dalam kondisi smartphone masih hidup akan sangat berbahaya.

4. Lepaskan baterai
Setelah kita melepaskan casing maka selanjutnya kita melepaskan baterai smartphone kita. Pastikan kita pelan-pelan dan berhati-hati dalam melepaskan baterai ini. Jangan sampai ada bagian di smartphone yang rusak ketika kita melepaskan baterainya ini.

5 Sekarang, keringkanlah bagian dalam smartphone dengan vacuum cleaner
Kita tahu bahwa vacuum cleaner berfungsi untuk menyedot bagian dalam smartphone yang basah. Lakukan pengeringan secara menyeluruh dengan vacuum cleaner, sampai tidak lagi ada air yang menetes. Tapi jangan gunakan hair dryer ya, sebab hair dryer mengeluarkan angin yang bisa membuat air menjalar ke bagian inti smartphone. Khawatir membuat peluang kerusakan yang bertambah parah nanti malahan.

6. Selanjutnya, pasang lagi casingnya, baterai, sim card dan memori card
Pastikan cara memasangnya sudah benar sesuai petunjuk. Tidak boleh asal-asalan dan salah. Ingat caranya saat melepasnya di awal tadi.

7. Terakhir, manfaatkan beras untuk merendam smartphone yang basah
Ternyata beras tidak hanya digunakan sebagai menu makanan pokok masyarakat Indonesia. Beras juga mempunyai manfaat lainnya. Salah satunya dalam merendam smartphone kesayangan kita. Memang untuk hasil yang maksimal, pakailah beras untuk menyerap secara menyeluruh bagian yang masih basah atau lembab pada smartphone. Lantas untuk lama merendamnya yakni selama 3 kali 24 jam. Sesudah itu, kita bisa menghidupkannya kembali. Kita pun sudah bisa bergaya dengan smartphone kesayangan.

Inilah beberapa tips ringan dalam mengatasi masalah smartphone yang jatuh ke dalam genangan air. Semoga bermanfaat, silakan disebarkan ke sesama teman untuk menambah manfaatnya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Ketika Smartphone kita Jatuh ke Genangan Air