7 Tips Supaya Kita Bisa Menjadi Orang Yang Produktif

Tips Supaya Kita Bisa Menjadi Orang Yang Produktif

Kita amat memerlukan tips supaya kita bisa menjadi orang yang produktif sehingga meraih sukses dengan mudah. Menjadi orang yang produktif merupakan keinginan setiap orang. Hanya saja pada kenyataanya tidak semua orang bisa hidup produktif. Berbagai cara dilakukan untuk mengembangkan diri. Hasilnya ada yang sukses namun tidak sedikit pula yang belum berhasil meraihnya. Hal ini mungkin karena kurangnya ilmu tentang bagaimana supaya menjadi orang yang produktif.

Namun, pada dasarnya sebenarnya kitalah yang menentukan suksesnya perubahan diri kita mau produktif atau tidak? Faktor dari dalam diri amat menentukan. Untuk kita yang berkeinginan segera menjadi pribadi produktif, yuk kita ikuti beberapa tips hebat berikut ini:
1. Bangunlah pada pagi hari.
Bangun di waktu lebih pagi akan lebih baik. Banyak keuntungan dari bangun saat masih pagi itu. Diantaranya kita bisa menikmati kondisi udara yang amat segar. Pada waktu siang, sore, dan malam hari rasanya tidak bisa kita menemukan udara segar sebagaimana saat masih pagi. Asupan udara yang segar ini bisa memacu kinerja tubuh kita menjadi lebih sehat dan kuat. Mulailah aktivitas dari yang paling dekat dari tempat tidur. Merapikan selimut yang kita pakai adalah langkah pertama yang meski kita kerjakan. Terus kita pergi ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Bagi seorang muslim, bangun sebelum subuh sangat dianjurkan. Dengannya bisa melakukan berbagai ibadah. Bila kita bangun di awal pagi maka segala aktivitas pada hari itu akan dirasakan lebih siap.

2. Olah raga baik yang ringan maupun berat.
Dengan jalan kaki mengitari lingkungan rumah sudah cukup. Boleh pula dengan berlarian bersama orang-orang tercinta di pagi hari. Bisa juga dengan bersepeda mengelilingi lingkungan perumahan atau kampung. Intinya kita bisa mengeluarkan keringat meskipun tidaklah banyak. Kalau punya kebun di sekitar rumah pun bagus lho. Kita bisa bercocok tanam sembari berolah raga.

3. Makan sarapan di pagi hari.
Tidak harus makan nasi. Yang terpenting adalah yang menjadikan perut kita kenyang. Energi untuk tubuh sangat diperlukan untuk memui aktivitas harian kita. Banyak ragam makanan untuk sarapan, selain nasi seperti kue, roti, jagung, singkong, dan sebagainya. Bisa juga dengan menambah susu sebagai penambah stamina dan kesempurnaan makan sarapan pagi. Sambil sarapan, sertakan segelas teh yang hangat. Bagus pula bila minum susu.

4. Selalu luangkan waktu untuk membaca.
Terutama membaca buku. Apa pun jenis dan judulnya, asalkan memberikan manfaat maka bagus untuk segera kita baca. Sebaiknya diusahakan setiap hari ada waktu khusus untuk membaca. Membaca buku mampu melatih kita untuk tekun dan bisa mendatangkan ide kreatif. Inovasi selalu diperlukan dalam kehidupan kita manusia.

5. Bergaulah kepada lingkungan positif. 
Dalam hal ini, lingkungan orang-orang yang memberikan kontribusi positif dalam hidup kita meski kita rajin bersosialisasi dengan mereka. Meskipun tidak banyak waktu yang kita alokasikan kepada mereka, tetap saja kita akan memperoleh banyak manfaat. Kehidupan kita akan terangkat dengan lingkungan yang baik. Lingkungan pengaruhnya sangat besar. Kita akan memiliki percepatan yang baik kala berada di lingkungan positif. Percepatan yang dimaksud tentu dalam hal prestasi kehidupan.

6. Kurangi dan hilangkan perilaku terlalu serius.
Serius itu boleh. Dalam berbagai permasalahan malah harus kita bertindak dan berpikir serius. Namun, jika banyak hal yang mestinya bisa dilakukan dengan santai mengapa harus serius? Janganlah terlalu "spaneng" atau serius. Kita bisa produktif tanpa harus begitu.

7. Beribadahlah kepada Tuhan
Dengan mendekat kepada yang Maha Kuasa kita akan ditolong dalam kehidupan. Tentunya termasuk produktivitas kita yang akan terus meningkat. Banyak berdoa akan menjadikan kita dipermudah segala urusan yang dilakukan. Dalam setiap doa ada kekuatan tersendiri.

Itulah 7 tips menarik supaya kita bisa menjadi orang yang produktif setiap hari. Pertama kita pahami dengan baik dan selanjutnya mempraktekkannya menjadi kebiasaan harian. Semoga memberikan kita manfaat dan menjadikan kita terus hidup produktif. Sukses untuk para pembaca semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : 7 Tips Supaya Kita Bisa Menjadi Orang Yang Produktif