Bisnis Sewa Gedung Yang Menggiurkan

Bisnis Sewa Gedung
Bisnis sewa gedung yang menggiurkan keuntungannya sangat cocok untuk digeluti. Sebagai manusia yang berkemajuan dan memiliki wawasan kemasyarakatan maka berbagai aktivitas selalu dilakoni di setiap hari. Semakin majunya zaman maka berkembang pula kehidupan manusia. Termasuk pula dalam aktivitas hariannya. Sibuk dan pengaturan waktu yang begitu ketat merupakan salah satu ciri manusia modern. Efisien dan efektif menjadi dua hal yang sering dipedomani. Segala hal sering dilakukan secara terjadwal dan terencana. Padatnya aktivitas menjadikan setiap orang mesti paham bagaimana mengaturnya sehingga semuanya kegiatan dapat terealisasi dengan baik.

Beberapa kegiatan manusia termasuk hal yang lebih penting dibanding yang lainnya. Bisa dibilang ada kegiatan yang diutamakan. Biasanya disebut acara khusus. Untuk melaksanakan atau menyelenggarakan acara khusus ini perlu persiapan yang khusus pula. Berbagai aktivitas penting ini selalu menggunakan tempat khusus. Ada kalanya di lapangan terbuka yang luas, terkadang juga di dalam sebuah gedung tertentu. Semua tergantung pada kondisi dan kebutuhannya. Juga atas acara apa yang hendak mau dilakukan. Sangat kondisional sekali dalam hal itu.

Untuk saat ini, tempat yang sering kali dipakai adalah gedung. Serba apa saja acaranya biasanya orang-orang lebih tertarik untuk menyewa gedung. Acara seperti pesta pernikahan, rapat umum, pengajian akbar, konferensi, pentas seni, pertunjukan, tasyakuran, job fair, expo, kampanye seorang caleg, basket, volly ball, bulu tangkis, seminar, bazaar, pasar murah, khitanan, musyawarah, pesta, dan sebagainya. Acara khusus seperti itu memerlukan yang luas dan nyaman. Para tamu atau siapa saja yang hadir bisa merasa enak dan nyaman ketika mengikuti prosesi acara dari awal sampai akhir. Panitia atau siapa saja yang mengundang akan selalu berusaha memberikan pelayanan tempat dengan sebaik-baiknya.

Banyak sekali momen acara atau kegiatan lainnya yang menggunakan gedung sebetulnya. Umumnya yang menghadirkan banyak peserta atau orang. Karena kalau diundang di rumah sendiri umumnya tak tertampung. Contohnya saja dalam sebuah acara pernikahan. Jika dilakukan di rumah tentu akan menjadi penuh sesak dan hadirin tak tertampung. Kesimpulannya bahwa undangan yang datang akan terasa tidak nyaman bila hal itu dipaksakan tetap diselenggarakan di rumah pribadi.

Dari beberapa keterangan di atas, sebetulnya kita bisa mengambil sebuah usaha yang begitu prospek sekali. Sebuah bisnis yang tidak mudah tergilas oleh perkembangan zaman yang begitu cepat. Karena ada orang yang takut untuk memulai bisnis gara-gara ia khawatir nanti terjadi perubahan zaman yang bisa merontokkan bisnis yang dibukanya. Yang dimaksud usaha yang penuh prospek di sini adalah bisnis sewa gedung yang menggiurkan. Penggunaan gedung untuk berbagai kegiatan dan acara besar tentu akan menghasilkan peluang keuntungan yang lumayan. Frekuensi orang yang menggunakan gedung juga semakin bertambah untuk sekarang ini. Apalagi, pada bulan-bulan tertentu yang banyak diadakan pesta pernikahan maka semakin besar frekuensi orang yang memakai atau menyewa gedung. Betapa tidak tergiur, dengan banyaknya orang yang menyewa tentu keuntungan pengusaha akan semakin banyak. Sehingga jumlah keuntungan pun akan besar sekali. Anda saat melihat fenomena seperti ini tentu akan tertarik. Bahkan, mengambil atau menekuni bisnis sewa gedung bisa menjadi jalan anda untuk menjadi orang kaya baru.

Berusaha memang banyak sekali caranya. Salah satunya adalah bisnis penyewaan gedung ini. Bisnis ini memang merupakan jenis usaha yang menggunakan investasi tinggi. Tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah gedung. Sekaligus peralatan dan perlengkapan yang ada di dalamnya sangatlah banyak. Maka untuk itu, keuntungan dari bisnis tersebut hendaknya berbanding lurus dengan modal yang telah dikeluarkan sebelumnya. Nah, agar usaha anda menjadi benar benar sukses kiranya untuk menyimak beberapa hal yang penting seperti yang berikut ini.

1. Buatlah gedung menjadi serbaguna
Pada awal sebelum pembuatan, sebaiknya benar-benar dipikirkan dengan matang sekali. Arsitektur gedung harus direncanakan dengan baik untuk bisa dipakai berbagai acara. Istilahnya kita siapkan gedung yang dibangun menjadi gedung serbaguna. Buatlah gedung yang bisa digunakan untuk banyak kegiatan. Artinya dapat dipakai sebagai tempat pesta pernikahan, pentas, dan perhelatan akbar lainnya. Tanah yang dibangun sebaiknya juga luas dan strategis mudah terjangkau masyarakat. Ini penting sebab kita bisa lebih leluasa dalam pengembangannya nanti. Konsumen bisa memakai gedung dengan beragam tujuan masing-masing. Cara seperti ini nanti akan menambah potensi keuntungan dari usaha kita.

2. Terapkan menejemen yang bagus
Membangun kadang lebih mudah dari pada merawat. Begitu kata sebagian orang. Pendapat tersebut ada benarnya juga. Berkaitan dengan bisnis sewa gedung, setelah selesai membangunnya, kita akan dihadapkan dengan biaya listrik, kebersihan, biaya tenaga kerja, maintenance peralatan dan bangunan, pajak bangunan, pajak penghasilan, dan sebagainya. Sedang untuk pemasukannya dari sewa penggunaan gedung sekaligus segala peralatan atau fasilitas yang ada di dalamnya. Dari situ hendaknya di sesuaikan antara jumlah pemasukan dan pengeluaran. Harus lebih besar pemasukan, sebab kita mengejar untung.

3. Lengkapi dengan fasilitas tambahan
Kadangkala ditemukan sebuah gedung yang minim fasilitas. Untuk kamar mandi atau WC tak ada. Sound system sangat sederhana dan bahkan macet. Lampu tidak terang alias ala kadarnya saja. Serta tidak adanya AC di dalamnya. Hal semacam itu tidak boleh terdapat dalam gedung yang akan anda sewakan. Bisa menjadi kalah bersaing dengan orang lain nantinya. Setelah fasilitas standar terpenuhi, tambahkan fasilitas lainnya. Dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penyewa. Contoh fasilitas tambahan itu antara lain: parkir luas dan gratis, taman di luar gedung, LCD projektor berikut operatornya, sound system bagus, catering, dan sebagainya. Meja dan kursi pun sebaiknya sudah tersedia lengkap. Tinggal menata saja kalau sudah ingin dimanfaatkan. Tentu semua fasilitas itu akan menunjang jalannya usaha sewa gedung. Tidak lupa juga untuk membuat fasilitas parkir kendaraan yang luas dan nyaman. Kita tahu bahwa pada saat ini banyak orang yang sudah menggunakan kendaraan pribadi ketika menghadiri suatu acara.

4. Lakukan promosi
Ini yang tak boleh ditinggalkan. Bisa dengan memasang spanduk di tempat yang strategis, menyebarkan brosur, pasang iklan di media cetak, atau yang kini terkini adalah dengan menggunakan media internet. Untuk yang memakai media online kini kayaknya lebih efektif. Dengan jejaring sosial seperti facebook dan twitter saja, kita bisa menjaring banyak orang. Apalagi bila kita meningkatkan intensitasnya. Tentu akan lebih efektif lagi.

5. Keamanan terjamin
Gedung harus dalam kondisi aman. Tak boleh ada kasus kehilangan barang atau apa pun. Maka menggunakan petugas keamanan di gedung merupakan hal yang mutlak. Ini agar kenyamanan konsumen benar-benar terjaga. Sehingga tak ada perasaan was was ketika mengikuti sebuah acara di gedung. Siapa saja akhirnya akan betah untuk memasuki gedung seperti itu.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk kami sampaikan. Yang tidak boleh lupa pula yakni untuk memasang tarif sewa tak mahal. Sebaiknya terjangkau ke seluruh lapisan masyarakat luas. Hal tersebut akan memperluas pasar kita. Akhirnya, semoga artikel di atas memberi manfaat kepada anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bisnis Sewa Gedung Yang Menggiurkan