Peluang Usaha Warnet Yang Menggiurkan

Usaha Warnet Yang Menggiurkan
Peluang usaha warnet yang menggiurkan dan menguntungkan memang sangat perlu untuk kita pelajari. Teknologi selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Melihat kondisi beberapa puluh tahun silam, saat ini komunikasi antar manusia selalu mengalami kemajuan yang luar biasa. Dahulu hanya menggunakan telepon rumah kini telah berubah menggunakan telepon genggam atau handphone. Masih teringat di kala menjamurnya usaha wartel dimana mana. Setiap penjuru selalu mudah ditemui adanya papan nama usaha wartel.

Dalam perjalanannya, kini komunikasi telah menggunakan telepon genggam atau handphone dan berkembang kini dengan adanya smartphone. Muncul pula teknologi internet yang cepat sekali berkembang di masyarakat. Bahkan internet kini sudah sangat akrab di masyarakat. Pada masa seperti saat ini, penggunaan laptop, netbook, smartphone, sudah meluas sampai anak-anak yang masih kecil.  Meskipun para penggunanya tetap didominasi usia remaja ke atas. Umumnya internet digunakan sebagai media akses data, hiburan, pendidikan, dan bisnis online. Dalam memenuhi kebutuhan akses data tersebut, peralatan personal computer, laptop, netbok, dan smartphone sangat penting. Akan tetapi, untuk mendapatkan akses data internet baik upload maupun download umumnya harus pergi ke sebuah warung internet (warnet). Tak jarang yang melewatkan waktunya duduk di warnet selama berjam-jam. Bagi yang membawa laptop atau netbok pun bisa memanfaatkan teknologi wifi. Kemudian disambungkan dengan hotspot milik penyedia jasa warnet. Ada pula yang rela nongkrong di area kampus, perkantoran, atau sekolah untuk mengakses internet.

Dengan realitas tersebut menjadi alasan untuk kita mencoba mendalami usaha warnet yang menggiurkan ini. Untuk langkah awal yang bisa kita ambil adalah dengan terlebih dulu mencari tahu seluk beluk bisnis tersebut. Ada kategori maupun target yang harus diketahui. Kali ini, setidaknya ada tiga kategori dari warung internet. Ada yang bergerak dalam browsing serta download, ada pula yang memfokuskan pada game online. Selain ada pula yang memadukan keduanya. Perlu dipahami, untuk komputer yang memfokuskan pada browsing-download dan yang khusus game online memiliki spesifikasi yang berbeda. Khusus untuk yang dipakai browsing, modal untuk membeli perangkat komputernya lebih murah dari pada yang dipakai untuk komputer game online. Spesifikasi untuk komputer khusus game online memang kelas menengah dan atas. Dan spesifikasinya pun perlu terupdate dari waktu ke waktu sehingga bisa menjalankan jenis game yang paling baru. Memilih kategori tertentu amat disesuaikan dengan pasar yang akan kita target. Apakah para pengguna informasi yang suka browsing dan download atau penggemar game online. Boleh juga dengan memadukan keduanya. Semuanya memiliki keuntungan maupun kelebihan masing-masing.

Untuk langkah berikutnya yakni dengan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Pertama menentukan tempat kita mau membuka warnet. Ini pun perlu pemikiran tersendiri. Lokasi yang strategis menjadi prasyarat utama. Usaha di bidang jasa seperti warnet ini memerlukan tempat yang bisa di akses oleh banyak orang. Semakin ramai lokasi tersebut maka akan semakin baik karena peluang orang menggunakan jasa warnet pun akan besar pula. Kalau kita mendirikan warnet di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian maka sangat mungkin usaha kita akan cepat berakhir alias tamat. Sebabnya tidak ada orang yang menggunakan jasa warnet kita. Apabila tempat tinggal kita kebetulan sudah di lokasi yang ramai maka sangatlah menguntungkan sekali untuk menggunakannya sebagai tempat usaha. Tetapi, bila tidak maka perlu untuk menyewa di tempat yang lebih ramai. Ciri khas ramai ini ada beberapa hal, setidaknya dengan lokasi yang dekat jalan dimana banyak orang berkendara berlalu lalang. Akan lebih bagus lagi jika dekat dengan lokasi kampus atau sekolah yang ramai. Ini potensial sekali sebagai calon pengguna jasa warnet kita. Meski harus menyewa, kami yakin itu tidaklah mengapa. Sebab dengan banyaknya pengguna jasa warnet kita, pemasukan pun akan semakin banyak sehingga akan semakin cepat pula pengembalian modal. Biaya sewa tempat pun akan segera bisa tertutup. Untuk lebih detailnya kita bisa menggunakan perhitungan di atas kertas atau kalkulator.

Tempat warnet pun hendaknya dibuat senyaman mungkin. Kenyamanan dan keamanan tempat usaha warnet juga mesti diperhatikan. Ruangan yang nyaman menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen atau pengunjung warnet. Bila memungkinkan dibuat desain interior yang bagus. Fasilitas parkir pun sebaiknya juga diusahakan bisa diberi atap sehingga kendaraan yang terparkir terlindung ketika ada hujan atau sengatan panas matahari. Masalah tempat parkir kendaraan menjadi hal yang mendukung kenyamanan para konsumen. Ada saja cerita seorang yang hendak ke sebuah tempat warnet tidak jadi disebabkan tidak adanya tempat parkir. Orang tersebut amat sayang dengan mobil dan sepeda motornya.

Setidaknya, ukuran nyaman itu ialah semakin betah pengunjung di warnet maka semakin baguslah itu. Keamanan juga penting sekali. Baik di dalam maupun di luar ruangan. Namun, yang paling terasa ialah ketika di luar ruangan. Misal pada tempat parkir sepeda motor atau mobil tidak pernah terjadi pencurian. Helm atau jaket juga aman saja, tak perlu dibawa masuk ke ruangan hanya untuk menjaga jangan sampai hilang diambil orang.

Perangkat komputer hendaknya pula disiapkan sedemikian rupa. Peralatan seperti CPU, monitor, sound system, speaker atau headset, komputer billing, meja komputer, printer, scanner, berbagai macam software, AC, tempat duduk, etalase, dan laun-lainnya agar segera diadakan. Membeli perlengkapan seperti di atas hendaknya memilih yang berkualitas. Sebisa pula untuk yang harganya terjangkau serta tidak terlalu mahal sehingga tidak memberatkan anggaran modal kita.

Yang tidak boleh lupa juga adalah listrik. Komputer, AC, dan peralatan elektronik lainnya bisa berjalan bila menggunakan energi listrik yang cukup. Maka keberadaanya perlu untuk diperhitungkan sedemikian rupa. Kita harus memasang listrik dengan daya yang cukup. Kita perlu memperhitungkan berapa daya listrik yang diperlukan. Jangan sampai terjadi nanti listrik padam karena tidak kuat. Saat para pengguna warnet sedang asyiknya berselancar di dunia maya tetapi listrik padam maka ini akan mengecewakan mereka. Maka masalah daya listrik ini perlu menjadi perhatian utama kita. Dalam perjalanan usaha, perlu juga nanti memperlakukan penghematan energi listrik. Ketika komputer tidak dipakai, sebaiknya dimatikan saja. Kemudian tentukan juga provider jaringan internet yang akan kita gunakan. Pilih provider yang bagus. Kecepatan, kualitas, dan biayanya menjadi bahan pertimbangan sebelum kita memilihnya. Pastikan sesuai dengan kategori dan anggaran yang dimiliki.

Perijinan resmi pun hendaknya pula dimiliki. Jangan sampai persoalan ini tidak dipenuhi sehingga ke depan akan menjadi kendala dalam perjalanan usaha kita nanti. Selain itu, hubungan baik dengan lingkungan tempat usaha pun harus dibangun. Lingkungan sebaiknya mendukung usaha warnet yang kita bangun. Maka, membangun komunikasi kepada masyarakat merupakan langkah terbaik yang harus kita lakukan.

Nah, sekarang keputusan ada di tangan anda. Mulai menjalankan usaha warnet ini atau menunda nanti. Apa saja yang kami uraikan di atas diharapkan memberikan manfaat yang banyak kepada anda semua. Peluang usaha apa saja akan menjadi gerbang kita untuk sukses bila kita mau menekuninya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Warnet Yang Menggiurkan