Peluang Usaha Bisnis Sewa Lapangan Futsal

Bisnis Sewa Lapangan Futsal
Peluang usaha bisnis sewa lapangan futsal bisa kita pilih untuk saat ini. Semua orang selalu ingin hidupnya sehat dan bugar. Selalu bisa beraktivitas setiap hari dengan lancar tanpa halangan apa pun. Dalam segala urusan pun juga ingin untuk sukses. Untuk meningkatkan derajat kesehatan maka olah raga merupakan cara yang tepat. Meskipun ada cara lain yang juga penting untuk dilakukan seperti makanan bergizi, berpikir positif, dan istirahat yang cukup. Semua saling berhubungan dan sangat penting untuk selalu dikerjakan dalam kehidupan nyata. Siapa pun dari kita mesti melakukannya.

Salah satu bagian hidup yang tak bisa ditinggalkan adalah olah raga. Banyak sekali macamnya dari olah raga yang ringan sampai berat. Dari yang mudah sampai yang memerlukan keahlian khusus. Tapi kali kita tidak akan menjelaskan hal itu hingga begitu panjang lebar. Dalam kesempatan lainnya saja mungkin. Memang pada kenyataannya dalam berolah raga ada banyak hal yang menjadi permasalahan. Pada hakikatnya memang tujuan berolah raga ialah agar tubuh menjadi tetap sehat dan bugar. Namun, beberapa macam cabang olah raga memerlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk bisa melakukannya.

Salah satu cabang olah raga yang memerlukan sarana berupa lapangan khusus yakni futsal. Pada saat ini kita akan membahasnya lebih jauh sebab olah raga futsal tersebut kini begitu menggeliat. Banyak sekali orang yang hobi dengan olah raga yang satu ini. Di mana-mana mudah kita temui lapangan futsal. Memang standarnya untuk melakukan olah raga yang mirip dengan sepak bola ini di sebuah tempat khusus. Olah raga Futsal di Indonesia semakin hari semakin digemari masyarakat Indonesia.

Seperti kita ketahui bahwa lapangan sepak bola yang ada di Indonesia semakin hari semakin berkurang sedangkan minat masyarakat dengan olah raga bola semakin meningkat. Kondisi hal itu berakibat terjadinya kesenjangan antara demand dan supply olahraga sepak bola. Ada alternatif lainnya yang ada. Olah raga futsal hadir untuk menjembatani kesenjangan tersebut, belakangan ini olahraga ini booming di tanah air dan memberikan keuntungan bagi mereka yang berada di bisnis ini sebagai pelaku Bisnis Futsal. Lapangan futsal ialah tempatnya bermain. Sebuah lapangan yang berukuran 16 x 26 meter = 416 meter. Ukuran tersebut diambil dari ukuran jaring ke jaring, dan untuk ukuran area main efektif 15 x 25 meter = 375 meter. Biasanya, anak sekolah sering menggunakan lapangan ini untuk bertanding antar teman atau malah antar sekolah yang ada. Kadang juga instansi pemerintah dan swasta memakainya untuk olah raga. Masyarakat umum juga tidak ketinggalan.

Dari beberapa kondisi di atas, akan lebih baik bila kita menilik lebih jauh bisnis yang berkaitan dengan olah raga, khususnya futsal ini. Sebelum bisnis ini dijalankan, tentu kita harus memiliki lapangan itu sendiri. Jangan lupa lapangan futsal terletak di dalam gedung umumnya. Kalau yang jenis out door atau luar gedung penggunaanya kurang maksimal. Hanya untuk siang hari saja. Lain dengan yang di dalam gedung. Jadi, akan lebih baik memilih yang tidak terbuka seperti lapangan sepak bola pada umumnya.

Untuk langkah awal, dalam membangun gedung sekaligus lapangan futsal ini, sebaiknya mengetahui hal-hal berikut ini :
- Memilih jenis lantai yang digunakan.
Ada beberapa jenis lantai, yakni lantai karpet rumput sintetis, lantai karpet vinyl, dan lantai karpet interlocking. Silakan dipilih salah satunya. Mana yang cocok untuk Anda.

- Tipe tipe bangunan futsal beserta perkiraan biayanya.
Pada dasarnya, lapangan futsal terbagi menjadi 2 jenis yakni in door dan out door. Meskipun biaya membangun lapangan out door lebih murah, namun untuk bisnis saya kira kurang maksimal hasilnya. Sehingga disarankan memilih tipe in door saja.

- Lighting/ penerangan lapangan futsal
Penerangan dalam hal ini ialah lampu yang digunakan untuk menerangi lapangan futsal. Ada dua macam lampu yakni lampu sorot dan lampu keong. Semua bagus dan bisa dipilih.

Menjadi sesuatu yang perlu untuk kita sadari bahwa sistem pencarian keuntungan dari bisnis lapangan futsal ini adalah persewaan. Artinya kita menyewakan lapangan futsal. Dalam beberapa jam atau hitungan waktu tertentu para pemakai disuruh membayar sejumlah uang. Itulah sumber utama pendapatan kita. Selanjutnya, untuk memulai usaha bisnis lapangan futsal ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan adalah:
1. Memilih lokasi yang pas
Tempat juga sangat menentukan dalam meraih hasil yang maksimal dari bisnis ini. Dengan tempat yang strategis maka bisa kita memperoleh banyak sekali pelanggan atau konsumen. Otomatis hasilnya keuntungan pun akan naik.

2. Membuat tempat yang nyaman dipakai futsal
Sebaik mungkin lapangan kita nyaman ketika orang ada di dalamnya. Ini berkaitan dalam pembangunan dan perawatan gedung. Dengan kenyamanan, orang yang berada di dalamnya bisa betah dalam waktu yang cukup lama. Sirkulasi udara yang benar sebagai contohnya. Tata tempat yang rapi juga berpengaruh sekali. Keamanan hendaknya juga diperhatikan. Sehingga janganlah sampai terjadi kehilangan barang di tempat usaha kita. Ini tentu mengganggu para konsumen.

3. Sediakan fasilitas pendukung
Adanya minuman dari berbagai merk sesuai kesukaan pelanggan dan makanan ringan menjadi hal yang penting untuk diadakan. Ketika para pemain merasa haus maka langsung saja ambil minuman di tempat kita. Mereka pun tentu akan merasa sendang dengan hal itu. Tak perlu repot-repot untuk keluar area lapangan. Demikian juga untuk para suporter. Mereka juga bisa mendapatkan minum dan makanan ringan di tempat tersebut. Para suporter ini kadang juga lelah karena berteriak-teriak mendukung pemain pendukungnya. Adanya televisi juga perlu. Dengannya orang bisa menonton berita atau acara yang disukai saat menunggu pertandingan atau ketika sedang istirahat. Maklum tidak sedikit yang punya hobi menonton televisi. Demikian pula majalah yang berkaitan dengan olah raga khususnya futsal. Media seperti itu akan mendukung sekali. Orang akan amat betah di lapangan futsal.

4. Promosikan dulu
Setelah semua siap, maka segera dipromosikan lapangan kita itu. Sehingga akan lebih banyak orang yang tahu. Berikan promosi yang menarik. Untuk di awal mungkin kita perlu memasang baner di beberapa titik lokasi yang ramai tentang hadirnya lapangan futsal. Agar lebih menarik lagi, berikan harga sewa yang murah untuk di awal.

5. Pelayanan yang memuaskan
Hal ini sangatlah urgen sekali. Sikap ramah, sopan, dan jujur kita menjadi nilai tambah yang disukai oleh banyak orang. Kadang terjadi meskipun fasilitas sudah mewah dan bagus sekali, tapi kalau pelayanannya kurang baik maka tidak akan disukai para konsumen.

6. Melakukan kerjasama dengan pihak lain
Bisnis memang sangat erat dengan kerjasama usaha. Para pengusaha kadang perlu tempat untuk mengiklankan produknya. Dengan adanya lapangan futsal mereka bisa beriklan memasang nama dan gambar produknya di lapangan kita. Hal tersebut bisa menambah jumlah pendapatan kita. Semakin banyak iklan di lapangan futsal maka semakin baik untuk usaha kita.

Nah, itulah beberapa hal yang meski kita perhatikan dalam peluang usaha lapangan futsal ini. Semoga apa yang kita sampaikan bermanfaat sekali untuk anda semua. Jangan lupa untuk berbagi kepada sesama ketika nanti telah sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bisnis Sewa Lapangan Futsal