Peluang Usaha Sewa Tanaman Hias

Usaha Sewa Tanaman Hias
Peluang usaha sewa tanaman hias begitu menggiurkan keuntungannya. Hidup manusia memang selalu menghendaki kesenangan dan keindahan. Tak ayal terkadang sebagian dari penghasilan atau gajinya dikeluarkan untuk kegiatan yang memberikan kesenangan. Banyak orang pun juga mengeluarkan anggaran pribadi untuk mendapatkan keindahan dalam kehidupannya. Suasana hati yang kadang kurang enak atau lagi murung amat memerlukan keindahan di pandangan matanya. Banyak sekali bentuk-bentuk yang mendatangkan suasana keindahan itu. Pemandangan indah sebetulnya bisa dihadirkan di depan mata kita. Kalau pun harus mengeluarkan uang untuk itu tetap saja tidak masalah. Asalkan apa yang ingin dilakukan bisa tercapai. Dalam hal ini mengenai keindahan tersebut.

Salah satu hal yang membuat suasana indah ialah tanaman hias. Sebuah tanaman yang keberadaannya khusus untuk dilihat keindahannya. Bukan diambil buah, daun, pohon, atau pun akarnya. Memang pada umumnya orang menanam sebuah pohon itu yang paling diharapkan ialah hasil dari buahnya. Misalnya saja ada yang menanam pohon mangga. Pada niatan di hatinya ada harapan nanti pohon tersebut dapat dipanen buahnya yang manis dan banyak jumlahnya. Ada pula yang menanam pohon dengan tujuan mendapatkan batangnya. Contohnya orang menanam pohon jati. Tetapi berbeda dengan tanaman hias. Seorang yang memiliki tanaman ini yang dicari ialah segi keindahannya. Ukuran tanamannya memang relatif kecil dan ditaruh di atas pot. Bentuk potnya pun bervariasi dan umumnya bagus bentuknya. Namun, dari hari ke hari semakin banyak orang yang mencari tanaman hias ini. Yang menjadi penggemar dari berbagai tanaman hias ini pun begitu banyak. Terbukti dengan banyaknya orang yang mencari atau ngobrol dengan tema tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias antara lain: tanaman palem, kaca piring, pandan bali, pisang kipas, bougenvile, anturium, jamaika, lavender inggris, dan wali songo. Selain itu sebetulnya masih banyak lagi jenis tanaman hias yang tidak disebutkan di sini.

Seseorang yang memiliki koleksi tanaman hias akan begitu menyenangkan, apalagi bila koleksi yang dimiliki banyak jumlahnya serta jenisnya. Tidak hanya sekedar hobi menurut hemat kami. Untuk saat ini memiliki koleksi tanaman hias yang beraneka ternyata cukup lumayan menghasilkan uang. Ini bila kita memiliki pemikiran untuk memiliki suatu usaha. Jenis bisnis yang dimaksud adalah sewa tanaman hias. Akhir-akhir ini banyak yang sudah mulai terjun ke dalam usaha rental tanaman hias tersebut. Tentunya anda tidak ingin ketinggalan bukan?

Berbagai tempat seperti hotel, apartemen, gedung bertingkat, perkantoran, dan intansi pemerintah memerlukan tanaman hias sebagai kebutuhan. Tak bisa dipungkiri kebutuhan akan hiasan ruangan dengan menggunakan tanaman hias tersebut. Melihat di sekeliling kita, terutama bagi kita yang kebetulan hidup di daerah perkotaan, banyak perkantoran, universitas, mal, dan gedung-gedung lain, tentunya membutuhkan sekali yang nama hiasan. Ini dilakukan sebagai upaya agar lingkungan di dalam kantor mereka tampak indah. Serta supaya begitu terlihat asri juga. Biasanya dipilih tanaman hias yang berukuran kecil untuk ditempatkan pada ruangan atau di berbagai sudut dalam gedung. Tanaman hias juga dijadikan sebagai dekorasi tata ruang agar terasa lebih alami dan hidup. Maka satu cara yang bisa dan cocok untuk dilakukan ialah dengan menyewa tanaman hias. Dengan menyewa tanaman dapat menjadi alternatif bagi mereka para pengelola gedung, hotel, perkantoran, dan lain-lain untuk meminimalisir biaya perawatan dan biaya lainnya yang kadang begitu cukup merepotkan. Menyewa tanaman hias menjadi cara praktis dalam menyediakan tanaman hias.

Oleh sebab itu, menyewa tanaman hias dirasa lebih efektif karena setiap dalam jangka waktu tertentu tanaman tersebut akan diambil serta diganti untuk di rawat kembali. Selain itu diberi pupuk agar tanaman hias menjadi selalu sehat kembali. Hal ini tak akan memunculkan rasa khawatir bahwa tanaman akan mati. Perawatan terhadap semua tanaman hias mesti dilakukan. Jangan sampai ada tanaman yang layu. Kalau sebuah tanaman hias menjadi layu maka tidak menjadi indah lagi tanaman tersebut. Dan tugas perawatan itu sudah ditangani dengan baik oleh orang yang menyewakan. Tentu para pengguna jasa sewa  sangat senang karena ia bisa menikmati keindahan tanaman hias secara terus menerus. Tanpa harus berpikir untuk merawat tanaman tersebut.

Beberapa uraian di atas seharusnya sudah bisa menjadi alasan tepat untuk menjadikan rental tanaman hias sebagai peluang usaha yang cukup bagus. Kita harus sesegera mungkin menangkap peluang ini. Sehingga kita bisa mendapat keuntungan yang banyak. Sekaligus mendapat usaha baru yang memberikan pasive income yang cukup lumayan.
tanaman hias

Untuk memulai usaha sewa tanaman hias ini tidaklah begitu sulit. Pertama, kita harus berniat betul. Di dalam hati kita perlu ditanamkan niat yang kuat untuk memulai usaha sewa tanaman hias. Benar-benar harus ada niatan serius mengurusi usaha sewa ini. Hingga pada akhirnya kita akan mendulang sukses yang luar biasa. Yakin adalah sebuah keniscayaan yang tak boleh dilupakan. Dari keyakinan ini maka akan memudahkan kita meraih impian. Kedua, kita sebaiknya belajar merawat tanaman terlebih dahulu. Mengetahui karakteristik berbagai tanaman hias yang dimiliki merupakan keharusan. Kompetensi ini hendaknya bisa dikuasai. Tidaklah sulit mencapainya. Kita bisa belajar kepada orang yang telah senior serta berpengalaman. Dapat pula kepada buku yang terjual bebas. Sesudah menguasainya, selanjutnya berikan ilmu itu kepada para calon pegawai kita. Latih mereka sehingga mahir juga seperti kita. Setiap tanaman mempunyai cara tersendiri dalam merawatnya, dan untuk itu kita harus jeli membedakannya.

Ketiga, sediakan berbagai tanaman hias. Sebaiknya memiliki banyak stok jenis  tananam tersebut. Ini untuk menjaga supaya ketika ada permintaan sewa beberapa jenis tanaman hias maka kita bisa dengan mudah menyediakannya. Penyewa atau pelanggan pun akan merasa senang dan tidak akan muncul rasa kekecewaan. Kita perlu berusaha sekuat tenaga untuk menyediakan berbagai macam tanaman hias tersebut. Kita bisa melakukan kerjasama dengan pengusaha sewa tanaman hias lainnya. Tatkala kita memerlukan beberapa item tanaman hias yang tidak dimiliki maka kita bisa menggunakan tanaman hias rekan usaha. Mereka yang kita ajak kerjasama juga perlu kita berikan imbalan sepantasnya. Jadi, yang namanya kerjasama tentu mesti saling menguntungkan.

Keempat, pasanglah tarif yang terjangkau. Harga sewa janganlah terlalu mahal. Sebaiknya dibuat semurah mungkin namun tetap menghasilkan keuntungan yang cukup. Tambahkan diskon maupun harga khusus kepada para pelanggan setia. Kelima, aturlah keuangan serapi mungkin. Usaha yang dibangun tiada lain untuk mendulang sebesar-besarnya keuntungan berupa uang. Maka berbagai usaha-usaha dilakukan untuk itu. Mengelola keuangan dengan baik sangatlah penting sekali. Jangan sampai terjadi kita mendapat banyak keuntungan dari usaha sewa tanaman hias ini namun tidak berbekas sama sekali. Kita tidak memiliki uang yang cukup padahal banyak transaksi yang telah dilakukan. Ini sama halnya dengan usaha yang merugi. Maka manajemen keuangan harus dirapikan. Harus jelas mana uang untuk usaha dan mana uang pribadi. Kedua jenis uang tersebut tidak boleh dicampur. Antara uang untuk usaha dan pribadi harus dipisah.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu kita persiapkan adalah usaha sewa tanaman hias ini. Dengan semangat sekaligus berdoa kepada yang Maha Kuasa, diharapkan sukses akan diraih. Semoga artikel di atas memberikan manfaat yang banyak kepada anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sewa Tanaman Hias