Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang Sangat Prospektif

Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

Peluang usaha air minum isi ulang sangat prospektif. Saat ini geliat usaha tersebut begitu terlihat sekali. Dilatarbelakangi trend masyarakat yang sibuk dengan aneka aktivitas sehari-hari. Sehingga memasak air pun kini menjadi kegiatan yang jarang dilakukan. Mereka lebih memilih untuk mencari alternatif yang lebih praktis dalam menyediakan air minum. Biaya yang dikeluarkan pun tidak besar dan amat terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Sehingga pantaslah jika sekarang ini begitu berkembang.

Para pengusaha kecil menengah hingga yang besar pun menangkap puluang ini. Berbondong-bondong terjun ke dalam bidang tersebut. Tak sedikit yang meraup keuntungan yang cukup lumayan. Tentu hal ini mengndang banyak orang untuk ikut serta mencoba dan menekuni usaha tersebut. Mengharapkan menjadi pengusaha sukses di bidang air minum isi ulang.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan mereka yang akan terjun ke bidang tersebut. Silakan menyimakanya dengan baik.

1. Miliki Keyakinan Untuk Sukses
Harus yakin dan kuat tekad kita untuk sukses. Tak perlu ragu dalam melangkahkan kaki kita. Bila masih punya keraguan maka lebih baik berhenti dulu untuk memikirkan apa yang membuat ragu tersebut. Setelah ada solusi dan keraguan hilang, maka maju dan kuatkanlah niat kita. Siaplah pula menghadapi segala tantangan yang munkin ada. Baik yang sudah terduga maupun tidak terduga sama sekali. Semua akan menjadikan lebih dewasa kita.

2. Pelajari Market serta Lokasi Usaha
Tak bisa disangkal setiap manusia memerlukan air minum. Entah dimana saja ia tinggal. Umumnya direbus airnya hingga mendidih sebelum diminum. Pada kondisi masyarakat sibuk seperti di perkotaan, biasanya lebih memilih untuk beli air minum isi ulang atau galon. Tetapi di daerah pedesaan sekarang juga sudah mulai menjamur usaha tersebut. Harus dipelajari pulannsebelumnya tentang kondisi masyarakat setempat atau lokasi yang akan kita pilih untuk usaha air minum isi ulang milik kita. Bagaimana tingkat konsumsi terhadap air minum isi ulang ini.

3. Pelajari Sistem Pemasaran dan Penjualannya
Pemasaran merupakan ujung tombak dari keuntungan. Anggapan yang betul sekali. Kita bisa belajar cara pemasaran maupun penjualan yang sekarang ini dilakukan oleh para pemain usaha air minum isi ulang yang ada. Terutama kepada mereka yang telah menekuni usaha ini dalam jangka waktu yang lama serta sudah sukses. Kita bisa mencontoh mereka. Akan lebih baik lagi bila ada inovasi dan kreatifitas dari kita. Orang sering juga mengatakan sistem ATM atau amati tiru modifikasi.

4. Lihatlah Para Pesaing
Meski kita sudah berniat bulat untuk membuak usaha isi ulang air minum, tapi kita juga harus berpikir pula tentang pesaing yang ada. Hendaknya mengetahui berapa harganya, armada sales, biaya pengiriman, promosi, bonus, kualitas UV/ RO , dan beberapa hal yang perlu diketahui. Boleh dengan mewawancarai beberapa pemain pasar atau bisa pula dengan bertanya langsung kepada masyarakat di sekitar. Akan semakin bagus bila kita memiliki data yang lengkap betul. Keputusan dalam berbisnis akan ditentukan oleh data yang kita punyai.

5. Susunlah Strategi Penjualan Yang Bagus
Untuk mendapatkan target penjualan yang bagus, maka perlu memiliki cara yang tepat. Baik dalam pengelolaan uang, menjalankan usaha bahkan sampai cara menjual barang ini hingga sampai ke konsumen. Bagaimana agar efisien terhadap segala biaya dan sumber daya manusia dalam pelaksanaanya juga penting dipelajari. Kurang tepat bila hanya mengandalkan coba-coba saja. Akan lebih cepat balik modal maka akan semakin bagus. Inilah perlu dipikirkan strategi yang tepat.

6. Tetaplah Fokus dalam Usaha Ini
Mendirikan usaha kadang lebih mudah dari pada merawat perjalanannya. Harus diluangkan waktu yang tidak sedikit untuk menjalankan usaha ini. Apalagi bila masih dalam taraf perintisan. Maka harus full betul supaya hidup dan jalannya lancar usaha kita tersebut. Memang tidak seterusnya kita harus meluangkan waktu yang banyak. Bila sudah lancar maka bisa bersantai. Juga dapat kita limpahkan kepada manajemen yang dimiki. 

7. Pastikan Produk Kita Berkualitas
Air minum itu merupakan kebutuhan pokok manusia. Maka konsumsi terhadap air minum pun juga selama hidup manusia. Memilih air yang memiliki kualitas bagus merupakan pilihan yang tepat. Barang yang berkualitas pasti akan dicari oleh konsumen. Sangat tidak disarankan bila memilih produk yang buruk kualitasnya. Jangan sampai mengecewakan para pelanggan sehingga menjadikan mereka lari ke tempat lain. Tentu malah merugikan kalau hal itu terjadi. Sekali lagi berilah kepuasan kepada mereka. Harga pun akan bersesuaian dengan kualitas air tersebut.

8. Ketahui dan Milikilah Kelebihan
Setiap pengusaha pasti punya kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh pihak lain. Perlu sekali membangun kelebihan. Karena kelebihan itu bisa menjadi modal yang besar dalam usaha air minum isi ulang tersebut. Harus beda antara usaha kita dengan milik orang lain. Karena target kita adalah bisa masuk ke pasar air minum isi ulang tersebut. Bahkan kita mampu untuk menyaingi pengusaha yang lebih senior.

9. Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan
Boleh dikatakan bahwa pembeli itu seperti raja. Dalam hal ini kita harus membangun komunikasi yang terbaik kepada mereka semua. Bersikap santun dan sopan merupakan hal yang harusnya kita pedomani dalam melayani pelanggan.Berikan sikap yang lebih dari yang mereka harapkan. Dampak dari sikap tersebut akan terlihat dalam jangka panjang maupun pendek. Penjualan pun akan meningkat dari efek sikap ini. Ketika telah memperoleh pelanggan maka harus dijaga agar tetap seterusnya setia terhadap kita. Langkah-langkah strategis hendaklah selalu dilakukan. Misalnya, memberi bonus gratis satu kali setelah membeli lima kali. Semakin banyak pembeli maka potensi keuntungan akan lebih besar pula.

10. Lakukan Manajemen Yang Baik
Manajemen keuangan juga amat urgen atau penting. Ketika telah terjadi transaksi penjualan maka keuntungannya pun masuk ke kas keuangan kita. Inilah awal tugas mengelola keuangan. Harus tepat bagaimana mengaturnya. Ada uang untuk membeli barang lagi, keuntungan bersih, biaya promosi, beban penyusutan peralatan, dan sebagainya. Semua harus teratur dan rapi. Tak boleh untuk mencampurkan uang untuk perusahaan dengan pribadi.

11. Tambah dan Kuatkan Promosi
Promosikan dengan dengan menggunakan cara dan media yang tepat atau promosi yang baik akan mendongkrak nilai dan dan jumlah promosi. Buatlah iklan yang menarik perhatian. Perlu diketahui bahwa perusahaan yang telah besar itu menganggarkan biaya banyak untuk promosi. Sehingga kita pun hendaknya memperhatikan sekali kegiatan promosi ini. Bisa menggunakan spanduk, banner, pamflet, dan lainnya. Dapat pula untuk menggunakan internet seperti jejaring sosial seperti facebook atau twitter.

Begitulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk kiat bagaimana sukses di bisnis usaha air minum isi ulang ini. Langkah demi langkah hendaklah kita kerjakan. Semua yang di atas disebutkan ditambah dengan doa kepada yang Maha Kuasa akan mendorong kesuksesan. 

Semoga artikel ini memberikan gambaran lebih jelas tentang bisnis air minum isi ulang kepada semua pembaca. Kondisi ekonomi yang belum baik bisa kita perbaiki dengan berbisnis.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang Sangat Prospektif