Peluang Usaha Bengkel Sepeda Motor

Usaha Bengkel Sepeda Motor
Cara seseorang untuk dapat meraih kekayaan adalah dengan membuka suatu usaha. Ketika seseorang telah menemukan sebuah peluang usaha, cepatlah diambil peluang itu bila ingin sukses. Kesempatan memang kadang tidak datang kedua kali. Untuk selanjutnya, dalam perjalanannya memang perlu berbagai hal untuk menuju sebuah kesuksesan. 
Bila Anda jeli melihat peluang usaha saat ini, sebenarnya banyak sekali info usaha yang bisa kita ambil. Satu peluang usaha saat ini yang bagus adalah usaha bengkel sepeda motor. Peluang usaha bengkel sepeda motor merupakan bentuk bisnis jasa. Kita menjual jasa bengkel sepeda motor. Di depan mata kita telah menunggu keuntungan yang melimpah dari bisnis ini. Banyak hal yang melatarbelakangi mengapa harus mengambil peluang bisnis bengkel sepeda motor ini. Berikut alasan-alasan penting mengapa harus memulai usaha bengkel sepeda motor:
a. Bertambahnya jumlah sepeda motor dari tahun ke tahun
Sekitar tahun 80-90 an tahun yang lalu kalau kita mengingat kembali, di lingkungan kita atau wilayah kita, tidak terlalu banyak kita menemui sepeda motor. Hanya segelintir orang yang punya uang berlebih saja yang memiliki sepeda motor. Saat itu motor masih dianggap barang yang mahal.  Jenis atau merk sepeda motor pun tidak terlalu banyak. Sangat berbeda dengan keadaan saat ini, jalanan penuh dengan sepeda motor. Dalam satu rumah saja bisa kita temukan lebih dari satu sepeda motor. Lingkungan di tempat kita berada pun sudah banyak yang mempunyai sepeda motor.  Bermacam-macam merk pun bermunculan. Sepeda motor baru mempunyai tingkat kenyamanan lebih baik dari yang keluaran lama. Konsumen semakin dimanjakan.  Ada Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, Viar, Tossa, dan banyak lagi. Bahkan setiap hari ribuan motor baru keluar dari dealer. Memang saat ini, dengan kredit dan uang muka yang terjangkau, masyarakat umum relatif mudah untuk membeli sepeda motor baru. Dengan jumlah motor yang besar ini tentu, bengkel sepeda motor juga diperlukan dalam jumlah yang besar pula. Hal ini untuk perawatan sepeda motor tersebut.

Bengkel Sepeda Motor

b. Sebagian pemilik motor menginginkan sepeda motornya dimodifikasi
Sebagian besar adalah dari kalangan anak-anak muda yang menginginkan modifikasi ini. Mereka ingin motornya berbeda dengan lainnya. Bagian-bagian tertentu dari motor diubah sesuai keinginan mereka. Bahkan, walaupun tidak punya keahlian tentang permesinan sepeda motor, mereka berani membuka mesin untuk diubah sesuai keinginannya. Kadang pingin sepeda motornya dapat lebih kencang melebihi kecepatan biasanya. Tetapi, bisa jadi malah rusak mesinnya. Maklumlah anak muda. Untuk memodifikasi sepeda motor sebetulnya ada ahlinya bila ingin dapat hasil modifikasi yang bagus. Tidak bisa hal itu dilakukan sendirian oleh orang awam. Bengkel sepeda motor yang dapat melakukannya. Dengan banyaknya sepeda motor yang ingin dimodifikasi, tentu juga akan membutuhkan banyak bengkel untuk melakukannya. Tentu ini sebuah peluang usaha yang bagus sekali.

c. Sepeda motor keluaran terbaru  relatif rawan terjadi kerusakan
Entah karena memang kualitas mesin, besi, komponen atau apalah namanya, sepeda motor keluaran tahun-tahun yang baru memang relatif lebih rentan terjadi kerusakan dari pada sepeda motor tahun yang lama. Bodinya pun tidak seperti sepeda motor di zaman dahulu. Frekuensi penggunaan sepeda motor oleh pengguna  pun saat ini bertambah. Untuk jarak yang amat dekat pun mereka menggunakan sepeda motor. Padahal, bisa dijangkau dengan sekedar jalan kaki saja. Sepeda motor yang mengalami kerusakan tentunya akan dilarikan ke bengkel. Untuk segera diperbaiki bagian komponen yang mengalami kerusakan. Di sinilah adanya bengkel amat diperlukan. Bilamana banyak sepeda motor yang rusak tentu jumlah bengkelnya pun harus banyak. 

Dari beberapa alasan di atas, jadi mantap kan niat anda untuk memulai usaha bengkel sepeda motor? Sebelum langsung membuka usaha tersebut, ada baiknya kita memahami beberapa cara untuk memulai dan menjalankan usaha bengkel sepeda motor ini. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Niat yang membaja
Niat adalah permulaan dari semuanya. Milikilah niat yang kuat untuk sukses di usaha bengkel sepeda motor ini. Sekali-kali anda baca cerita orang-orang yang sukses. Atau bisa juga dengan mengikuti pelatihan motivasi. anda harus punya cita-cita untuk sukses di usaha yang sedang dirintis. Perlu dipahami bahwa cita-cita itu gratis. Catatlah cita-cita anda dan tulis besar-besar.
2. Modal yang cukup
Modal disini adalah berupa kemampuan dan juga keuangan untuk membeli peralatan dan juga sewa tempat bila memang belum punya tempat sendiri. Walaupun, anda punya karyawan. Tetap saja pengetahuan sepeda motor khususnya ilmu perbengkelan wajib untuk dimiliki. Selain itu, peralatan bengkel harus lengkap. Termasuk juga bengkel anda harus menyediakan spare part  atau suku cadang. Walau tidak sampai lengkap sekali, tetap saja disediakan. 
3. Pilih karyawan yang cakap.
Karyawan sangat penting untuk keberlangsungan usaha bengkel sepeda motor anda. Pilih karyawan yang memang ahli di perbengkelan sepeda motor. Selain itu, karyawan itu harus punya dedikasi yang tinggi. Punya sikap jujur, amanah, disiplin, taat beribadah, dan sikap positif lainnya.
4. Tentukan kekhususan usaha bengkel anda
Bengkel sepeda motor anda memang harus bisa menangani segala masalah mengenai sepeda motor, baik baru maupun yang keluaran tahun lama. Namun, ada baiknya bilamana anda memilih satu saja kekhususan dari bengkel motor anda. Apakah hanya menjadi bengkel modifikasi motor, bengkel reparasi, press body, dan lainnya. Atau bisa juga menjadi bengkel khusus motor honda, kawasaki, viar, yamaha, atau suzuki misalnya. Walaupun, anda telah memilih satu kekhususan, tetap saja bengkel harus bisa menangani masalah lainnya tentang sepeda motor.
5. Tentukan juga lokasi yang akan didirikan bengkel
Hendaknya memilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis akan menjadi pintu awal banyaknya pelanggan masuk ke bengkel sepeda motor anda. Ramai dan aksesnya mudah dijangkau adalah salah satu syaratnya. Paling tidak bengkel anda berada di pinggir jalan raya yang ramai.
6. Promosi dan pelayanan yang prima kepada pelanggan
Untuk tahap awal membuka bengkel sepeda motor, anda harus promosikan bengkel. Bagaimana orang tahu anda membuka bengkel bila tidak ada promosi? Banyak jalan sih untuk bisa promosi. Ada banner, spanduk, iklan di radio, selebaran, website, facebook, dan lain-lain. Paling tidak dipasang banner yang besar dan jelas di depan tempat bengkel sepeda motor anda. Pelayanan juga sangat penting untuk diutamakan. anda harus membangun kepercayaan terhadap pelanggan. Buatlah pelayanan yang baik jangan sampai terjadi pelanggan kecewa. Pelanggan yang sudah percaya maka  ia akan selalu setia dengan bengkel sepeda motor anda. 
7. Sedekah untuk kesuksesan anda
Sedekah diakui oleh berbagai agama apapun sebagai sebuah sarana menuju sukses. Jadi, sisihkan keuntungan untuk membantu orang lain, membiayai anak yatim, fakir-miskin, korban bencana alam, dan lain-lain.
Demikian beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuka usaha bengkel sepeda motor. Kami mengharapkan sedikit artikel di atas bermanfaat untuk anda. Semoga sukses selalu menyertai usaha bengkel sepeda motor yang anda buka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bengkel Sepeda Motor