Peluang Usaha Bisnis Catering

Peluang Usaha Bisnis Catering Menggiurkan
Peluang Usaha Bisnis Catering
Peluang usaha bisnis catering tetap memiliki masa depan yang bagus. Pada saat sekarang, orang-orang berusaha selalu ingin mendapat kemudahan dalam aktivitasnya. Semua ingin dibuat mudah, cepat, dan memuaskan. Maklumlah, kesibukan orang-orang pada saat ini jauh berbeda dengan pada zaman dahulu. Hampir tiap hari atau jam bahkan menit, sudah ada jadwal aktivitasnya masing-masing. Pergerakan atau perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat yang lain pun amat cepat. Misalnya, pada jam 7 pagi di Jakarta, jam 10 sudah ada di Surabaya ataupun sebaliknya. 
Kemudahan yang diinginkan banyak orang juga mencakup dalam aktivitas atau kegiatan besar mereka. Kegiatan yang melibatkan banyak orang. Taruhlah saja kegiatan pesta pernikahan, pesta khitanan, pesta syukuran, pesta pelepasan haji, pesta kelahiran anak ataupun pesta-pesta lainnya. Seringkali, orang yang mengadakan kegiatan pesta selalu mengundang banyak tamu. Jarang sekali sebuah pesta yang tidak dihadiri oleh banyak tamu. Untuk menjamu makanan dan minuman para tamu, biasanya pemilik hajat mengundang tetangga atau pun kerabat dekat untuk membantu menyiapkan dan mencukupkan segala sesuatunya. Dalam hal ini termasuk memasak untuk disajikan kepada para tamu.
Cara seperti, yakni mengundang tetangga atau kerabat dekat dalam menyiapkan masakan untuk disajikan ke para tamu, untuk kondisi sekarang mulai ditinggalkan. Salah satu faktor penyebabnya ialah kesibukan itu tadi. Tidak bisa disangkal bahwa para kerabat dekat dan tetangga kita pun kebanyakan sudah sibuk dengan urusannya masing-masing. Walaupun, kalau dimintai tolong mereka pun mau, akan tetapi rasanya tidak enak kalau mengganggu aktivitas mereka. Sebagian dari mereka pun ada pula yang mempunyai tugas penting dan tidak bisa ditinggalkan pada saat acara kita. Ada lagi yang harus mencari nafkah untuk kebutuhan mendesak keluarganya. Hasil masakan dari tetangga maupun kerabat dekat yang ikut membantu pun belum tentu menghasilkan masakan yang enak, sesuai harapan kita. Sebab kompetensi memasak belum tentu dimiliki oleh mereka. Maka itulah kita hendaknya memilih cara yang bijaksana. Walupun demikian, masih ada juga kita temui sebagian masyarakat yang mengundang kerabat dekat dan tetangga untuk membantu menyiapkan masakan untuk kegiatan pesta.
Alternatif yang digunakan adalah dengan memesan ke jasa catering dalam menyiapkan masakan untuk sajian nanti. Ini adalah cara mutakhir yang banyak orang melakukannya. Pemilik rumah hanya tinggal menyepakati menu dan harga dengan pihak catering. Setelah dirasa ada kesepakatan, tinggal pelaksanaannya. 
Kondisi seperti di atas, sebetulnya memunculkan sebuah ide untuk membuka peluang usaha tertentu. Peluang usaha yang dimaksud yaitu peluang usaha bisnis catering. Bisnis catering merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang pelayanan pemesanan makanan. Makanan dalam arti yang luas, tentunya. Berbagai lembaga, instansi, ataupun kantor ketika melakukan kegiatan besar tentunya juga akan memesan makanan kepada catering. Seiring dengan perkembangan zaman diikuti pula dengan prospek usaha ini yang semakin cerah saja. Berikut, ada beberapa hal penting sebagai fondasi dalam menjalankan usaha bisnis catering ini:
1. Milikilah niat yang kuat untuk menjadikan usaha cetering menjadi besar
Niat yang kuat akan mendorong diri kita untuk bekerja lebih giat lagi. Kekuatan dari dalam diri tidak boleh disepelekan. Inilah yang mampu menggerakkan segala potensi untuk fokus maju. Punyailah cita-cita bahwa usaha ini akan membawa kesuksesan. Niat yang membaja ini akan membangun sikap-sikap positif, seperti: disiplin, pantang menyerah, jujur, dan sebagainya.
2. Milikilah keahlian dalam memasak
Memasak memang inti dalam membuat sebuah makanan. Keahlian meracik bahan dan bumbu memang tidak dimiliki oleh setiap orang. Rasa dari masakan merupakan point penting dalam merebut Peluang Usaha Bisnis Catering. Anda memang disarankan mempunyai keahlian memasak ketika melaksanakan usaha bisnis catering. Sekali lagi rasa memang begitu menentukkan bisnis catering. Kalau belum mempunyai keahlian memasak ini, maka sebaiknya mencari ilmunya terlebih dahulu. Bila mana tidak memungkinkan untuk ahli dulu, maka Anda harus mencari tenaga kerja yang benar-benar ahli memasak. Tetapi, walau bagaimanapun Anda tetap harus memiliki kemampuan memasak walau sedikit, atau setidaknya pengetahuan memasak. 
3. Siapkan promosi yang bagus
Tempat usaha bisnis catering ini memang perlu memilih lokasi yang strategis. Tapi itu tidaklah mutlak. Cukup memilih lokasi usaha kita di daerah yang akan menjadi pangsa pasar atau dalam kota kita sendiri. Memakai sebagian ruang di rumah kita pun bisa sebetulnya, asalkan ruangan cukup luas atau sudah memenuhi syarat. Di depan rumah atau tempat usaha kita hendaknya dipasangi papan nama usaha bisnis catering. Ini akan membantu calon pelanggan menemukan tempat kita dan juga termasuk bagian dari promosi. Promosi memang amat penting. Bagaimanapun, promosi yang gencar dan bagus akan memunculkan calon-calon konsumen. Buatlah penawaran kepada banyak orang atau instansi. Bisa melalui proposal, selembaran, brosur, plakat, banner, iklan di radio maupun media cetak seperti koran, dan media online internet yang kini mulai akrab di masyarakat. 
4. Tetapkan harga yang bersaing
Pelanggan atau calon pelanggan biasanya juga akan melihat harga sebelum mereka memutuskan untuk memesan makanan dari catering anda. Harga yang mampu bersaing berpeluang untuk dapat memenangkan persaingan. Tidak disarankan untuk membuat harga yang mahal, meskipun nanti keuntungannya akan banyak. Harga yang mahal memang sekali dua kali menghasilkan keuntungan besar, namun setelah itu pelanggan kita akan lari ke tempat lain. Buatlah harga yang terjangkau ke seluruh lapisan masyarakat. Hal ini untuk memperluas pasar kita. Untuk pemesanan dengan jumlah yang besar, disarankan untuk memberi harga diskon. Bisa juga dengan memberikan bonus. 
5. Selalu menjaga pelayanan yang memuaskan
Setiap pelanggan pasti menginginkan selalu mendapat pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang dimaksud disini mencakup beberapa hal, diantaranya: sesuai menu yang dipesan, kualitas rasa masakan, dan tepat waktu pengiriman pesanan. Mulai dari awal, Anda harus membangun sebuah kepercayaan positif kepada siapa pun. Ketika seorang menyebut Anda atau pun nama usaha Anda, maka  kesan yang muncul adalah usaha bisnis catering yang memuaskan dan terpercaya. Ketika kepercayaan sudah terbangun maka untuk kemajuan usaha bisnis catering yang Anda kelola hanya tinggal menunggu waktu saja. Kesuksesan akan menunggu usaha Anda.

Usaha Bisnis Catering Menggiurkan

6. Mengembangkan usaha dengan kreatifitas
Harus diakui bahwa usaha bisnis catering memang harus selalu melakukan perbaikan-perbaikan dan pengembangan. Sebelumnya, manajemen usaha harus dikelola secara rapi terlebih dahulu. Uang masuk dan uang keluar harus tercatat rapi. Begitu juga kalau ada hutang piutang. Langkah selanjutnya, usaha bisnis catering ini harus selalu dikembangkan secara berkala. Sebagai contoh, untuk resep masakan harus juga mengikuti perkembangan, tidak resep yang itu-itu saja. Rasa juga diperbaiki kualitasnya. Kalau ada yang pesan berbentuk box, maka bisa juga diubah bentuk box yang lebih unik dan sederhana. Cara pembayaran bisa pula dipermudah melalui transfer bank, misalnya. Begitu pula dengan pemesanan, bisa lewat telpon. Namun, agar tetap berhati-hati jangan sampai terjadi penipuan. Sebagian keuntungan dari usaha kita pun harus disisihkan untuk tabungan. Suatu saat kita perlu dana untuk mengembangkan usaha, tinggal kita ambil saja dari tabungan itu. Sekali-kali jangan sampai dicampur antara uang pribadi dan uang milik usaha catering. Ini bisa berakibat buruk dalam pengelolaan keuangan kita nantinya.

Itulah beberapa hal yang penting kita perhatikan. Dalam perjalanan usaha bisnis catering ini nantinya, kadang ada beberapa hambatan. Tetaplah ulet dan pantang menyerah. Bagaimanapun sukses tidak diraih dengan bersantai-santai saja. Akan tetapi, sukses memerlukan kerja keras diri kita. Tak lupa pula untuk sering-sering berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Sedekah kepada mereka orang-orang yang memerlukan uluran tangan juga hendaknya dilakukan. Lihatlah orang-orang di sekitar tempat usaha kita. Barangkali ada yang perlu sekali bantuan dari sebagian hasil keuntungan usaha bisnis catering kita. Dengan sedekah tersebut, kita dapat membantu orang lain. Tentu saja Tuhan akan menolong pula usaha bisnis catering kita. Semoga artikel ini bermanfaat yang sebesar-besarnya untuk para pembaca yang berbahagia. Semoga sukses selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Bisnis Catering