Peluang Usaha Bisnis Online Bagi Pemula

Usaha Bisnis Online Bagi Pemula
Berbagai peluang usaha bisnis online bagi pemula menjadi hal yang sangat perlu kita ketahui. Zaman sekarang ini semuanya sudah serba online. Segala hal yang bisa dilakukan secara online maka segera berpindah ke cara tersebut. Metode konvensional dalam berbisnis tanpa menerapkan sistem online sudah berkurang. Semua pengusaha melirik ke sistem online dalam menjalankan usahanya. Dalam perkembangan teknologi informasi di era modern ini manusia sudah tak bisa lepas dari yang namanya internet. Untuk menerapkan sistem online dalam bentuk apa pun maka tidak bisa lepas dengan jaringan internet. Semua bidang kehidupan selalu berhubungan dengannya. Dari bidang pendidikan, ekonomi, budaya, komunikasi, dan sebagainya. Merupakan hal yang "wajib" untuk setiap orang mengenal dunia maya berupa internet itu. Sebuah kenyataan bahwa hampir semua aktivitas hidup manusia kini sudah serba online.

Berbagai tingkatan usia tidak menghalangi mereka mengenal teknologi informasi seperti internet ini. Bahkan anak-anak pun sekarang sudah akrab dengan teknologi informasi. Mereka sudah mulai browsing rentang pengetahuan apa pun yang sedang dicarinya. Terlebih lagi dengan maraknya dunia jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Banyak orang yang sudah mahir mengoperasikannya. Bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka sehari-hari. Hampir tak ada hari yang kosong dari membuka dan berhubungan dengan orang lain secara online. Banyaknya orang yang memili smartphone menambah semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi. Termasuk diantaranya penggunaan sistem online bagi berbagai bidang kehidupan.

Dalam perjalanannya, kini mulai bermunculan dan selalu bertambah orang yang menggunakan internet sebagai sarana berbisnis. Sering orang-orang mengenal hal itu sebagai bisnis online. Bisnis online sendiri merupakan sebuah segmen bisnis yang hanya dapat dijalankan jika menggunakan koneksi internet melalui berbagai media. Sampai saat ini memang sudah terdapat cukup banyak segmen bisnis online yang tersedia. Siapapun sebenarnya dapat menjalankan bisnis online ini.

Sebetulnya sebuah bisnis online sendiri adalah termasuk bisnis yang paling mudah dan tak membutuhkan investasi modal awal yang besar. Hal ini karena bisnis online sendiri dapat dijalankan hanya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seperti perangkat komputer, laptop, dan smartphone yang punya koneksi internet. Bila dijalankan dengan sungguh-sungguh dan ditekuni, dalam beberapa waktu akan nampak hasilnya. Ratusan ribu, jutaan, bahkan milyaran rupiah bisa kita peroleh dari bisnis online tersebut. Hanya saja memang untuk mendapatkan keuntungan yang begitu besar perlu usaha yang sungguh-sungguh. Perlu ketekunan dalam menjalankannya. Sebagaimana bisnis konvensional lainnya, bisnis online juga memiliki tantangan yang tidak sedikit. Namun, semua tantangan itu sebetulnya bisa menjadi pemacu kita yang terjun ke dalam bisnis online supaya lebih kreatif dan inovatif.

Bagi para pemula mungkin ada sedikit kebingungan. Bingung bagaimana cara memulai usaha di internet atau disebut bisnis online. Belum lagi kalau ada yang masih kurang familier dengan internet. Disarankan untuk mereka yang belum bisa menggunakan perangkat komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet supaya belajar terlebih dahulu. Waktu untuk belajar menggunakan komputer dan smartphone ini tidaklah memakan waktu yang terlalu lama. Asalkan fokus belajar mungkin tidak sampai satu bulan sudah bisa mengoperasikannya dengan baik. Terkecuali bila hendak menguasainya lebih jauh. Perlu waktu yang lebih lama lagi. Memang bisnis online agak berbeda dengan bisnis konvensional. Nah, berikut ini ditampilkan beberapa cara mudah mulai berbisnis online khususnya untuk pemula. Silakan disimak terlebih dahulu dengan baik.
1. Membuat Website atau Blog
Web atau blog ini adalah salah satu media di internet yang cukup terkenal. Kalau masih bingung dalam membuatnya maka silakan membuat dulu blog yang gratisan. Kita bisa membuatnya di blogspot dan wordpress. Tinggal membuat saja dan dalam perjalanannya nanti difokuskan untuk menaikkan traffic atau pengunjung sebanyak-banyaknya. Dari pengunjung yang besar inilah nanti bisa kita pasang iklan di web atau blog tersebut. Orang akan membayar sampai jutaan rupiah dengan iklan yang terpasang di website atau blog milik Anda. Contohnya iklan yang bisa dipasang adalah dari google adsense serta slot iklan yang dipasangi untuk ditawarkan kepada pihak lain. Bisa pula dengan membuka jasa content placement di blog kita. Bayarannya pun cukup lumayan juga. Setelah sudah familier dengan blog maka kita bisa membuat web yang berbayar. Untuk ini kita perlu menyewa domain dan hosting.

2. Menjadi Pemasar Produk Affiliasi
Bisa kita tempatkan ke website atau blog kita produk affiliasi tersebut. Mengenai caranya dapat dengan memakai banner atau juga dengan menulis artikel marketing yang bisa membujuk orang untuk mau membeli. Tentu saja web yang dipasangi iklan produk affiliasi ini sudah memiliki pengunjung. Dengan terjadinya transaksi penjualan maka kita akan mendapat komisi. Contoh perusahaan yang terkenal adalah ClickBank. Kita bisa dibayar puluhan dollar bila produk mereka terjual melalui link kita.

3. Membuat Produk dan Memasarkannya
Produk yang mudah didapat ialah Ebook. Misalkan Anda seorang yang ahli dalam reparasi mesin cuci. Tinggal kita menulis panduan dalam memperbaiki mesin cuci. Akhirnya menjadi ebook yang berisikan sebuah petunjuk bagaimana memperbaiki mesin cuci dengan cara yang mudah. Ebook itulah yang nantinya dijual dan akan menghasilkan uang untuk Anda. Selain ebook, ada pula produk software. Juga dapat menjadi mesin uang untuk kita. Cara ini tergolong sangat sederhana untuk dilakukan oleh pemula.

4. Menjual Jasa
Beberapa jasa yang bisa kita jual di online antara lain : jasa pasang iklan dan Jasa SEO (search engine optimization). Dari jasa seperti itu saja, ternyata banyak orang yang bisa meraih sukses di internet. Penghasilan yang besar dapat diraih oleh mereka. Sebetulnya masih banyak jenis jasa yang bisa dijual di internet. Misalnya kita bisa menjadi ahli desain grafis. Setiap desain yang kita buat bisa dijual dengan harga tertentu.

5. Menjadi Content Writer atau Dikenal Sebagai Penulis Artikel
Perlu untuk dipahami bahwa yang namanya bisnis online itu sangat erat sekali hubungannya dengan artikel. Sangat penting sekali keberadaan artikel dalam menjalankan usaha online. Apabila anda memiliki hobi atau kemampuan menulis, maka satu nilai istimewa telah dimiliki. Anda bisa menjadi penulis artikel dan keahlian bisa ditawarkan kepada orang lain untuk mengisi websitenya. Syarat tulisan tersebut yakni harus unik dan menarik. Tidak lupa tulisan harus memberi manfaat kepada para pembacanya. Tentunya mereka akan memberi upah untuk tulisan anda itu.

6. Mengikuti Program Survei
Di internet banyak diadakan program survei. Biasanya yang mengadakan adalah dari perusahaan yang besar yang memiliki dana berlimpah. Bentuknya ialah survey pasar. Hal mereka lakukan untuk meningkatkan nilai penjualan produknya. Bila kita mengikuti program ini maka kita akan mendapat bayaran.

Untuk meraih sukses dari beberapa usaha bisnis online di atas, para pemula hendaknya juga memiliki jiwa yang tekun dalam bekerja, niatan kuat untuk sukses, cerdas dan kreatif serta tidak pantang menyerah. Harus disadari bahwa menjalankan bisnis online itu juga memerlukan proses. Sehingga Anda harus memiliki kesabaran pula dalam meraih kesuksesan.

Dan untuk dapat sukses tidak bijak bila Anda melakukan semua usaha di atas. Cukuplah anda memilih salah satu saja dari peluang usaha bisnis online bagi pemula. Tetap fokus adalah hal yang penting sekali. Baiklah, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bisnis Online Bagi Pemula