Peluang Usaha Bisnis Penjualan Boneka

Bisnis Penjualan Boneka

Anak-anak merupakan buah hati  kita. Kehadirannya adalah pelengkap kebahagiaan para orang tua maupun seluruh keluarga. Perhatian besar orang tua selalu tercurahkan kepada anak-anak. Berbagai kebutuhannya semenjak bayi sampai menjelang dewasa selalu diberikan kepada mereka. Ada susu, makanan khusus bayi, pengobatan bila sakit, pakaian, dan sekolah. Hal itu tentu belum semuanya. Tak terhitung  besarnya  biaya yang dikeluarkan untuk itu semua. Tapi orang tua tidak akan pernah menghitung-hitung seperti itu. Semuanya, demi cintanya orang tua kepada putra-putrinya. Memang kasih sayangnya tidak terkira.
Sebagai wujud kasih sayang orang tua kepada putra-putrinya, orang tua selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk hal apa pun. Membahagiakan anak sudah menjadi bagian penting dari hidupnya. Pada usia anak-anak, sebagian besar waktunya dihabiskan bukan untuk bekerja seperti orang dewasa. Akan tetapi dipakai untuk bermain. Benda apa saja di sekitar anak-anak tersebut seringkali dijadikan mainan mereka. Dengan bisa bermain, maka bahagialah hati anak-anak tersebut. Selalu riang gembira saat bermain.
Banyak sekali permainan yang ada di seantero jagad ini. Ribuan bahkan jutaan mungkin adanya. Dari mobil-mobilan, sepeda, balon, gambar animasi, boneka, dan lain-lain. Luar biasa banyak macamnya. Salah satu mainan yang cukup populer di kalangan anak-anak yakni boneka.  Lucu dan kadang unik bentuknya menjadikan sebagian besar anak-anak menyukainya. Sudah biasa dijumpai bahwa di kamar tidurnya, anak selalu terpampang boneka. Bahkan di kamar tamu pun juga ada bonekanya. Mainan boneka memang sudah mendunia. 
Memilih boneka sebagai alat bermain untuk anak-anak kita mempunyai beberapa keuntungan. Tak hanya untuk kesenangan anak saja, ternyata bermain boneka mempunyai beberapa manfaat yang cukup penting. Bermain boneka dapat meningkatkan daya imajinasi yang dimiliki anak-anak. Ketika anak memegang sebuah boneka maka dia akan mencoba berbicara dengannya. Anak akan berimajinasi bahwa seolah-olah boneka itu dapat berbicara. Kemandirian juga dapat terlatih sendiri dengan anak bermain boneka. Anak akan cenderung memelihara dan merawat boneka kesayanganya. Ada kotor sedikit saja maka langsung dibersihkannya. Manfaat yang lainnya yakni anak yang bermain dengan boneka maka anak akan terlatih untuk memiliki ketrampilan sosial. Mengapa demikian? Kalau dicermati, anak biasanya memainkan bonekanya secara bersamaan diantara beberapa boneka. Boneka dikumpulkan menjadi satu lalu masing-masing diberi peran yang satu sama lain berlainan.
Tak hanya untuk permainan saja. Boneka juga digunakan untuk hiasan bahkan menjadi sebuah maskot. Pertandingan-pertandingan olah raga dari tingkat kampung sampai dunia selalu diadakan dalam tiap tahun. Bahkan setiap bulan ada saja yang mengadakan kegiatan olahraga yang bertujuan meraih prestasi. Kegiatan olah raga prestasi memang banyak yang mensponsori. Boneka seringkali dipakai untuk maskot sebuah event kegiatan olah raga. Setiap satu event olah raga maka satu maskot yang dipakai. Untuk event olah raga di tingkat kampung memang jarang yang menggunakan boneka untuk maskot. Tetapi kalau sudah masuk ke event tingkat daerah kota atau kabupaten sampai tingkat dunia, maka hampir semuanya menggunakan boneka sebagai maskot. Keberadaan maskot amat diperlukan.
Dari uraian di atas, ada baiknya bila kita mencoba telaah. Ternyata, dari hasil kita membaca paparan tersebut, maka kita akan menemukan sebuah peluang info usaha. Yaitu Peluang Usaha Bisnis Penjualan Boneka. Mengapa kita memilih usaha seperti ini? Sederhananya, jika banyak orang yang membutuhkan, tentu banyak pula orang yang membeli. Bila kita melakukan penjualan, maka potensi keuntungannya pun besar. Sehingga kesuksesan ada di depan mata. Baik, berikut ini ada beberapa hal yang dirasa penting untuk diketahui dalam melaksanakan Usaha Bisnis Penjualan Boneka:
1. Kenali dulu bermacam-macam boneka yang ada
Mengenal boneka amat penting. Diharapkan untuk mengetahui seluk beluk tentang boneka. Mengetahui hal ini sangatlah mendukung usaha penjualan boneka kita nanti. Boneka sangat banyak macamnya. Ada yang berbentuk berbagai jenis binatang dan tokoh dalam film kartun populer. Ukurannya pun bervariasi, ada yang kecil, sedang, sampai ada yang besar melebihi ukuran tubuh orang dewasa. Bahan-bahannya pun juga beraneka macam. Bahan untuk pembuatan boneka pada umumnya dari dacron, silikon, kain (ada wolf, nylex, rasfur, yelvo, satin, dll), aksesoris untuk hiasan, dan lain-lain. Warna dari boneka juga perlu dipelajari. Warna yang berkombinasi dengan baik akan menjadikan orang tertarik untuk membelinya. 
2. Ikuti cara penjualan yang baik
Fokus dalam melaksanakan usaha ini adalah penjualan. Arti singkatnya yakni menjual boneka. Perlu sekali mencari tempat produsen boneka yang harga murah, berkualitas bagus, serta tata cara pembayaran yang mudah. Bukannya kita memproduksi atau membuat boneka. Maka yang harus dipersiapkan adalah kemampuan untuk menjual semaksimal mungkin. Hal tersebut tentu harus dipelajari dan ada ilmunya. Ilmu berjualan. Namun demikian, tidak disarankan kita hanya belajar tentang ilmu jualan dari buku atau referensi lainnya. Yang terpenting adalah dengan praktek dan praktek langsung di lapangan. Maka semakin lama maka kompetensi kita dalam berjualan akan semakin bagus. Menjadi ahli tinggal menunggu waktu saja nanti. Semakin ahli maka tingkat boneka yang terjual pun akan semakin tinggi. Penjualan boneka yang tinggi tentunya meningkatkan keuntungan juga.
3. Promosikan secara terus menerus
Promosi adalah salah satu kata yang tidak boleh hilang dalam dunia bisnis. Apa pun barangnya, termasuk boneka di dalamnya, harus selalu dipromosikan untuk bisa meraih penjualan. Tanpa promosi akan sulit terjadi penjualan. Bagaimana orang tahu akan produk boneka kita bila tidak ada promosi sama sekali. Jalan untuk promosi memang banyak sekali. Ada yang dari mulut ke mulut, dengan berkeliling rumah ke rumah, melalui banner, spanduk, maupun media cetak seperti koran, tabloid, dan majalah. Untuk sekarang ini, ada sebuah trend baru cara berpromosi. Trend itu adalah dengan menggunakan media online atau internet. Tepatnya dengan blog, web, dan jejaring sosial seperti twitter maupun facebook. Khusus berpromosi boneka yang akan dipakai sebagai maskot kegiatan olah raga. Maka perlu berpromosi kepada panitia kegiatan tersebut.
4. Tatalah pengaturan keuangannya dengan rapi
Sesudah berpromosi dan menghasilkan penjualan, tentu uang akan kita dapat. Bila kita telah berhasil memiliki keuntungan penjualan selanjutnya kita harus mengaturnya. Banyak dijumpai orang yang pandai mendapatkan keuntungan dari penjualan boneka, namun usahanya tidak bertambah maju tapi malah mundur. Ini diakibatkan tidak disiplinnya mengatur uang. Uang untuk usaha tak bijak bila digunakan untuk membiayai hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan bisnis kita. Uang yang masuk atau keluar harus tercatat secara rapi. 
Ada satu lagi yang tak boleh dilupakan untuk kesuksesan kita. Yakni perlunya berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Segala yang kita lakukan adalah bentuk usaha maksimal kita. Selebihnya Tuhan yang akan menentukannya. Namun, Tuhan tidak akan mengecewakan hamba-Nya yang telah berusaha dengan sungguh-sungguh. Sisihkan pula keuntungan dari usaha bisnis penjualan boneka kita untuk membantu orang-orang yang memerlukan uluran tangan. Baiklah, semoga artikel peluang usaha di atas bermanfaat untuk Anda semua. Selamat meraih kesuksesan yang sebenar-benarnya. Sikap pantang menyerah dan putus asa harus selalu ditanamkan di dalam jiwa kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bisnis Penjualan Boneka