Peluang Usaha Jasa Servis Printer Panggilan

Jasa Servis Printer Panggilan

Peluang usaha jasa servis printer panggilan bisa kita tekuni untuk saat ini. Era teknologi sekarang ini menjadikan berbagai sisi kehidupan memanfaatkan teknologi. Memang diakui bahwa teknologi memudahkan kehidupan. Sesuatu yang sebelumnya kelihatan rumit dan sulit, sekarang menjadi sederhana. Sebuah pekerjaan yang dahulu bisa diselesaikan dalam waktu lama, kini sesudah ada sentuhan teknologi maka pekerjaan itu bisa selesai dalam waktu singkat. Sungguh bersyukur kita dengan adanya teknologi yang selalu berkembang dari hari ke hari.
Sebuah potret teknologi masa kini yakni munculnya komputer dan printer. Alat canggih ini mulai dipakai luas di sebagian besar masyarakat kita. Dahulu komputer mempunyai ukuran yang besar namun kini sudah bisa dibuat berukuran kecil. Monitor yang  dulu bermodel tabung kini telah berubah menjadi LCD  yang tipis dan sederhana serta hemat listrik. Bahkan sudah berkembang menjadi komputer jinjing atau disebut juga laptop.
Komputer sebagian besar dipakai sebagai alat untuk mengetik tulisan. Di perkantoran, perumahan, dan usaha rental biasa melaksanakan pekerjaan pengetikan ini. Dahulu, kegiatan pengetikan ini menggunakan alat mesin ketik manual. Namun, dengan berkembangnya teknologi, tugas pengetikan menggunakan komputer dan untuk mencetak hasil ketikan itu dengan memakai peralatan yang disebut printer. Hampir tidak ada perkantoran di instansi pemerintah maupun swasta yang tidak mempunyai printer ini. Sebab setiap hari selalu ada saja pekerjaan yang membutuhkan printer untuk mencetak. Kini pun di rumah-rumah juga banyak yang sudah menggunakan printer. Ini menunjukkan bahwa jumlah pengguna printer amat tinggi. Jumlah pengguna printer ini akan selalu bertambah dari tahun ke tahun.
Sebagaimana alat-alat pada umumnya, printer juga dapat mengalami kerusakan ketika dalam penggunaanya. Saat sedang dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas penting tetapi malah macet, tentu ini menjadi masalah tersendiri. Dari gangguan berupa hasil cetakan yang tidak jelas atau kualitasnya buruk, kertas tidak bisa ditarik oleh printer, tinta bocor, dan printer tidak menyala. Yang jelas pengguna, pastinya menginginkan printer dapat segera digunakan normal kembali. Beberapa konsumen pun kadang ingin printernya dibuat infus, sehingga pengisian tinta mudah dan tinta tidak cepat habis.  
Dari paparan di atas maka ada sebuah celah untuk kita mengambil peluang usaha. Celah peluang usaha yang bisa kita tangkap yakni Peluang Usaha Jasa Servis Printer Panggilan. Usaha jasa servis printer yang dipilih yakni sistem panggilan. Sebab pada masa saat ini orang-orang menginginkan kemudahan. Mereka ingin praktis dan tidak ingin repot. Cukup telpon atau lewat sms saja untuk memanggil jasa servis ini. Terlalu repot bila pemilik printer harus membawa ke tempat servis. Belum lagi bila sudah jadi, harus mengambilnya lagi dari tempat servis. Lebih banyak waktu yang akan terbuang untuk mengurusi printer yang bermasalah.
Prospek usaha jasa servis printer panggilan saat ini dan ke depan bisa dikatakan amat cerah. Merek printer pun amat banyak, seperti: canon, hp, epson, samung, brother, dan lainya. Dari tahun ke tahun setiap merk printer selalu memperbarui serinya. Kemampuannya pun selalu bertambah. Sekarang ini printer sudah bisa digunakan untuk foto copy. Nah, ada beberapa hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha servis printer panggilan ini, simak uraiannya berikut ini:
1. Punyai keahlian servis printer
Cara untuk memiliki keahlian ialah dengan banyak belajar dan latihan atau praktek. Belajar bisa dari orang yang memang sudah ahli betul atau bisa juga belajar melalui buku, majalah komputer, dan internet. Banyak membaca dari berbagai media yang membahas printer begitu penting sekali. Sesudah membaca, selanjutnya dipraktekkan. Semakin banyak praktek maka akan semakin baik. Akan semakin terampil melakukan servis printer nantinya. Kalau pun saat ini Anda sudah punya kemampuan memperbaiki printer, tetap saja disarankan untuk terus belajar dan berlatih. Keahlian harus selalu meningkat. Banyak membaca segala hal yang berkaitan dengan printer. Dalam menjalankan usaha jasa servis printer panggilan ini, kita harus juga mampu melakukan isi ulang tinta, isi ulang toner, jual tinta, bahkan penjualan printer baru maupun bekas. Segala yang berkaitan dengan printer hendaknya dikuasai.
2. Sediakan segala peralatan dan bahan yang diperlukan
Alat-alat servis printer dan beberapa bahan sangat penting untuk menjalankan usaha jasa servis printer. Peralatan tersebut antara lain: satu set obeng printer, suntik tinta, penyedot tinta di catridge, solder, multi tester, pisau cutter, kuas, selang infus tinta, wadah tinta infus, software beberapa jenis printer, tinta untuk bermacam-macam printer, alkohol untuk pembersih, tissue gulung, semprot, kain, isolasi, lem bakar, korek api, berbagai suku cadang mesin printer, catridge untuk beberapa jenis printer, kertas, dan sebagainya. Kesemuanya itu disarankan untuk dimiliki sendiri. Taruh semua alat dan bahan itu dalam satu tempat misalnya di tas. Tata sedemikian rupa sehingga saat mau digunakan maka mudah mencarinya.
3. Promosi yang gencar
Penting sekali untuk mempromosikan usaha jasa servis printer panggilan. Orang lain atau calon pelanggan baru tahu bila ada promosi yang ditujukan untuk mereka. Promosi akan menciptakan pelanggan yang selanjutnya menjadi pasar dari usaha jasa servis printer kita. Untuk promosi ke instansi resmi baik milik pemerintah atau swasta, perlu menggunakan proposal. Dibuat sederhana tidak masalah, yang penting isi dari proposal tersebut. Seluruh instansi yang bisa kita jangkau agar dikirimi proposal penawaran. Promosi umumnya bisa menggunakan media supaya lebih efektif dan efisien. Misalnya, kita menggunakan media berupa sms penawaran kepada sebanyak nomor yang kita kenal. Bisa pula dengan menulis iklan di koran lokal dan siaran iklan di radio lokal pula. Biaya untuk promosi seperti itu relatif tidak mahal. Boleh juga kalau mau memasang spanduk atau banner di pinggir jalan yang ramai.
4. Utamakan pelayanan yang prima
Usaha jasa servis printer panggilan ini fokus kepada servis panggilan. Artinya kita aktif untuk jemput bola. Bila mempunyai tempat untuk usaha akan bagus, tapi itu tidak harus. Yang terpenting adalah fokus pada pelayanan. Hasil servis printer harus bagus, tidak mudah rusak, dan cepat penanganannya. Kalau membuat janji harus ditepati, kalau misal tidak bisa tepat maka ada alasan yang nyata dan tidak dibuat-buat. Janganlah sekali-kali membohongi pelanggan. Untuk biaya servis, isi ulang tinta, dan lain-lain tetapkan dengan harga terjangkau. Sesuaikan dengan tingkat kesulitan pekerjaan dan juga kondisi pelanggan. Pelanggan yang sudah setia dengan jasa servis kita tentu harus sering untuk diberi diskon.
Beberapa hal di atas akan mendukung kesuksesan Anda merebut Peluang Usaha Jasa Servis Printer Panggilan. Ada satu hal lagi sebetulnya yang tidak kalah penting. Yaitu berdoa dan bersedekah. Doa dipercaya sebagai ikhtiar langit. Tuhan akan mengabulkan pada manusia yang memohon kesuksesan kepada-Nya. Selanjutnya, bersedekahlah. Usaha jasa servis printer panggilan ini harus juga bernilai sosial. Tidak hanya profitable semata. Artinya orang lain juga harus bisa merasakan sedikit banyak keuntungan yang diperoleh dari usaha ini. Khususnya mereka yang hidupnya kekurangan. Kehidupan mereka dapat terbantu dengan sedekah ini. Baiklah, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Semoga berhasil dan sukses untuk para pembaca semua yang hendak menerapkan peluang bisnis ini. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jasa Servis Printer Panggilan