Peluang Usaha Menjual Alat Tulis Kantor

Usaha Menjual Alat Tulis Kantor
Peluang usaha menjual alat tulis kantor masih sangat cerah masa depannya. Di masa sekarang ini, peradaban manusia menuju ke perkembangan yang lebih baik. Peralatan tulis kantor menjadi barang yang amat berharga. Memang tidak mahal harganya namun karena keberadaannya itu sangat penting bagi setiap orang. Hampir semua orang menggunakan berbagai alat tulis dengan segala macamnya. Terutama mereka yang bekerja di perkantoran. Termasuk pula para pelajar dan mahasiswa. Alat tulis menjadi barang kebutuhan pokok bagi mereka.

Saat ini kesadaran masyarakat tentang pendidikan sudah amat tinggi. Animo orang tua untuk menyekolahkan anaknya sudah begitu bagus. Hal itu didukung dengan semangat belajar anak-anak di sekolah yang semakin baik. Begitu banyak orang yang belajar melanjutkan sekolahnya sampai ke perguruan tinggi. Minat belajar masyarakat sudah mulai meningkat pesat. Akibatnya begitu banyak masyarakat yang terpelajar kini. Zaman bertambah modern. Begitu perkataan sebagian orang menjadi hal yang sering kita dengar. Segala sisi bidang kehidupan serasa menuju ke arah lebih baik lagi. Hal ini pun pastinya juga terjadi dalam kehidupan peribadi maupun masyarakat di sekeliling anda tentunya. Kehidupan yang menuju lebih baik kami kira tidaklah menjadi masalah namun merupakan hal yang diinginkan oleh sebagian besar manusia.

Modernisasi kini meluas ke berbagai bidang kehidupan. Salah satu bidang yang juga mengalami perkembangan modernisasi antara lain di bidang pendidikan di sekolah dan perkantoran. Baik itu milik pemerintah maupun swasta. Pada saat ini semakin pesat saja kemajuannya. Satu hal yang tak bisa dielakkan juga yaitu kebutuhan terhadap alat tulis kantor semakin hari semakin besar. Barang alat tulis kantor sering dicari orang untuk dibeli. Hal ini dikarenakan kebutuhan yang meningkat. Alat tulis sangat berkaitan dengan kemajuan masyarakat. Penggunaan alat tulis kantor yang bertambah banyak menunjukkan kegiatan masyarakat juga semakin sibuk dengan pekerjaanya masing-masing. Hal itu juga menjadi berbanding lurus dengan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya.

Permintaan alat tulis kantor yang begitu besar perlu diimbangi dengan pengadaannya. Supaya terjadi keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Kenyataan yang seperti ini menjadikan orang akan berpikir tentang sebuah usaha. Sehingga tidak heran bila banyak masyarakat yang melihat secara jeli kepada peluang usaha tersebut. Mereka berkeinginan menjadikan alat tulis kantor sebagai usaha yang menjanjikan untung besar. Apabila lokasi rumah anda berada dekat dengan sekolah, kampus, universitas atau tempat perkantoran maka peluang usaha seperti ini sudah seharusnya bisa segera diambil. Membuka usaha menjual alat tulis kantor merupakan ide yang cemerlang. Tetapi bukan berarti kalau anda tidak mempunyai lokasi dekat dengan sekolah, kampus, dan perkantoran lantas peluang usaha tersebut telah tertutup. Tetap saja bisa dijalankan. Tentunya dengan strategi berbisnis yang jitu. Sebelum kita menjadi penjual alat tulis kantor maka perlu terlebih dahulu mengenal macam-macam barangnya. Beberapa contoh dari alat tulis kantor yang dimaksud yakni: buku tulis, pulpen, pensil, stapler, pengapus, penggaris, serta segala hal yang dibutuhkan kantor maupun sekolah. Peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk anda semua bisa lakukan.

Langkah-langkah awal harus kita mulai dalam kita merintis sebuah bisnis. Tak perlu berpikir mengenai modal yang besar dahulu. Cara berpikir seperti ini terkadang malah bisa menyurutkan langkah kita. Kita cukup mempunyai tempat dan alat-alat tulis kantor yang akan didagangkan. Namun, bila punya modal lebih besar sedikit lebih baik membeli mesin foto copy. Tak harus baru yang terpenting adalah masih normal dan lancar digunakan. Sekiranya modal anda tidak mencukupi untuk membeli mesin foto copy yang baru, Anda bisa membeli yang setengah pakai (second). Boleh pula dengan menyewa mesin foto copy dan bisa juga membeli mesin foto copy secara kredit. Keberadaan sebuah mesin fotokopi dengan alat tulis kantor erat sekali hubungannya. Orang dapat berbelanja bersamaan apabila ada mesin foto copy. Sembari memfoto copy, seseorang juga bisa membeli alat tulis yang dibutuhkannya. Sangat disarankan sekali untuk melakukan strategi seperti ini. Antara foto copy dan berjualan alat tulis kantor menjadi dua hal yang sangat erat sekali.

Teman-teman pembaca yang berbahagia, berpikir tentang peluang bisnis memang hal yang tidak ringan untuk dilakukan. Namun, ketika kita telah sukses dalam sebuah usaha yang dirintis maka muncul perasaan puas dan bahagia. Di samping itu, keuntungan dari berjualan juga akan kita peroleh. Untuk lebih memantapkan langkah usaha kita menjual alat tulis kantor, maka sebaiknya kita simak beberapa hal di bawah ini :
1. Pilihlah lokasi usaha yang strategis.
Karena anda menjual alat tulis kantor, maka lokasi yang paling potensial adalah di sekitar sekolah, kampus, perkantoran, di daerah pusat perbelanjaan, atau di wilayah pemukiman warga yang ramai dilalui oleh orang banyak. Bisa kita memilih di tepi jalan raya atau di pertigaan dan perempatan jalan besar. Semakin mudah diakses oleh banyak orang maka itu semakin bagus. Namun, demikian, bila kita tidak mampu untuk membeli atau menyewa tempat di daerah seperti itu maka kita tetap tidak boleh berpatah arang. Kita bisa menyewa tempat lainnya yang masih punya peluang untuk mudah diakses para konsumen. Biasanya, harga beli atau harga sewa tempat tersebut masih murah. Bagi kita sebagai pemula maka akan bisa menjangkaunya.

2. Melakukan survei untuk mencari tahu produk apa saja yang banyak dibutuhkan konsumen. Misalnya saja seperti barang berupa pulpen, pensil, buku tulis, kertas, penghapus, tipe-x, dll. Selanjutnya prioritaskan untuk membeli produk-produk yang paling dibutuhkan, agar barang dagangan anda dapat terjual dengan mudah.

3. Sebaiknya juga mencari tempat kulakan atau grosir alat tulis kantor yang menawarkan produk berkualitas dengan harga cukup miring. Tetapi perlu juga untuk memilih tempat kulakan yang terpercaya. Hal ini sangatlah penting, sebab anda dapat menjual kembali alat tulis tersebut dengan harga yang bersaing. Pada umumnya, sekarang sudah banyak mobil sales yang menyetori ke berbagai toko. Tinggal kita memilih produk yang harganya murah dari sales-sales yang menawarkan kepada kita. Mereka para sales biasanya berlomba untuk memberikan harga terbaik kepada toko kita.

4. Pakailah etalase dan beberapa rak untuk mendisplay barang dagangan anda, dengan begitu akan memudah orang-orang melihat produk alat tulis kantor yang ditawarkan. Tatalah secara rapi dan bersih. Selalulah dijaga kebersihannya. Jangan sampai ketika seorang membeli buku tulis dari toko kita tetapi kondisi bukunya kotor dengan debu. Hal ini tentu akan mengurangi keyakinan akan bagusnya toko kita dari pembeli. Kerapian juga penting. Tatkala barang tertata rapi maka orang yang datang akan membeli akan merasa enak memandangnya.

5. Yang terpenting juga ialah menjaga tingkat kepercayaan konsumen dengan menawarkan produk yang berkualitas. Berikanlah pula pelayanan prima kepada setiap konsumen anda. Terlebih lagi bila sudah menjadi pelanggan setia. Jangan sungkan untuk memberikan harga terbaik kepada mereka. Kalau perlu berikan diskon khusus saat mereka membeli barang dengan jumlah yang banyak. Buatlah pelanggan semakin senang dengan toko kita. Jalin selalu hubungan yang baik dengan mereka. Semakin baik dengan kita membuat hubungan yang penuh dengan rasa kekeluargaan.

Nah, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda. Peluang usaha menjual alat tulis kantor ini memang pas sekali untuk kita ambil saat ini. Di kala permintaan alat tulis kantor meningkat, maka perlu kita sikapi dengan bijak sebagaimana di atas. Salam sukses untuk semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Menjual Alat Tulis Kantor