Meraup Untung Dari Usaha Souvenir Pernikahan

Peluang Usaha Souvenir Pernikahan

Meraup Untung Dari Usaha Souvenir Pernikahan. Pernikahan merupakan salah satu acara yang sakral bagi setiap orang. Dari negara mana pun maupun bangsa apa pun mengakui hal ini. Sehingga kalau orang mau menikah maka perlu untuk menyiapkan segala sesuatunya. Tak cukup dalam hitungan hari atau minggu. Terkadang perlu beberapa bulan untuk persiapan upacara pernikahan atau perkawinan. Kebahagiaan pada hari tersebut tidak ada duanya. Tak ada momen lainnya yang lebih berkesan dari pada hal itu. 

Banyak hal sebenarnya untuk persiapan dalam upacara pernikahan. Dari persiapan mental spritual calon mempelai hingga pada persiapan menjelang acara pesta pernikahan. Persiapan mental bisa dilakukan dengan mencari ilmu tentang manajemen rumah tangga, keharmonisan keluarga, pengaturan keuangan, dan sebagainya. Persiapan acara pesta pernikahan juga penting untuk dilaksanakan.

Banyak hal sebetulnya dalam persiapan pesta pernikahan. Tidak hanya undangan pada saat acara perkawinan saja, namun lebih dari itu. Hal yang lain juga mesti dilakukan persiapan secara mendalam. Dari menunjuk tempat menyewa tenda, sound system, pembawa acara, catering untuk masakan bagi para tamu, kostum kedua mempelai dan juga souvenir pernikahan. Semuanya memegang peranan penting sekali dalam suksesnya pesta pernikahan yang diadakan.

Dari berbagai persiapan acara pernikahan, penyediaan souvenir pernikahan merupakan hal yang sangat penting sekali. Souvenir pernikahan tersebut amat diperlukan ketika momen pernikahan berlangsung. Dengan adanya souvenir, ada sebuah kenangan tersendiri saat peristiwa sakral dan penting sekali dalam kehidupan seseorang. Berapa pun harga yang harus dikeluarkan tidak terlalu masalah. Ketika seseorang mau mengadakan acara pernikahan, tentu saja sudah menyiapkan sejumlah uang yang akan dipakai sebagai biaya pelaksanaan dari awal hingga akhir. Sehingga semua lini kebutuhan akan terpenuhi sebagaimana yang telah direncanakan sedari awal.

Dengan begitu, kita sebetulnya bisa meraup untung dari usaha souvenir pernikahan. Sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan sebetulnya. Setiap acara pesta pernikahan  banyak disediakan yang namanya souvenir. Para tamu yang mendatangi pesta akan diberi souvenir ini. Tentu para tamu akan merasa senang dengan pembagian itu. Maka menyediakan souvenir ini merupakan keharusan. Semakin banyak tamu yang akan diundang maka akan semakin banyak pula souvenir yang harus dipesan atau disediakan. 

Souvenir pernikahan akan menjadi kenang-kenangan indah tersendiri. Tak mudah dilupakan dalam pikiran baik bagi mempelai selaku tuan rumah maupun para tamu undangan yang hadir. Di Indonesia, ada beberapa bulan tertentu yang menjadi pilihan oleh masyarakat untuk mengadakan acara pernikahan. Bulan tersebut yakni syawal , shafar, dan zulhijjah. Orang jawa sering menyebut dengan bulan sawal, safar, dan besar. Tingkat pemesanan terhadap souvenir pada bulan bulan itu sangat tinggi. Maka, apabila kita menjadi pengusaha souvenir pernikahan maka pada bulan-bulan tersebut bisa dikatakan sebagai waktu untuk panen raya bila diibaratkan sebagai seorang petani. Bisnis ini sebetulnya bisa dijalankan sebagai usaha rumahan. Keuntungan yanag didapatkan relatif besar. 

Karena peluang yang cukup menjanjikan, maka sangat pas sekali bila kita mengambil peluang usaha tersebut. Dalam menjalankan usaha tersebut, ada beberapa hal yang mesti kita perlu memperhatikannya, antara lain :
1. Hujamkan niat dalam hati untuk sukses dalam usaha ini.
Langkah awal dalam berbisnis memang harus dari hati. Perlu dikuatkan niat untuk sukses. Perlu dari awal dimiliki sebuah motivasi yang bisa selalu membangkitkan semangat. Semangat ini akan menjadi lokomotif penggerak kita nanti dalam menjalankan usaha. Semangat yang kuat akan menjadikan kita lebih tahan banting dalam menghadapi tantangan bisnis. Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam berbisnis akan menghadapi tantangan yang tak sedikit. Terkadang malah tidak bisa dianggap ringan. Namun, itu tidak begitu menjadi masalah asalkan kita tetap berusaha dan tahan banting.

2. Miliki pengetahuan yang cukup tentang souvenir pernikahan
Dalam bisnis di bidang apa pun kita memerlukan pengetahuan yang cukup terhadap barang yang dijadikan komoditas. Kita mesti mengetahui seluk beluk barang yang kita geluti. Termasuk pula ketika kita bisnis barang souvenir pernikahan. Maka sudah selayaknya kita mengerti betul tentang souvenir ini. Berawal untuk mengetahui tentang prosesi pernikahan, kita bisa memilih souvenir yang disukai para konsumen. Jenis yang menjadi trend pada masa itu pun kita akan tahu. Kita juga sebaiknya mengetahui bahan dalam membuat suatu souvenir. Proses produksinya pun juga hendaknya tahu. Ini akan bermanfaat ketika nanti kita menjadi seorang produsen bukan hanya sebagai distributor saja. Penentuan harga akan menjadi tepat apabila kita mengetahui betul dari bahan, pembuatan, hingga sampai tahap finishingnya. Pastikan kualitas barang milik kita bagus dan bisa memenangkan persaingan. Harga yang murah namun barangnya bagus menjadi alasan kuat untuk menyerap lebih banyak pembeli atau pelanggan.

3. Promosikan selalu usaha kita
Promosi adalah langkah awal dalam menjalankan usaha ini. Dengan adanya promosi maka  orang lain dan khalayak akan mengenal usaha souvenir pernikahan kita. Sehingga potensi adanya transaksi itu akan ada. Semakin banyak orang yang mengetahui maka potensi penjualan pun akan semakin besar pula. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa melakukan promosi. Dengan menyebar pamflet, brosur, stiker, atau pun selebaran. Bisa pula dengan memasang spanduk atau banner di tempat ramai. Lebih canggih lagi dengan menggunakan media internet. Ini bisa kita lakukan dengan cara membuat akun di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Penyebaran informasi akan lebih cepat dan yang dijangkau juga akan lebih banyak. Biaya menggunakan media internet juga akan lebih murah. Bisa juga dengan cara "promosi natural". Dengan meningkatkan kualitas produk dan juga nilai tambah yang lainnya maka otomatis usaha kita akan cepat terkenal. Para konsumen akan menyebarkan informasi tentang usaha kita. Dan inilah metode yang tidak boleh diremehkan efektifitasnya.

4. Manajemen usaha yang bagus
Perjalanan sebuah usaha sangat memerlukan menajemen yang kuat. Baik dalam pengeloaan keuangan maupun dalam pengaturan transaksi, personalia, dan sebagainya. Di lapangan banyak ditemui sebuah usaha yang bangkrut dan terhenti disebabkan manajemen yang buruk. Kita ambil contoh yang sederhana, yakni mengenai keuangan. Setiap uang yang masuk dan keluar seharusnya dicatat rapi. Sehingga di akhir bulan akan diketahui apakah usaha kita mengalami kemajuan atau malah sebaliknya. Uang pribadi maupun milik perusahaaan pun tak boleh tercampur. 

5. Kompetensi sosial
Seorang pribadi wajib memiliki jiwa sosial atau kepedulian kepada masyarakat di sekitarnya. Demikian pula dengan sebuah usaha. Harus juga memiliki kompetensi sosial. Warga masyarakat yang miskin, kurang mampu, dan memerlukan bantuan seharusnya diperhatikan oleh siapa saja. Dalam hal ini, usaha souvenir kita hendaknya menyisihkan sebagian keuntungan untuk membantu mereka. Usaha kita secara tidak langsung akan menjadi lancar. Ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang sukses di dunia ini yang melakukan demikian.

Itulah beberapa hal yang perlu sekali kita melakukannya dalam menjalankan usaha souvenir pernikahan. Secara umum, ada tiga kategori dalam menjalankan usaha ini, yakni : 
a. Souvenir produksi sendiri.
Yang merupakan hasil kreativitas tangan sendiri. Bahan dan desain sampai pengerjaan dilakukan sendiri.
b. Souvenir produksi semi sendiri. 
Maksudnya kita membeli produk souvenir yang umum terus diubah menjadi souvenir pernikahan yang sesuai keinginan kita. Ini akan menghemat tenaga kita.
c. Distributor
Kita hanya menjadi penyalur saja. Kita mencari barang sesuai pemesanan dari konsumen. Untuk para pemula, hal ini mungkin menjadi metode yang paling pas. Karena model ini relatif lebih mudah dikerjakan.

Nah, semoga apa yang kami sampaikan di atas memberikan manfaat yang besar bagi para pembaca. Semoga sukses selalu menyertai aktivitas kehidupan kita. Sekali lagi kita dapat meraup untung dari usaha souvenir pernikahan tersebut. Percayalah, kita semua bisa sukses. Inilah keyakinan yang mesti ditanamkan dalam diri para usahawan.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Meraup Untung Dari Usaha Souvenir Pernikahan