Peluang Usaha Bisnis Pulsa

Bisnis Pulsa

Peluang usaha bisnis pulsa kini semakin menggeliat. Komunikasi selalu terjadi dalam kehidupan manusia. Zaman dahulu maupun sekarang tetap saja dilakukan. Pada era dahulu kala, orang hanya menggunakan alat yang sederhana saja. Tidak menggunakan media. Untuk berkirim pesan saja, dulu menggunakan merpati sebagai hewan yang disuruh untuk mengirimnya. Praktis memang pada saat itu. Kadangkala digunakan jasa seorang kurir untuk menyampaikannya. Biasanya memakai pengendara kuda yang larinya kencang sekali.

Berbeda pada era sekarang. Perkembangan kemampuan manusia yang mempunyai kreasi dan inovasi telah memberikan arti tersendiri bagi peradababan. Pada zaman sekarang setiap manusia selalu membutuhkan alat untuk berkomunikasi. Tentunya alat yang dipakai bukanlah seperti merpati atau cara tradisional lainnya. 

Kini digunakan telepon untuk berkomunikasi. Ini pun juga berkembang dari waktu ke waktu. Dulu memakai telepon engkol, selanjutnya menjadi telepon biasa. Dulu harus memakai kabel, namun sekarang sudah menjadi nirkabel, yang kini dinamakan telepon genggam atau handphone. Bentuk dari handphone ini pun mengalami perjalanan yang panjang. Bentuknya awal dulu itu agak besar dan berat sedikit. Tampilannya pun masih kurang indah. Ada antenanya pada bagian atasnya. Kini sudah bagus bentuknya, kecil, ringan, sangat menarik lagi bentuknya.

Komunikasi dengan telepon harus menggunakan pulsa. Inilah yang dapat menjadi cara membeli layanan kepada para penyedia jasa. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini, seperti Xl, Telkomsel, Indosat, serta Telkom. Beberapa perusahaan tersebut saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang besar. Penjualan pulsa dari perusahaan tersebut menghasilkan omset yang luar biasa besarnya.

Sebagai masyarakat biasa pun sebetulnya dapat pula memanfaatkan hal ini. Ada info peluang usaha sebetulnya.Tidak lain dan tak bukan yakni peluang usaha bisnis pulsa. Kita paham bahwa dengan bertambah banyaknya orang yang semakin akrab dengan teknologi komunikasi, semisal handphone, maka tingkat belanja masyarakat untuk beli pulsa pun makin besar. Ini adalah kesempatan emas bagi siapa saja yang ingin terjun menekuninya. Terlebih lagi, sekarang HP bisa digunakan untuk internet. Anak-anak sampai orang tua renta juga sudah paham tentang penggunaanya. Misalnya, saja browsing maupun memakai aplikasi yang ada di dalamnya. Jejaring sosial yang terkenal seperti twitter dan facebook, dengan gampang diakses melalui HP atau dikenal sebagai smartphone. Mau kapan lagi klo bukan sekarang kita memulai?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang usaha bisnis pulsa ini benar-benar menjadi tambang emas buat Anda. Ini sebab, bisnis yang satu ini adalah usaha yang tidak akan surut dan habis. Pasar dan jumlah dari konsumennya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Bisa dikakatakan tambah terus. Demikian pula orang yang jualan atau berbisnis pulsa juga banyak, tetapi tetap saja peluang menembus pasarnya masih terbuka lebar sekali. Apalagi, pada masa seperti sekarang ini. Ini artinya kita harus mulai untuk mempersiapkan usaha dengan sebaik-baiknya. Beberapa hal yang penting untuk kita siapkan dalam bisnis jualan pulsa ini adalah :

1. Jenis Pulsa
Seperti apa yang akan kita jual nanti. Setidaknya ada 3 jenis yang ada, yakni pulsa elektrik, pulsa transfer, dan voucher pulsa (fisik). Kita bisa memilih yang mana paling cocok dengan kondisi kita. Bisakah kita ketiga-tiganya dipilih atau hanya salah satu saja. Klo bisa memang ketiga-tiganya kita bermain, akan tetapi untuk satu jenis saja sebenarnya bisa menjadi sukses. Jikalau memiliki toko maka disarankan memilih jual ketiga jenis tersebut. Namun, bila kondisi Anda masih sebagai karyawan atau baru menjadi bisnis sampingan, maka sebaiknya memilih yang jenis transfer saja. Sangat dimungkinkan sekali, menjual satu jenis saja ini bisa menjadi sukses.

2. Relasi atau Jaringan
Hampir seluruh bidang usaha sangat bergantung dengan hubungan atau relasi yang dibangun. Jaringan atau sering diebut relasi ini akan menjadi motor penggerak bisnis yang kita lakukan. Untuk di awal usaha, sebaiknya kita menggunakan relasi yang selama ini kita punyai. Misalnya teman kuliah atau tetangga dan masih banyak lagi. Dengan jaringan yang luas maka peluang penjualan pun akan bertambah besar pula. Dalam jualan pulsa, lebih baiknya untuk mengelola reselller sebanyak mungkin. Bangun hubungan dengan para reseller ini. Jaga keharmonisan dengan mereka, sebab mereka ibaratnya sumber penghasilan kita. Namun, untuk anda yang sangat pemula sekali, mungkin bisa dengan menjual pulsa ke teman atau orang yang dekat terlebih dahulu. Keuntungannya mungkin baru kecil tetapi tidak masalah. Proses seperti itulah yang akan menguatkan pondasi bisnis. Lama kelamaan pun akan menjadi besar. Beriklan kepada khalayak juga penting sekali.

4. Pandai Dalam Berkomunikasi Kepada Para Konsumen
Kita harus mengkomunikasikan bahwa ternyata kita seorang penjual pulsa yang baik. Dalam arti, terpercaya dan servis atau pelayanannya memuaskan. Tidak lupa harga yang dibrandol adalah yang bersaing dan murah dari pada pesaing lainnya. Yakinkan kepada konsumen bahwa harga tersebut adalah yang terbaik bagi kita dan pembeli. Gunakan berbagai alat komunikasi yang memudahkan kita berhubungan dengan reseller atau konsumen. Semisal, dengan memakai Blackberry dan Facebook. Akrabkan selalu diri kita kepada mereka. Dengarkan dengan baik apabila mereka ada keluhan. Dalam jangka panjang, jadikan mereka sebagai pelanggan atau konsumen yang setia.

5. Surveilah Pasar
Penting hal ini untuk kita perhatikan. Kita harus paham dan mengerti siapa saja yang akan membeli pulsa kita. Dari remaja sampai orang tua, kemudian kemampuan ekonomi mereka seperti apa? Semua harus dipertimbangkan dengan matang. Cara penjualan kita pun seperti apa nant? Mau cash atau ditangguhkan sampai akhir bulan. Dari survei yang kita lakukan itu buatlah sebuah kesimpulan. NAh, dari kesimpulan hasil survei itu bisa menjadi bahan perencanaan usaha kita.

6. Persiapkan Modal
Setiap usaha memang membutuhkan modal. Seberapa banyaknya tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas usaha. Untuk paling awal, sebaiknya tidak usah terlalu banyak berhutang dulu. Membeli handphone dan pulsa adalah intinya. Juga beberapa hal lain yang dianggap perlu. Misalnya, kita menyewa tempat di pinggir jalan untuk jadi tempat jualan kita. Termasuk pula etalase, banner, dan lain-lain.

7. Mudahkan Dalam Pelayanan Transaksi Dengan Cepat dan Memuaskan
Kita harus memberikan servis yang menyenangkan kepada konsumen. Biasanya mereka suka dengan pelayanan yang mudah prosesnya dan jadi puas hasilnya. Yang tak kalah penting juga harga yang murah. Setiap ada permintaan untuk membeli maka pulsa harus dengan cepat kita meresponnya.

8. Berilah Nilai Plus
Harus ada nilai lebih dari bisnis pulsa kita. Pilihlah satu atau beberapa hal yang menjadi ciri khas usaha kita. Misal, kita punya perhatian lebih terhadap masalah sosial kemasyarakatan dengan menyisihkan 5 % keuntungan bersih disumbangkan kepada yayasan pemelihara anak yatim piatu dan bantuan kepada orang miskin. Orang-orang yang telah sukses di dunia ini memiliki sikap kepedulian terhadap orang-orang yang lemah.

Demikian beberapa hal penting dalam merebut peluang usaha bisnis pulsa. Kini sudah saatnya kita terjun pada dunia usaha. Bagi Anda yang sudah menjadi seorang pengusaha, maka tidak salah bila melebarkan sayap usahanya. Miliki berbagai jenis usaha. Kata orang bijak, taruhlah telur tidak hanya di satu keranjang. Baiklah, semoga artikel di atas bermanfaat. Semoga sukses selalu menyertai usaha Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bisnis Pulsa