Peluang Usaha Bubur Ayam Sukses

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di nusantara. Makanan yang berbahan dasar beras ini cukup banyak penggemarnya. Memang beras sudah menjadi bahan makanan pokok orang Indonesia pada umumnya. Biasanya beras dimasak menjadi nasi. Bisa dikatakan hampir setiap hari sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi ini. Maklumlah, karena nasi termasuk makanan pokok. Perbedaan nasi dan bubur ada pada saat memasaknya. Kalau bubur dimasak sampai lunak. Berbeda cara memasaknya dengan nasi yang tidak sampai lunak. Tekstur dari bubur dan nasi hampir sama. Tidak jauh beda. Rasanya bubur dan nasi tidak jauh beda.

Bubur yang ada di pasaran memang banyak sekali macamnya. Diantara contoh jenis bubur tersebut antara lain: bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur manado, bubur candil, bubur manggul, bubur ketan hitam, dan bubur ayam. Salah satu yang sering kita konsumsi ialah bubur ayam. Biasanya malah digunakan sebagai menu makan sarapan di pagi hari. Anak-anak sampai orang tua menyukai menu bubur ayam tersebut. Untuk bubur ayam ini yang menjualnya juga banyak sekali. Harganya pun sangat terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat. Masakan bubur ayam ini selain beras sebagai bahan utama dalam membuatnya ada bahan utama lainnya yakni daging ayam. Adanya daging ayam di dalam bubur ini juga menjadi faktor yang menarik bagi para pembeli. Menambah rasa enaknya setidaknya. Ketika ingin mendapatkan rasa yang lezat maka sangat disarankan sekali untuk memilih daging ayam yang masih segar. Sebab, rasa daging ayam juga amat penting dalam mempengaruhi rasa bubur ayamnya nanti secara umum. Banyak juga orang yang membeli bubur ayam ini karena rasa dagingnya.

Dengan kondisi masyarakat yang sebagian besar makanan pokoknya berupa nasi yang konon dari beras, maka bubur ayam mempunyai prospek tersendiri. Jumlah penduduk di negeri ini juga cukup besar. Apalagi, di daerah tertentu yang tingkat kepadatannya tinggi. Hal ini membuka kesempatan kita untuk menangkap peluang usaha bubur ayam. Seseorang yang bisa membaca peluang usaha ini tentunya akan segera memanfaatnya. Bila pada saat ini Anda masih bingung untuk mencari peluang usaha yang kiranya menghasilkan, kiranya peluang usaha bubur ayam ini patut sekali menjadi referensi usaha Anda. Dengan prospek yang masih bagus ini, Anda bisa mendulang jutaan rupiah dari usaha sederhana ini. Sudah saatnya untuk merubah kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Bila saat ini Anda sudah termasuk orang yang kaya, peluang usaha bubur ayam ini bisa menjadi referensi untuk mulai menginvestasikan modal Anda. Setidaknya, akan ada pasif income untuk Anda.

Dengan melihat kenyataan di masyarakat mengenai bubur ayam ini maka sudah sepantasnya bila kita tertarik untuk ikut terjun menjadi pengusaha bubur ayam yang baru. Namun, untuk memulai usaha jualan bubur ayam ini hendaknya kita tidak terburu-buru. Ada beberapa hal yang perlu untuk ditelaah mengenai usaha bubur ayam ini. Berikut hal-hal penting yang perlu dipikirkan sebelum kita memulai usaha bubur ayam:

1. Memilih lokasi usaha
Penting sekali memilih lokasi usaha ini. Disarankan untuk memilih lokasi usaha yang ramai atau banyak dikunjungi serta dilewati banyak orang. Biasanya lokasi ini terletak di pinggir jalan besar, perempatan jalan, pertigaan jalan, di pasar, di dekat sekolahan, dan di dekat kantor-kantor. Artinya tempat itu potensial untuk orang membeli dan makan bubur ayam kita. Potensi penjualan amat bagus bila tempat usaha kita di lokasi yang strategis seperti itu. Namun, ketika kita sudah punya nama baik dan bubur ayam kita itu sudah disukai oleh banyak pembeli maka tempat yang agak strategis pun mampu mendongkrak penjualan.

2. Bahan dasar yang dipakai bagus
Ada dua bahan dasar dari masakan bubur ayam ini. Pertama, beras. Beras harus yang berkualitas baik. Tidak disarankan memakai beras yang kualitasnya asal-asalan. Meskipun agak mahal sedikit tetapi kalau beras itu rasanya enak maka perlu untuk kita pilih. Akan sangat baik bila jenis beras yang dipilih adalah beras yang pulen. Sebagai contoh adalah beras cianjur. Ketika kita ingin mendapatkan beras yang bagus dan harganya miring sangat disarankan untuk mencoba membeli beras langsung kepada para petani. Bahan penting yang kedua yakni bahan daging ayam. Pilihlah atau gunakanlah daging ayam yang segar. Jangan memakai daging ayam yang kualitasnya buruk. Selain nanti untuk disuwir-suwir di atas bubur, daging ayam ini nanti direbus dan akan menghasilkan kuah untuk kaldu ayam. Bayangkan saja bila kuahnya nanti tidak enak, pasti merusak rasa keseluruhan dari bubur ayam ini. Di samping, beras dan daging ayam, masakan bubur ayam juga menggunakan bumbu bawang, jahe, serai, kunyit, dan lain-lain. Semua bumbu yang digunakan juga perlu kita pastikan berkualitas bagus. Pokoknya semua bahan mesti bagus. Kita ingin mengejar kualitas masakan bubur ayam yang lezat sehingga akan disukai oleh para pembeli nantinya. Ada pula yang menambahkan telur ayam rebus pada bubur ini. Tetapi itu hanya bahan tambahan saja. Tergantung Anda nantinya. Mau ditambah telur atau tidak. Termasuk pula ditambah dengan kerupuk. Ini pun juga menjadi pilihan bagi kita. Apakah mau menambahkan atau tidak. Tetapi sebaiknya kita tambahkan saja sebagai pelengkap masakan.

3. Peralatan usaha
Sebetulnya tidak jauh antara peralatan dapur dengan peralatan untuk membuat bubur ayam ini. Hanya ada beberapa saja yang mungkin berbeda. Hanya saja kita perlu menambahkan peralatan untuk jualan bubur ayam seperti gerobak atau etalase bubur ayam. Kebersihan tempat usaha juga harus diperhatikan. Penataan yang rapi juga mempengaruhi kenyamanan pembeli yang datang ke tempat usaha kita.

4. Mencari tenaga kerja atau karyawan
Ini bila usaha kita memang memerlukan sekali. Tetapi, kalau kita sudah bisa membuat dan sekaligus mampu memasarkannya, tentu tenaga kerja belum terlalu dibutuhkan. Namun, bila memang diperlukan maka pilihlah tenaga kerja yang kompeten di bidang ini. Selain itu, kepribadian tenaga kerja yang dipilih harus berkepribadian baik. Sehingga mereka benar-benar bisa membantu usaha kita. Bukannya malahan membuat masalah baru.

5. Promosi yang bagus
Untuk di awal, mungkin kita harus banyak promosi dulu. Kalau usaha bubur ayam kita memilih model keliling, sambil berkeliling itulah sebenarnya termasuk bagian dari promosi. Akan tetapi, bila usaha bubur ayam model mangkal di satu tempat, maka media promosi amat penting sekali. Perlu menggunakan media untuk melakukannya. Banyak contohnya, dari selebaran, banner, spanduk dan lainnya. Supaya lebih berkembang usaha bubur ayam ini, perlu juga menggunakan media elektronik seperti radio, atau media online seperti web yang profesional.

6. Menentukan harga
Usahakan harga bubur ayam ini terjangkau semua kalangan. Sehingga pasar kita akan lebih luas. Dengan kreatifitas,  bisa jadi Anda bisa membuat bubur dengan rasa yang enak namun dengan harga yang akrab atau murah. Pada akhirnya target keuntungan kita akan mudah tercapai.

Perlu juga dipelajari kebiasaan masyarakat yang menyukai bubur ayam ini. Biasanya bubur ayam dikonsumsi untuk pengganti sarapan pagi. Di zaman modern ini dengan tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi, untuk membuat sarapan pagi kadang tidak sempat. Oleh sebab itu, diusahakan usaha bubur ayam kita harus buka lebih pagi-pagi sekali. Waktu pagi sudah siap melayani pembelian bubur ayam. Ini untuk melayani kebutuhan konsumen bubur ayam kita. Nah, semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Bubur Ayam Sukses