Peluang Usaha Jual Sepatu Futsal

Usaha Jual Sepatu Futsal

Peluang usaha jual sepatu futsal begitu menjanjikan. Saat ini kian banyak masyarakat yang suka untuk berolah raga. Dengan olah raga mereka dapat menyalurkan hobi kesenangannya. Sekaligus dapat meningkatkan kesehatan tubuh pula. Sudah sedemikian sering orang menerima nasihat untuk selalu melakukan kegiatan olah raga. Dengan rajin berolah raga maka kondisi tubuh pun akan semakin sehat. Ajakan untuk melakukan berolah raga pun begitu gencar dilakukan. Banyak sekali sebetulnya jenis olah raga. Ada futsal, sepak bola, bola voli, badminton, tenis meja, bersepeda, renang, atletik, basket, dan sebagainya. Dari beberapa jenis olah raga tersebut, ada yang kini cukup digemari, yakni olah raga futsal. Berdirinya banyak lapangan futsal menjadikan olah raga ini semakin berkembang.

Olah raga futsal sebetulnya mirip sekali dengan sepak bola. Hanya ada beberapa perbedaan. Diantaranya perbedaan itu yakni pada lama waktu permainannya. Olah raga futsal sudah mulai membudaya di masyarakat. Khususnya di kalangan anak-anak muda. Di banyak sekolah juga terlihat sering mengadakan pertandingan-pertandingan persahabatan antar sekolah. Begitu sering ditemui anak-anak yang melakukan latihan futsal. Termasuk pula anak-anak muda ini sering melakukan pertandingan futsal antar kampung. Para penontonnya pun juga banyak. Sebagai suporter para penonton ini akan semakin memeriahkan pertandingan futsal. Bahkan mulai banyak pertandingan antar sekolah pada tingkat kabupaten/ kotamadya. Pertandingan persahabatan juga sering digelar antar perusahaan, dengan melibatkan para karyawan maupun para pimpinannya.


Menjamurnya olah raga futsal di masyarakat umumnya dan pada kalangan muda khususnya memberikan sebuah potensi usaha tersendiri. Paling tidak, setiap pemain menggunakan peralatan yang mesti dimiliki. Misalnya, sepatu futsal dan kaos olah raga serta celananya. Sepatu futsal merupakan peralatan olah raga futsal yang paling penting. Untuk sepatu futsal amat penting untuk dimiliki setiap pemain futsal. Jika tidak menggunakan sepatu futsal maka sulit untuk bisa bermain futsal dengan baik. Maka sudah wajar sekali bilamana setiap pemain dipastikan menggunakan sepatu futsal ketika ia bermain.

Beberapa merk sepatu futsal terkenal diantaranya Nike, adidas, lotto, puma, dan lain-lain. Sepatu futsal ini di samping untuk perlindungan kepada kaki dan kenyamanan saat bermain futsal, juga untuk menghindarkan pemain supaya tidak tergelincir ketika mengubah arah jalan dengan cepat atau pun saat melakukan manuver lainnya. Di saat berlari, pemain futsal pun akan lebih baik dan nyaman bila menggunakan sepatu futsal. Tentu bisa dikatakan sepatu wajib dimiliki bagi para pemain olah raga futsal. Hal ini bisa membuka sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk kita ambil. Bisnis itu ialah peluang usaha jual sepatu futsal. Dengan mengelola dan menangkap peluang usaha jual sepatu futsa ini akan bisa menjadi jalan untuk Anda mendulang keuntungan jutaan rupiah bahkan bisa tak terbatas besarnya. Tergantung juga bagaimana cara menjalankan usahanya. Untuk menjalankan usaha jual sepatu futsal, ada beberapa hal yang harus dilaksanakan, yaitu:
1. Miliki niat yang kuat
Niat yang kuat akan memunculkan kesungguhan dalam setiap usaha. Termasuk usaha jual sepatu futsal ini. Harus serius dan tekun. Apalagi di saat awal-awal atau sering disebut masa rintisan usaha. Lebih ekstra untuk bekerjanya. Pada umumnya, ketika seseorang sedang mengawali atau merintis sebuah bisnis maka akan begitu berat dalam melakukannya. Berbagai tantangan ia terima. Namun, niat yang kuat menjadikan semua itu tidak akan menjadi hal yang begitu mengganggu.

2. Perlu mempunyai pengetahuan cukup tentang sepatu futsal
Amat penting untuk memiliki pengetahuan cukup tentang olah raga futsal dan sepatu futsal khususnya. Mengapa demikian, sebab kita akan berhubungan dengan orang yang bermain futsal. Seluk beluk olah raga futsal harus dikuasai semaksimal mungkin. Untuk sepatu futsal apalagi. Kita hendaknya mampu menjelaskan berbagai jenis sepatu futsal dan juga kualitasnya masing-masing. Banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan tentang sepatu futsal. Seringlah membaca-baca artikel tentang sepatu futsal. Bisa juga dengan bergaul bersama para pemain atau penggemar futsal ini. Cara tersebut akan memberikan informasi cukup tentang sepatu futsal seperti apa yang disukai para pembeli.

3. Menentukan pasar
Melakukan survei ke beberapa tempat yang menjual sepatu futsal adalah tugas yang harus dikerjakan. Bisa disebut juga kita melakukan riset yang sederhana. Ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti harga sepatu futsal saingan kita, kualitas barang yang dijual, jenis dan merk apa yang paling laku keras. Bila diperkenankan, penting juga menanyakan tempat dan alamat suplier sepatu futsal. Data ini penting untuk panduan kita menentukan jenis sepatu futsal yang akan dijual dan daftar harganya pula.

4. Menentukan tempat usaha jual sepatu futsal
Pilih lokasi usaha yang strategis. Tempat yang ramai atau banyak dilalui orang. Pertimbangkan pula harga sewa tempatnya. Harus bijak dengan keadaan keuangan Anda saat akan memulai usaha jual sepatu futsal. Perhatikan pula dengan penataan sepatu futsal di etalase. Tempatkan sepatu dengan rapi dan bisa terlihat jelas oleh calon pembeli. Servis atau pelayanan kepada pembeli penting sekali untuk diperhatikan.

5. Mencari suplier sepatu futsal
Untuk usaha jual sepatu futsal, kita tidak membuat sendiri. Kita hanya membeli dari suplier kemudian kita jual kepada konsumen. Disarankan mencari suplier sepatu futsal yang murah harganya dan kualitasnya bagus. Kita juga perlu memilih suplier yang terpercaya. Suplier yang benar-benar memberikan pelayanan terbaik kepada kita. Lakukan pemesanan terhadap jenis atau model yang kiranya laku untuk dijual ke konsumen. Pemesanan didasarkan pada hasil survei tadi. Atau bisa juga dari pemesanan oleh konsumen sendiri.

6. Menetapkan harga
Pastikan untuk membuat harga yang dapat bersaing dengan lainnya. Sebaiknya buatlah harga sepatu futsal yang murah dan berkualitas bagus. Inilah pentingnya mencari suplier yang cocok. Dalam menentukan harga, kiranya kita mendapat untung yang tidak besar dari satu pasang sepatu yang terjual tidak jadi masalah. Lebih baik untung sedikit tetapi penjualan terus menerus daripada untung banyak tapi penjualan sedikit. Kalau dihitung, kondisi untung sedikit tetapi penjualan terus menerus akhirnya juga akan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Diskon sebaiknya juga diberikan. Berapa persen besar diskon ditentukan dengan memperhatikan jenis/ model sepatu futsal maupun kualitasnya. Pada hari atau waktu tertentu, juga penting kita memberikan diskon. Tujuan diskon ini adalah untuk mendongkrak penjualan sepatu futsal kita.

7. Promosikan tiada henti
Promosikan usaha jual sepatu futsal ini kepada sebanyak-banyak orang. Dari orang terdekat mungkin bisa dimulai. Lakukan pula promosi dengan menggunakan media online atau internet. Melalui blog, web, serta jejaring sosial facebook dan twitter misalnya. Penting karena sekarang adalah zaman teknologi. Intinya bila banyak orang mengetahui usaha jual sepatu futsal milik kita, maka potensi jumlah penjualan juga semakin tinggi. Bisa pula kita menjadi sponsor sebuah pertandingan futsal. Dengan kita menjadi sponsor itu maka para penggemar olah raga futsal akan semakin dekat dengan kita. Hal ini sangat penting dalam rangka melakukan promosi.

Untuk sukses dalam menangkap peluang usaha jual sepatu futsal serta menjalankannya memang perlu proses. Bersabar dan terus berusaha dengan diiringi doa adalah langkah yang paling tepat. Semoga artikel tersebut bermanfaat. Sukses untuk Anda semua. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jual Sepatu Futsal