Peluang Usaha Cuci Helm

bisnis Cuci Helm
Peluang usaha cuci helm kini sedang naik daun. Kalau kita berjalan-jalan di banyak tempat maka biasanya akan sering menemui tempat mencuci motor dan mobil. Keberadaanya sudah merupakan hal yang biasa dimana saja. Menjamurnya usaha cucian sepeda motor dan mobil ini tentu karena potensinya masih bagus. Jasa pencucian mobil dan motor sudah banyak sekali. Maklum jumlah volume kendaraan bermotor baik itu sepeda motor atau mobil selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Khususnya sepeda motor yang kenaikannya cukup pesat. Kini di setiap rumah hampir selalu ada sepeda motor yang terparkir di sana. Baik itu sepeda motor yang baru atau pun yang sudah bekas. Ketika seseorang memiliki sepeda motor maka ia pun mesti punya helm sebagai pelindung kepala saat berkendaraan. Kita ketahui bahwa helm adalah perlengkapan wajib dari para pengendara sepeda motor. Setiap orang yang naik motor maka wajib menggunakan helm. Jenis helm yang dipakai pun hendaknya yang sudah sesuai standar. Termasuk dalam hal ini adalah orang yang membonceng di belakang pun diwajibkan mengenakan helm standar.

Dari fenomena tersebut, sangatlah pas apabila ada pemikiran untuk terjun ke dunia usaha. Maksudnya yakni ingin mengambil sebuah peluang bisnis tertentu. Tentu saja jenis usaha yang berkaitan dengan masalah helm. Yang paling pas dengan kondisi permodalan yang masih kecil yakni jasa cuci helm. Peluang usaha cuci helm ini memang cukup sederhana namun jangan dianggap remeh. Bila telah sukses maka kekayaan yang melimpah akan kita raih. Hasil keuntungan yang bisa didapatkan tidak berbeda dengan berbagai peluang bisnis lainnya. Sekali lagi, helm merupakan perlengkapan wajib pemilik sepeda motor. Helm juga berkaitan erat dengan keselamatan pengendara motor. Maka mempunyai helm adalah sebuah kebutuhan yang tak bisa ditunda atau digantikan dengan yang lainnya.

Kalau perlengkapan sepeda motor lainnya seperti jaket dan sarung tangan mesti dicuci, demikian pula dengan helm. Ada yang beranggapan helm lebih aman dari kotoran sebab dipakai pada kepala dan posisinya di atas. Padahal, dalam kenyataanya helm yang sering digunakan untuk berkendara juga terkena polusi setiap harinya. Seorang yang naik sepeda motor di jalan raya hampir selalu terkena kepulan asap dari knalpot kendaraan lainnya baik itu mobil atau pun sepeda motor. Belum lagi ditambah terkena debu jalanan yang bisa menempel pada helm. Bukan hanya itu saja, bekas keringat dan sisa air hujan yang tidak kering bisa menyebabkan helm menimbulkan bau dan bahkan berpotensi menjadi sarang kuman penyakit. Maka, sangat perlu sekali helm yang kita milliki itu dicuci bersih. Helm selalu dipakai di kepala sehingga kebersihannya pun harus selalu terjaga. Kesehatan kepala sangatlah penting bagi kita semua. Hal ini pun untuk kenyamanan berkendaraan di perjalanan juga. Bayangkan kalau helm kita kotor dan membuat kita harus menggaruk-garuk rambut di kepala karena gatal. Jelas ini sangat mengganggu kita tentunya.

Setelah memahami begitu prospektifnya bisnis cuci helm ini tentu kita akan tertarik untuk melakukannya. Tetapi, sebagaimana usaha yang lainnya, kita mesti mempersiapkannya dengan baik sehingga sukses akan mudah untuk diraih. Untuk menjadikan usaha cuci helm ini menjadi sukses, sangat disarankan sekali untuk mengetahui bagaimana caranya menjalankan usaha nantinya. Baiklah, untuk saat ini sebaiknya kita baca beberapa hal penting di bawah ini:

1. Milikilah kemauan yang kuat untuk sukses
Niat yang membaja mampu menggerakkan segala potensi yang ada di diri kita. Dengan kemauan yang kuat untuk sukses maka kita akan lebih mudah menggapainya. Berbagai halangan dan rintangan akan mudah teratasi nantinya kala sudah ada niat yang kuat di dalam diri. Apalagi di awal sebuah perintisan usaha. Lazimnya di awal usaha itu seseorang akan menghadapi berbagai tantangan yang tidak sedikit. Perlu menyiapkan kesabaran dan ketekunan. Sikap seperti ini perlu dibangun sebelum kita-kita benar-benar terjun ke usaha cuci helm tersebut.

2. Kuasailah ketrampilan mencuci helm
Bisa dimiliki ketrampilan ini dengan bertanya atau sekedar kursus kecil-kecilan kepada orang yang Anda kenal. Bisa pula dengan melihat langsung kepada tempat yang menjalankan usaha ini. Istilahnya berguru kepada mereka. Suatu ketrampilan tidak bisa datang secara tiba-tiba. Ia tidak turun dari langit sebagaimana hujan deras turun. Seorang yang ingin memiliki sebuah ketrampilan dalam mencuci helm maka ia mesti harus belajar. Proses belajar ini tetap harus dilakukan terus menerus. Bahkan di saat sebuah usaha cuci helm yang sudah berjalan baik pun kita sebagai pengusaha tetap harus belajar selalu. Teknik dalam mencuci helm tentu ada. Tidak asal saja dalam mencucinya. Seorang yang sudah ahli dalam mencuci helm ini bisa dibuktikan dari hasil dan prosesnya. Hasil cucian helmnya bersih dan memuaskan pelanggan. Demikian pula proses mencuci helm pun tidak memakan waktu yang cukup lama. Orang di zaman sekarang umumnya ingin segala sesuatu cepat. Mereka tidak menyukai pekerjaan menunggu yang lama. Meski hanya menunggu dalam mencuci helm saja tetap banyak yang tidak suka. Kalau ada yang menunggu lama tetap dilakukan itu biasanya karena terpaksa saja. Tidak ada pilihan lainnya misalnya.

3. Pelajari manajemen pengelolaan keuangan yang bagus
Di samping ketrampilan mencuci helm yang baik, manajemen pengaturan keuangan secara sederhana harus dilakukan. Sedari awal ini penting untuk diperhatikan. Banyak orang yang kadang melupakan hal ini. Sehingga perjalanan bisnisnya kurang bagus di kemudian hari. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam hal cara mengelola keuangan usaha cuci helm, diantaranya: kita perlu memiliki buku catatan keuangan dalam bentuk yang sederhana, uang yang keluar benar-benar direncanakan sebelumnya, antara uang untuk kebutuhan pribadi pengusaha dan uang bisnis benar-benar dipisah, selalu mengecek jumlah keuntungan yang ada, dan yang terakhir yakni selalu menyisihkan sebagian keuntungan untuk ditabung. Tabungan inilah nanti bisa kita gunakan untuk mengembangkan usaha cuci helm menjadi lebih besar. Bagaimana pun yang namanya sebauh bisnis perlu tambahan modal untuk bisa lebih besar lagi.

4. Promosikan usaha cuci helm kita
Dengan mempromosikan usaha ini, maka akan banyak orang mengenal. Dengan begitu orang yang membutuhkan jasa cuci helm akan mendatangi kita. Apalagi bila ada nilai tambah yang kita tawarkan. Misalnya saja kita memberikan diskon gratis cuci helm bila telah lima kali mencuci helm di tampat usaha kita. Atau dengan cara yang lain, misalnya memberikan potongan harga saat hari tertentu. Tentu akan menjadi lebih menarik lagi bagi pelanggan cara seperti itu. Tidak lupa pula untuk mempromosikan usaha kita di media sosial.

5. Pilihlah lokasi yang strategis
Letak memang amat berpengaruh sekali. Dengan posisi yang strategis maka menjadi sangat potensial didatangi konsumen yang akan memakai jasa kita. Usahakan letak yang benar-benar bagus. Termasuk pula harus mudah dijangkau oeh calon konsumen.

6. Siapkan segala peralatan yang diperlukan
Peralatan yang harus disediakan, antara lain: sikat gigi halus, Lap Kanebo, Hair Dryer, Vacuum Cleaners, Ember, Lap Kain. Demikian  juga dengan bahan seperti : Magic Clink, Glass Cleaner, Anti Bacterial Perfume, Oxy Boost, Alkalite , Body shampoo, dan Magic Helmets Cleaners.

Nah, semoga apa yang kami tulis di atas bermanfaat bagi para pembaca semua. Diharapkan anda bisa menjadi pengusaha sukses dalam bidang ini. Sehingga hari-hari dijalani dengan penuh suka cita. Peluang usaha yang cukup menjanjikan dan tidak memerlukan modal yang seberapa besar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Cuci Helm