Peluang Usaha Es Tebu

Usaha Es Tebu
Peluang usaha es tebu layak dipertimbangkan menjadi usaha alternatif untuk kita. Negeri ini sangatlah kaya dengan kekayaan alam. Segala sesuatu bisa dikatakan ada di sini. Dari tambang emas, batubara, minyak bumi, gas alam hingga keanekaragaman hayati. Kekayaan flora dan fauna hampir tidak ada satu pun negara lainnya di dunia ini yang mampu menyamai. Termasuk pula aneka makanan dan minuman di nusantara jumlahnya sangat beraneka ragam. Semuanya enak dan disukai oleh banyak orang, baik orang dari dalam negeri maupun mancanegara. Tiap hari kita busa melihat berbagai makanan serta minuman yang bisa dinikmati. Kalau mau membeli pun harganya sangat murah alias terjangkau sekali bagi semua kalangan. Kesemuanya berbahan asli dari alam negeri ini. Semua bahan makanan dan minuman dengan mudahnya kita peroleh di sekitar kita. Namun, kalau malas untuk mencarinya maka membeli adalah cara yang terbaik. Membeli bahan makanan dan minuman di negeri ini pun harganya relatif murah juga.

Salah satu kekayaan alam berupa tumbuhan di nusantara yang mudah kita temui adalah tebu. Sangat banyak jumlah orang yang membudidayakan tanaman ini di berbagai daerah. Sehingga amat mudah untuk kita memperolehnya. Di beberapa lahan yang masih kosong biasanya ditanami dengan tebu ini. Baik di pegunungan atau di dataran rendah bisa ditanami dengan tebu. Hasil dari menanam tebu ini pun cukup menguntungkan. Terbukti di beberapa lokasi, sang pemilik lahan lebih suka menanami sawahnya dengan tebu dari pada menanam padi. Sebetulnya, tebu dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat gula pasir sebab kandungan gulanya cukup tinggi. Pabrik gula pasir sangat tergantung dengan bahan tersebut. Mungkin bisa dikatakan pembeli tebu lebih banyak dari perusahaan gula pasir ini daripada masyarakat awam. Tingkat konsumsi masyarakat kepada gula pasir juga besar. Berbagai makanan selalu menggunakan gula pasir untuk pemanis dalam proses pembuatannya.

Tetapi, tebu ini juga dapat dinikmati secara langsung. Cukup sederhana caranya. Yakni dengan digiling untuk diambil sarinya. Memakai alat penggiling sederhana juga bisa, tak harus dengan peralatan yang canggih dan mahal harganya. Semua orang bisa melakukannya dan dapat pula dinikmati bersama keluarga sendiri kalau kita sudah bisa membuatnya. Dengan ditambah es tentunya agar bertambah segarnya. Itulah minuman es tebu. Rasanya pun manis dan segar sekali. Kalau kita sendiri sudah senang menikmatinya tentu akan banyak orang lain pun yang ikut menyukainya pula.

Dari kenyataan tersebut di atas, kita bisa mengambil sebuah peluang usaha untuk kesuksesan kehidupan ekonomi keluarga. Satu peluang usaha tersebut yakni berjualan es tebu. Sudah tidak sedikit lagi saat ini orang yang menjalankan usaha menjual es tebu. Bisa kita jumpai di beberapa tempat yang ramai dengan kerumunan orang-orang. Ada saja penjual es tebu di sana-sini. Meski juga tidaklah sebanyak jumlah layaknya penjual es campur atau es teh. Dari banyaknya orang yang berjualan es tebu itu sebetulnya sudah menandakan bahwa es tebu sudah begitu terkenal di masyarakat. Sehingga, bisa dikatakan untuk prospeknya masih sangat bagus. Layak sekali untuk kita mengambil peluang usaha ini. Apalagi di zaman sekarang yang kebutuhan hidup semakin tinggi. Kita perlu membuat usaha yang baru untuk dijadikan tambahan penghasilan bagi keluarga. Perlu sedikit kreatif dalam berpikir bagaimana kita membuat sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang.

Kreativitas dalam menghasilkan minuman yang enak selalu dipelajari banyak orang. Salah satunya dengan munculnya minuman es tebu yang segar tersebut. Ini termasuk bagian dari kreativitas dalam membuat resep minuman. Dahulu saat saya masih kecil belum pernah menemui penjual es tebu. Tetapi untuk sekarang ini berbeda dengan waktu dahulu kami masih kecil. Berarti ini ada sebuah usaha baru dari manusia dalam menemukan produk minuman yang akan disukai oleh banyak orang. Tentu saja minuman tersebut dipilihkan bahan yang mudah diperoleh dan harga bahan itu juga tidak mahal. Untuk nantinya produk minuman tersebut bisa dijual ke konsumen minuman itu dengan harga yang amat murah. Nah, untuk mulai menjalankan usaha es tebu ini sebaiknya kita menyimak beberapa hal berikut ini :

Pertama, memiliki tekad untuk berhasil dan sukses.
Siapa yang ingin sukses dalam bidang apa pun, mesti memiliki semangat yang membaja. Sedari awal harus tertanam kuat dalam diri. Semua program usaha kita akan sukses bilamana diawali dengan niat yang kuat untuk maju. Kalau seseorang hanya banyak pertimbangan tanpa memantapkan niat bisa ditebak ia akan berhenti sebelum mulai berjalan. Ia tidak akan maju sama sekali. Tandanya seseorang punya niat yang kuat adalah melihat bagaimana keseriusannya dalam memulai usaha dan menjalankannya. Orang yang punya niat yang kuat untuk sukses maka ia akan bekerja keras dalam mewujudkan usahanya agar bisa sukses.

Kedua, milikilah pengetahuan yang cukup tentang membuat es tebu.
Pengetahuan tentang bagaimana membuat es tebu perlu sekali kita miliki. Kita perlu ingat bahwa es tebu adalah barang yang akan kita jual kepada masyarakat luas selaku pembeli. Dari namanya kita bisa kita ketahui tentang bahan utama dari minuman tersebut. Tebu dan es yang menjadi bahan utamanya. Untuk membuatnya memang tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun, untuk menciptakan rasa yang enak dan segar memang perlu sedikit belajar. Membuat es tebu yang enak memang memerlukan ketrampilan tersendiri. Untuk menjadi hebat memang perlu waktu yang tidak sebentar. Di sinilah perlu ketekunan untuk belajar dan belajar sepanjang hari. Sehingga pada waktu yang akan datang kita menjadi ahli betul dalam membuat es tebu yang nikmat. Akhirnya, es tebu milik kita bisa memiliki brand yang cukup terkenal. Semua orang akan mengenalnya karena begitu segarnya dan enaknya. Dengan begitu tentu saja omset penjualan kita akan naik drastis. Keuntungan yang didapatkan pun menjadi lebih banyak tentunya.

Ketiga, sediakan peralatan dan perlengkapan.
Perlengkapan yang mesti disediakan diantarnya mesin penggiling dan termos es. Termasuk pula gerobak dorong juga perlu dimiliki. Ditambah pula perlengkapan pedukung lainnya seperti gelas, meja, sendok, payung besar, dan lainnya. Gunakan bahan yang aman dan bagus untuk semuanya. Jika tempat berjualan kita sudah permanen maka tidak perlu menyediakan payung besar sebagai atap. Kalau perlu di tempat atau warung es tebu kita itu dipasangi berbagai fasilitas tambahan yang cukup menarik. Misalnya saja kita beri kipas angin agar suhu udara di ruangan itu tidak panas. Termasuk pula perlu dipasangi wifi internet. Ini dimaksudkan agar para pembeli betah duduk di tempat usaha kita selama mereka minum es tebu.

Keempat, pilihlah lokasi yang strategis
Letak memang menentukkan sekali. Di tempat yang strategis kita akan lebih banyak menemukan banyak pembeli. Dari banyak pembeli ini nanti ada potensi besar nilai transaksinya. Sehingga keuntungan yang kita dapatkan pun bisa meningkat. Sukses akhirnya bisa menjadi kenyataan.

Kelima, lakukan promosi
Agar penjualan kita menjadi meningkat maka kita perlu untuk meningkatkannya. Caranya yakni dengan melakukan promosi secara bagus. Bagus caranya dan juga hasilnya. Kita bisa pasang baner-baner kecil di wilayah atau daerah penjualan. Juga perlu kita pakai media sosial untuk beriklan.

Nah, itulah beberapa informasi penting tentang peluang usaha es tebu. Semoga artikel yang ditulis di atas memberikan manfaat yang banyak untuk anda. Salam sukses untuk para pembaca semua.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Es Tebu