Peluang Usaha Jasa Duplikat Kunci

Usaha Jasa Duplikat Kunci

Di era sekarang ini banyak alat yang menggunakan kunci. Setiap orang yang mempunyai rumah, pasti memiliki kunci di pintunya atau di pagar depannya.  Di dalam rumah tentu ada pintu-pintunya. Setiap pintu ada kuncinya masing-masing. Selain pintu, di dalam rumah juga ada almari. Almari ini pun membutuhkan kunci tersendiri. Selain rumah, orang-orang di zaman ini sudah banyak yang memiliki kendaraan. Mobil atau sepeda motor yang paling sering menggunakan kunci. Tapi memang lebih banyak orang yang memiliki sepeda motor. Satu jenis kendaraan beroda dua ini sudah menjamur peredarannya di masyarakat. Walaupun, saat ini mobil juga sudah banyak yang mempunyainya. Kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, tetap saja menggunakan kunci untuk menghidupkan maupun mematikan mesin. Kunci juga dipakai sekaligus untuk keamanan saat sepeda motor atau pun mobil tidak sedang dipakai.

Hampir setiap orang membawa barang yang bernama kunci setiap hari. Kunci sebagai bagian dari kehidupan seseorang di zaman modern ini. Tidak memandang orang yang dari kalangan atas, menengah, atau bawah. Miskin atau kaya, berpangkat atau tidak, kesemuanya itu membutuhkan kunci. Semua kalangan masyarakat membutuhkan kunci. Bahkan salah satu isi kantong celana atau baju kita pun yang sering ada adalah kunci. Selain memang dompet dan smartphone juga menjadi barang lainnya yang sering kita kantongi.

Tak jarang, karena kesibukan atau lainnya, orang di saat ini, sampai-sampai mereka sering lupa menaruh kunci. Terkadang bahkan sampai kehilangan kunci karena kunci jatuh di jalan atau tertinggal di suatu tempat. Bahkan ada pula yang kuncinya sampai menjadi rusak karena penggunaanya tidak berhati-hati. Semua itu tentunya tidak disengaja sama sekali oleh yang punya kunci. Karena kunci merupakan barang yang amat penting, maka kehilangan atau kerusakan kunci harus segera diganti dengan yang baru. Dalam hal ini, kita perlu sekali membuat duplikat dari kunci itu sendiri. Mencegah lebih baik dari pada mengobati dan sedia payung sebelum hujan merupakan ungkapan yang cocok pada masalah ini. Kita lebih baik berjaga-jaga di awal dari pada mengalami kesulitan di akhirnya.

Dengan telah menduplikatkan kunci, entah kunci rumah, kunci gembok, kunci motor, atau kunci mobil, kita sudah tentu lebih merasa tenang. Setiap satu kunci setidaknya kita duplikatkan menjadi dua atau tiga. Meletakkan masing-masing kunci hasil duplikat ini pun sebaiknya di beda tempat. Yang terpenting juga, simpanlah baik-baik di tempat yang aman kunci tersebut. Dalam menaruh kunci pun sebaiknya digantungkan di dinding agar mudah diambil saat membutuhkannya. Atau bisa pula menaruh kunci di tempat yang khusus. Syaratnya ialah usahakan tidak mengubah-ubah tempat kita biasa menaruh kunci. Cara seperti ini akan membuat kita tidak mudah lupa bila hendak mencari sebuah kunci.

Mengenai penduplikatan kunci tentu menarik kita bahas. Perlu jasa duplikat kunci untuk melakukan hal ini. Tidak bisa kita melakukan duplikat kunci sendiri di rumah. Persoalan tersebut bisa kita ambil sebuah hikmah. Kita bisa memikirkan sebuah peluang untuk kita membuka usaha. Apalagi kalau bukan peluang usaha jasa duplikat kunci. Memang peluang usaha ini kadang dipandang sebelah mata. Banyak yang menganggap usaha duplikat kunci ini tidak memberikan prospek yang cerah. Ada pula yang beranggapan bahwa usaha ini tidak memberikan keuntungan yang lumayan. Biarlah orang beranggapan namun kenyataanlah yang sebetulnya bisa menjawab anggapan itu. Kita sebagai seseorang yang cerdas naluri bisnisnya melihat usaha ini sebuah peluang yang bagus. Penting untuk kita telaah dan praktekan usaha jasa duplikat kunci ini sebagai altenatif dari berbagai macam jenis usaha yang ada. Namun, sebelum kita benar-benar terjun ke bidang usaha tersebut perlu kita melakukan persiapan yang matang.

Setidaknya ada beberapa hal yang patut dijadikan alasan mengapa kita memilih untuk membuka usaha jasa duplikat kunci, antara lain:

1. Kunci sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia di zaman modern ini. Berbagai alat maupun properti kita menggunakan kunci. Punya rumah pasti menggunakan kunci. Punya mobil pasti memakai kunci, dan masih banyak lagi contohnya.

2. Tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Usaha jasa duplikat kunci ini tidak termasuk jenis usaha yang padat modal. Tetapi malah sebaliknya. Modal yang kita butuhkan cukup kecil. Paling tidak bisa menyediakan tempat usaha, mesin untuk menduplikat kunci, dan beberapa contoh-contoh kunci. Ditambah lagi ketrampilan untuk mengoperasikan mesin duplikat kunci. Itu bila ingin dikerjakan sendiri, bila menggunakan karyawan atau tenaga kerja, hal tersebut tidak  terlalu diharuskan. Hanya saja mengenai pengetahuan tentang duplikat kunci memang harus diketahui betul.

3. Masih terbuka pasarnya yang luas. Boleh ditengok di kanan atau kiri tempat tinggal Anda sekarang. Belum banyak yang membuka usaha jasa duplikat kunci ini. Tingkat persaingan untuk jasa duplikat kunci tergolong relatif rendah.

4. Mempunyai prospek yang bagus ke depannya. Bermacam-macam peralatan dan kendaraan saat ini menggunakan kunci. Kita menengok saja pertumbuhan mobil dan motor yang kian hari kian pesat. Maka kebutuhan jasa duplikat kunci ke depan akan semakin meningkat juga.

Dari uraian peluang usaha jasa duplikat kunci di atas, maka kita tentunya terbesit keinginan untuk membuka usaha tersebut. Kemudian, bagaimana memulainya? Pertanyaan ini memang kadang menjadi ganjalan utama saat seseorang calon pengusaha mau melangkah. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha jasa duplikat kunci ini, antara lain:

a. Milikilah keahlian atau punyailah tenaga kerja yang ahli.
Keahlian dalam menduplikat kunci sangat diperlukan dalam memajukan usaha ini. Keahlian ini akan mempengaruhi hasil kunci yang telah diduplikatkan. Pelanggan akan melihat hasilnya. Bila bagus tentu mereka akan  menjadi pelanggan lagi. Sebaliknya, bila hasil duplikat kunci tidak bagus maka mereka akan lari ke tempat yang lainnya.

b. Peralatan mesin duplikat yang memadai
Untuk membuat duplikat kunci, diperlukan sebuah mesin duplikat yang bagus. Memilih mesin yang kualitas bagus walaupun harganya agak mahal sedikit. Langkah seperti akan sangat disarankan. Kalau mesin duplikat kunci yang kita beli murah namun sering macet dan tidak menghasilkan duplikat kunci sesuai harapan maka akan mempersulit usaha tentu. Memilih mesin duplikat kunci yang bagus sangat penting, hal ini demi suksesnya usaha kita.

c. Modal yang cukup
Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha jasa duplikat kunci ini memang tidak terlalu besar. Akan tetapi, kita tetap harus menyediakan modal tersebut. Sebaiknya, tidak perlu kita menghutang untuk mendapatkan modal. Carilah para investor untuk membiayai usaha kita. Tentunya juga dengan pembagian hasil yang adil. Bila terpaksa barulah boleh kita berhutang. Tapi cara berhutang ini tidak disarankan untuk para pemula dalam bisnis.

d. Lokasi yang tepat
Letak tempat usaha jasa duplikat kunci juga sangat berpengaruh dalam perkembangan usaha ini. Usahakan untuk memilih tempat yang ramai. Banyak dikunjungi orang. Misalnya, lokasi usaha berada di pinggir pertigaan atau perempatan jalan raya.

e. Promosikan
Boleh kita memilih salah satu media untuk promosi. Bisa menggunakan selebaran,spanduk,  banner, atau menggunakan media online seperti Facebook. Paling tidak, tempat usaha jasa duplikat kunci kita diberi tulisan yang besar, sehingga orang tahu bahwa di tempat itu ada jasa duplikat kunci.

Demikian beberapa hal tentang usaha jasa duplikat kunci. Semoga bermanfaat artikel ini bagi para pembaca. Semoga sukses selalu menyertai langkah usaha Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jasa Duplikat Kunci