Peluang Usaha Zeolit

Usaha Zeolit
Peluang usaha zeolit tidaklah sulit untuk dijalankan. Hanya saja memang perlu terlebih dahulu kita mengenal apa itu zeolit. Mungkin diantara para pembaca ada yang masih asing dengan kata zeolit tersebut. Wajarlah kalau begitu sebab kata zeolit ini bukan barang yang termasuk kebutuhan pokok manusia. Di pasar tidak ada yang berjualan zeolit. Tetapi setelah kita banyak membaca maka kami yakin semuanya akan segera mengenalnya lebih jauh. Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, sumber daya alam sangatlah penting dalam kehidupan. Keberadaan sumber daya alam sangat penting untuk kesejahteraan umat manusia. Hanya saja dalam pemanfaatannya memang harus menggunakan aturan yang berlaku. Tidak diperbolehkan sampai merusak alam dalam proses pemanfaatan sumber daya alam ini.
Dari sumber daya alam ini banyak hal yang dengan mudah kita bisa lakukan secara lancar. Berbagai sumber alam terbarukan dan sumber alam tidak terbarukan terdapat dalam jumlah yang melimpah. Ini merupakan kekayaan alam yang perlu disyukuri keberadaannya. Sekali lagi perlu ditekankan bahwasannya dalam pemanfaatanya kekayaan alam hendaknya selalu memperhatika kearifan lokal dan juga peraturan pemerintah yang berlaku di daerah tersebut. Salah satu sumber daya alam yang berupa bahan tambang adalah batuan zeolit. Jenis batuan yang memiliki manfaat yang banyak. Namun, memang tidak banyak orang yang mengenal zeolit ini. Sehingga pemanfaatannya tidak setenar seperti minyak bumi dan batu bara.

Sebetulnya, manfaat dari batuan zeolit sangatlah luas. Bentuk kristal zeolit yang sangat teratur dengan rongga yang saling berhubungan ke segala arah menjadikan permukaan zeolit menjadi sangat besar. Sehingga sering dipakai sebagai adsorben. Rongga-rongga zeolit juga terisi oleh ion-ion logam seperti kalium dan natrium yang menyebabkan zeolit dapat digunakan sebagai penukar ion. Di samping itu, zeolit dapat dimanfaatkan sebagai bahan pendukung (supporting material) untuk katalis ataupun bahkan sebagai katalisator itu sendiri.

Dari struktur kristal batuan zeolit yang unik juga akan memungkinkan untuk dipakai sebagai media tanam sistem hidroponik. Definisi hidroponik berasal dari kata Yunani, yaitu hudor yang berarti air dan ponos yang berarti mengerjakan, sehingga hidroponik diartikan sebagai pengerjaan air. Beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik yakni jenis tumbuhan sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Inti dari cara bertanam secara hidroponik yakni budidaya dengan tanpa menggunakan tanah. Penggunaan zeolit untuk media hidroponik amat bermanfaat dan memiliki keunggulan khusus dibandingkan menggunakan jenis media yang lain. Keunggulan tersebut, antara lain:
a. Unsur-unsur penyubur tanah dapat disimpan pada struktur zeolit.
Dari fenomena seperti maka dapat disimpulkan bahwa dalam struktur zeolit bisa dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan tanaman yang sesuai dengan keperluan serta dapat bersifat sebagai slow releasing agent. Satu keunggulan yang amat luar biasa. Sulit diperoleh dari benda selain zeolit. Untuk mendapatkan benda seperti ini di alam sangatlah sulit. Mungkin saja hanya zeolit ini yang punya kemampuan seperti itu. Sungguh amat luar biasa.

b. Zeolit bisa menyerap air dalam jumlah cukup tinggi.
Dari sifat zeolit seperti ini maka kita sebagai seorang yang merawat tanaman akan sangat terbantu. Memilih zeolit sebagai media tanam menjadikan manfaat berupa sangat praktis dalam perawatan dan juga penyiraman tanaman. Penyiraman tanaman akan sangat efektif. Daya serap yang tinggi terhadap air seangat menguntungkan tanaman. Kebutuhan air kepada tanaman akan terjaga betul.

c. Warna zeolit yang putih dalam keadaan kering dan kehijauan dalam keadaan bersih dapat digunakan.
Warna zeolit yang putih jika kering dan berwarna kehijauan bila bersih menjadi petunjuk atau sebagai indikator jumlah air yang terdapat di dalamnya. Warna yang memberikan petunjuk seperti ini akan sangat membantu mereka yang merawat tanaman yang menggunakan zeolit sebagai medianya.

d. Zeolit memiliki tingkat keasaman yang menarik.
Perlu para pembaca ketahui bahwa zeolit mampu secara otomatis mengatur keseimbangan pH media. Kemampuan menjaga tingkat keasaman atau pH sebuah media menjadi hal yang cukup menarik dan menguntungkan.

e. Butiran zeolit cukup bersih dan menyebabkan tampilan pot relatif begitu sedap dilihat.
Bentuk butiran zeolit memang begitu bersih. Berbeda dengan tanah biasa yang kalau dilihat terlihat seperti kotor. Paling tidak anggapan bahwa tanah itu kotor sudah banyak yang memiliki pandangan seperti itu. Dengan butiran zeolit yang amat bersih maka orang akan melihat begitu bersihnya pot. Untuk diketahui bahwasannya zeolit dibedakan menjadi dua jenis yaitu zeolit sintesis dan zeolit alam. Zeolit sintesis adalah jenis material yang dibuat dengan rekayasa ilmiah melalui tahapan-tahapan prosedur yang cukup rumit dengan menggunakan bahan alumina, silika serta phosphat serta bahan tambahan yang lain. Zeolit alam merupakan jenis mineral zeolit yang diperoleh langsung dari alam. Tentu saja zeolit yang berasal langsung dari alam ini memiliki kualitas yang bagus dan lebih alami.

e. Bentuk zeolit yang digunakan berupa butiran yang tidak mudah hancur.
Di samping zeolit itu butirannya tidak mudah hancur ternyata zeolit juga sulit menggumpal. Kondisi seperti itu sangatlah menguntungkan bagi manusia khususnya orang yang menanam sebuah tanaman. Dengan sifat seperti itu, pertumbuhan jaringan akar tanaman akan sangat terbantu.

Dengan beberapa uraian di atas, maka zeolit memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Artinya zeolit ini dapat kita dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan sekali. Nah, beberapa jenis peluang usaha dari zeolit yang dapat dijadikan bisnis untuk anda antara lain:

  • Produksi zeolit untuk dipakai sebagai media menanam secara hidroponik.
  • Menjual berbagai jenis tanaman hias dan juga tanaman buah-buahan yang ditumbuhkan secara hidroponik untuk hiasan tanaman.
  • Memberikan pelatihan terpadu cara bertanam aneka jenis tanaman dengan teknik hidroponik menggunakan media zeolit alam.
  • Menyalurkan dan berperan dalam penjualan hidroponik.
  • Menjual aneka jenis produk pertanian yang bernilai eksklusif seperti sayuran atau buah-buahan dari hasil budidaya dengan sistem hidroponik.
  • Mendirikan usaha persewaan tanaman hias hidroponik dengan media zeolit untuk perkantoran, hotel, restoran, apartemen, dan lainnya. Dalam usaha persewaan ini perlu diperhatikan pula bentuk dari potnya. Karena pot juga akan menentukan nila keindahan tanaman.


Itulah beberapa peluang usaha zeolit yang bisa kita ambil. Satu lagi kita memperoleh ide cerdas sebuah peluang usaha yang bisa kita jalankan. Potensi keuntungannya pun cukup besar dan luar biasa hasilnya. Dalam menambang zeolit dari alam hendaknya tetap memperhatikan tata cara pertambangan yang standar. Sehingga tidak melanggar peraturan pemerintah dan juga tak merusak lingkungan hidup. Bila pemanfaatan zeolit ini melanggar aturan pemerintah dan merusak lingkungan maka sama artinya menimbulkan bencana yang baru. Bencana yang timbul akan memberikan kerugian yang besar bagi semua pihak. Akhirnya, nilai manfaat dari zeolit tidak akan begitu terasa kalau muncul bencana seperti itu. Hal ini tentu tidak akan pernah kita harapkan. Kita semua mengharapkan zeolit bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak ada bencana yang timbul dalam penambangan zeolit tersebut. Alternatif usaha ini bisa jadi menjadi jalan terbaru usaha anda. Bisa menjadi pintu kesuksesan untuk anda nantinya. Meski memang untuk sukses itu perlu proses dan waktu. Kita pun mesti sabar dan tekun dalam menjalankan setiap bisnis. Semoga artikel di atas memberikan manfaat untuk para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Zeolit