Peluang Usaha Sewa Drone Cukup Menjanjikan

Peluang Usaha Sewa Drone
Peluang usaha sewa drone cukup menjanjikan keuntungannya. Kita semua hidup di zaman yang serba segala sesuatu menggunakan teknologi seperti sekarang ini. Hampir semua pekerjaan dan aktivitas tidak lepas dari pemakaian teknologi. Diawali dengan berkembangnya berbagai peralatan elektronik dan listrik. Berbagai kegiatan tak lepas dari pemakaian peralatan yang berteknologi. Termasuk pula sekarang ini penggunaan perlengkapan teknologi komunikasi yang sangat canggih begitu banyak dipakai. Lihat saja tatkala kita pergi ke luar rumah yang mana HP atau smartphone itu telah dipakai dimana-mana. Kini barang tersebut telah menjadi barang "wajib" untuk dibawa kemana-mana. Gaya hidup manusia juga sangat mendukung penggunaan teknologi ini.

Satu aktivitas yang sangat terkenal saat ini adalah selfie. Boleh dikatakan masyarakat sedang demam untuk berselfie ria. Sedikit-sedikit orang yang melakukannya. Mau makan, mau tidur, saat kerja, saat rekreasi, dan ratusan aktivitas lainnya selalu disandingkan dengan kegiatan selfie. Ibaratnya selfie ini selalu menjadi kegiatan yang tak pernah terpisah dari aktivitas apa pun. Populernya penggunaan media sosial juga menjadikan begitu cepatnya para penggemar selfie ini. Tak hanya di kota namun juga di pelosok desa pun banyak dijumpai orang yang gemar selfie. Ada anggapan selfie membuat hati gembira.

Intinya masyarakat sekarang suka dengan kegiatan mendokumentasikan segala hal. Baik itu yang dirasa penting atau yang sama sekali tak penting. Bisa pula kegiatan seperti ini disebut sebagai hobi baru mereka. Untuk menunjang hobi yang satu ini sangat mutlak untuk menggunakan perlengkapan kamera dan perekam video agar hasilnya amat memuaskan. Ketika nanti ingin ditonton di masa yang akan datang maka hasilnya akan terlihat jelas dan tidak mengecewakan.

Gejala tersebut memunculkan sebuah berkah bagi para entrepreneur. Para usahawan bisa melihat fenomena tersebut untuk memunculkan sebuah peluang usaha yang baru. Menghasilkan sebuah peluang usaha yang mampu mendatangkan uang. Kita sebagai masyarakat awam pun bisa ikut terjun dalam bisnis baru itu. Dulu mungkin orang melakukan selfie hanya memakai tongsis (tongkat narsis). Tetapi itu dulu. Kini sudah agak ketinggalan kayaknya. Meskipun yang menggunakan alat seperti ini juga masih banyak. Maklumlah, alat tongsis mempunyai kelemahan yaitu kurang dalam hal jangkauannya. Cakupannya kurang luas. Jaraknya juga tidak bisa menjangkau yang lebih jauh lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini muncullah alat yang namanya drone. Sebuah pesawat kecil yang bisa terbang dengan ketinggian tertentu. Alat ini merupakan kamera tanpa awak yang jalannya dan pengendaliannya menggunakan remote kontrol. Bisa dikendalikan dengan mudah oleh orang yang memilikinya. Jadi, bisa dikatakan ini sebuah alat yang sangat canggih. Jangkauannya pun sangat luas. Jarak yang hendak dijangkau pun bisa lumayan jauh. Sehingga hal ini sangat disukai oleh kawula muda maupun masyarakat luas.

Dengan kondisi tersebut, sebenarnya kita bisa menjadi semakin mantap untuk  mengambil sebuah peluang usaha yang cukup prospek dalam jangka pendek maupun panjang. Usaha yang dimaksud ialah sewa drone. Model usaha yang akan dipakai ialah dengan sistem sewa. Ini untuk menyasar kalangan menengah ke bawah. Kita bisa melihat bahwa kebutuhan akan alat drone ini sangat penting di masyarakat. Frekuensi penggunaannya pun berpotensial akan semakin banyak saja di masa mendatang. Bahkan tak hanya kalangan personal yang semata-mata ingin berselfie ria dengan drone, namun dari aneka kalangan lainnya begitu sangat membutuhkan. Masyarakat yang mengadakan acara di luar ruangan sering membutuhkan drone ini untuk dokumentasi. Bahkan acara pesta pernikahan pun terkadang juga membutuhkannya. Contoh lainnya yang sering menggunakan drone, antara lain: seorang pebisnis, photographer, wartawan dan bahkan dari kalangan akademisi pendidikan sering memakai jasa penyewaan drone. Para pebisnis umumnya menyewa untuk dipakai untuk kepentingan promosi atau iklan yakni semisal merekam beberapa objek wisata, hotel, vila, dan sebagainya.

Memang sangat menarik bisnis sewa drone. Amat menjanjikan keuntungannya. Sangat pas bila kita memulai usaha tersebut. Apalagi bila kebetulan kita saat ini sedang berusaha mencari peluang usaha yang paling cocok untuk dipilih. Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memasuki bisnis sewa drone ini, yaitu :

1. Miliki dulu keyakinan
Yakin bahwa dengan berbisnis sewa drone ini akan meraih kesuksesan. Ini adalah dasar dalam berjuang meraih harapan. Kita mesti berani bermimpi untuk menjadi pengusaha sewa drone yang sukses. Mantap dalam bertindak dan tidak ragu-ragu mesti kita terapkan dalam memulai bisnis sewa drone ini. Namun, tentu dengan perhitungan yang matang bukan hanya sekadar emosi saja. Kalkulator tetap kita gunakan untuk menghitung segala pengeluaran dan pemasukan dari bisnis ini.

2. Mempunyai drone
Karena kita akan berbisnis sewa menyewa tentu kita meski punya barang yang akan disewakan. Kita mesti memiliki drone tersebut. Untuk mendapatkan drone memang kita harus membeli. Bisa yang baru atau bekas. Tetapi yang penting masih layak digunakan penyewa nantinya. Kita bisa membeli satu buah drone dulu. Apa bila tak punya uang bisa dengan mencari investor atau pemilik modal. Orang yang banyak uang akan rela mengeluarkan uangnya bila ada bagi hasil dari usaha yang kita jalankan. Dengan mengajukan proposal bagi hasil kemungkinan mereka tertarik untuk ikut dalam usaha kita. Jumlah uang yang mereka keluarkan pun bisa lebih banyak dari yang kita kira. Sangat tergantung dari proposal dan lobi kita kepada mereka. Untuk perkembangan bisnis selanjutnya maka sebaiknya kita memiliki lebih dari satu drone. Paling tidak kita punya lima sampai sepuluh sudah bagus itu. Drone ini juga akan selalu berkembang teknologinya. Kita pun perlu selalu memperbarui alat drone yang kita miliki.

3. Promosikan usaha sewa drone ini
Orang akan tahu usaha kita dengan adanya promosi. Dan kini ada media iklan yang sangat efektif yakni dengan model jejaring sosial di internet. Cukup mudah sebetulnya beriklan menggunakan media sosial. Sebagai contoh kita menggunakan facebook dan twitter. Kita foto saja drone milik kita. Berikan tulisan yang menjelaskan bahwa kita sedang menyediakan drone yang siap disewa oleh siapa saja. Dengan menggunakan video di media sosial juga lebih bagus. Tapi metode biasa semisal dengan spanduk atau banner pun tetap harus dilakukan. Terutama di depan rumah atau tempat usaha kita.

4. Manajemen yang standar
Pengaturan keuangan maupun perawatan perlengkapan selalu dikedepankan. Dari pengalaman pelaku usaha ini, memang para konsumennya mayoritas dari pengusaha properti dan event organizer. Untuk harga sewa drone ini biasanya dihitung per 60 menit atau jam. Jadi tidak per hari. Untuk tarif sewa drone selama satu jam berkisar satu juta rupiah. Penting untuk selalu diatur keuangannya. Jangan sampai usaha berjalan kok tidak ada uang cash. Tidak boleh dicampur antara uang pribadi dan uang perusahaan. Juga adanya biaya penyusutan. Kita tahu bahwa bila sebuah peralatan dipakai terus tentu akan ada kerusakan.

5. Pelajari hambatannya
Hampir tak ada usaha atau bisnis yang lancar tanpa hambatan sama sekali. Namun demikian, bila kita pelajari dengan baik, segala hambatan itu bisa diatasi. Sehingga kesuksesan akan mudah diraih.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dalam peluang usaha sewa drone cukup menjanjikan. Jangan lupa untuk berdoa selalu guna meraih kesuksesan. Akhirnya, kami berharap semoga artikel di atas dapat memberi manfaat banyak bagi pembaca semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sewa Drone Cukup Menjanjikan