Peluang Usaha Warung Soto Ayam

Peluang Usaha Soto Ayam
Peluang usaha warung soto ayam sangat menjanjikan keuntungannya. Setiap manusia pastinya ingin untuk dapat mencukupi seluruh kebutuhannya. Baik kebutuhan pokok berupa sandang, pangan maupun papan. Segala usaha yang bisa dilakukan akan dilaksanakan. Bermacam-macam pekerjaan yang ditekuni oleh setiap orang ditujukan untuk mendapatkan uang. Uang itulah yang nantinya dapat ditukarkan dengan barang dan atau jasa.
 
Ada banyak orang yang bekerja di perusahaan atau kantor untuk bisa mendapatkan gaji di akhir bulan. Dalam mencari uang tersebut, manusia ada yang menggunakan cara yang lain di samping menjadi orang yang gajian. Yakni mereka berwira usaha untuk mendapatkan uang. Mereka berusaha dengan mandiri tanpa bekerja untuk orang lain. Usaha yang dijalankan bisa berupa transaksi jual beli barang maupun jasa. Dari transaksi itulah akan mendapat keuntungan. Salah satu yang akan menjadi topik pembahasan wirausaha di sini adalah usaha membuka warung soto ayam.

Sebetulnya, siapa saja dapat berwira usaha lho. Paling tidak ada niat yang kuat. Itulah pondasi di awalnya. Selanjutnya, seorang wirausahawan harus mempunyai modal. Mengenai modal, tidak mesti modal itu harus berupa uang. Uang memang sangat penting, namun ada banyak hal lainnya yang juga tak kalah penting. Kita sebut saja yakni keahlian mengelola usaha soto ayam. Seseorang harus mampu menjalankan usaha warung soto ayam ini dengan sebaik-baiknya.
 
Supaya mendapat hasil yang maksimal, lebih baik kita simak contoh perencanaan warung soto ayam di bawah ini:
1. Memiliki modal
Modal digunakan dalam membuat acuan awal saat kita memulai usaha nantinya. Paling tidak kita membutuhkan modal berupa: bahan baku, peralatan lengkap dan kompetensi cara memasak soto ini agar menjadi enak. Untuk bahan baku resep soto ayam adalah daging ayam, sayur-mayur, bumbu, kecap, saus, dan sebagainya. Kesemuanya itu dapat kita cari di pasar atau di supermarket juga ada kok.
Perlengkapan: Untuk membuka usaha warung soto ayam, kita juga harusnya menyiapkan beberapa perlengkapan yang penting. Beberapa perlengkapan yang cukup penting antara lain: perlengkapan makan, perlengkapan memasak, dan tempat menjajakan soto.
Kompetensi atau ketrampilan : Orang yang mau terjun ke bidang kuliner, dalam hal ini adalah membuat warung soto ayam, hendaknya mempunyai kompetensi atau ketrampilan memasak soto ayam agar enak. Sebelumnya mungkin dapat kita mencari ilmu ketrampilan memasak ini dari belajar otodidak, belajar dengan teman yang ahli atau boleh juga jika ikut kursus. Pikirkan mana yang paling sesuai untuk Anda bisa lakukan. Pastikan kita bisa membuat masakan soto ayam yang benar-benar lezat. Dengan kelezatan tersebut nantinya membuat para pembeli akan suka untuk membeli ke tempat kita. Para pembeli ini pun nanti bisa menjadi pelanggan setia. Bila mereka membutuhkan soto ayam maka akan bergegas pergi ke warung kita. Tentu ini akan sangat menguntungkan bagi usaha kita. Banyaknya pelanggan akan mempercepat warung soto ayam kita cepat berkembang menjadi besar.

2. Manajemen keuangan yang baik
Kita hendaknya mampu mengatur keuangan yang bagus. Sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik. Ketrampilan ini penting untuk dimiliki. Hampir sama pentingnya ketrampilan kita bisa membuat soto ayam yang lezat. Kita disarankan untuk mengatur perencanaan keuangan yang rapi dan bagus. Dengan manajemen keuangan yang baik itu kita bisa melihat keuntungan usaha dengan mudah sewaktu-waktu. Kalau pun ada potensi mengarah ke merugi pun bisa dideteksi lebih awal sehingga akan bisa segera diatasi. Sebab, kita sadar bahwa tujuan dari membuka usaha warung soto ayam ini adalah untuk mendapat keuntungan yang maksimal.

3. Menentukan lokasi
Lokasi atau tempat usaha juga harus dipilih dengan tepat. Paling tidak lokasi itu harus mudah diakses oleh banyak orang. Sebaiknya dipilih lokasi yang strategis. Maksudnya strategis di sini yakni lokasi atau tempat usaha tersebut banyak dilewati atau dikunjungi orang. Sebagai contoh adalah lokasi pinggir perempatan jalan yang berada di pusat kota. Tentu lokasi ini sangat ramai bukan? Misalnya lagi di dekat kantor pemerintahan, banyak orang berkunjung ke kantor tersebut sehingga mau tidak mau, mereka akan menyambangi warung kita. Contoh lainnya, lokasi usaha di kantin sekolah atau perguruan tinggi. Banyak siswa atau mahasiswa yang sekolah atau kuliah akan mampir mencoba menikmati soto ayam kita. Contoh lainnya lagi, usaha di tempat-tempat wisata. Banyak orang kan yang berkunjung di tempat wisata. Ini adalah peluang besar juga untuk dijadikan tempat berjualan.

4. Karyawan
Agar usaha warung soto ayam kita berjalan lancar, tentunya tidak bisa semua operasional kita tangani sendiri. Harus ada karyawan yang akan membantu kita nantinya. Nah, kalau kita mencari karyawan atau bisa juga dibilang tenaga kerja, kita juga harus selektif. Tidak asal pilih. Hendaknya, paling tidak kita memperhatikan hal-hal berikut ini:
a. Mencari tenaga yang ahli
Keahlian sangat mendukung tugas mereka menjalankan usaha warung Soto Ayam ini. Dalam menjalankan warung Soto Ayam ini misalnya. Kita harus mencari karyawan yang ahli di memasak, melayani pelanggan, dan keuangan (jika menggunakan kasir). Kita membutuhkan keahlian mereka bukan sekadar ijazah saja.

b. Sikapnya yang baik
Karyawan yang mempunyai sikap yang baik juga perlu menjadi syarat untuk kita dipilih. Sikap seorang karyawan amat penting sekali. Sikap bertanggung jawab, disiplin, jujur, taat beribadah, tekun, dan tidak malas merupakan poin yang harus dipilih. Sekalipun tenaga kerja itu ahli betul memasak namun kalau dia tidak jujur misalnya, tentu akan menjadi masalah dalam perjalanan usaha warung soto ayam kita nanti. Demikian pula dengan sikap disiplin, tanggung jawab, dan lain-lain. Karyawan pun menjadi pihak yang paling sering bertemu dengan para pembeli. Mereka harus benar-benar ramah dan sopan ketika berhadapan langsung dengan para pembeli.

5. Promosikan usaha kita
Khalayak ramai tidak akan tahu usaha warung soto ayam kita bila tidak kita beritahukan kepada mereka. Tanpa promosi yang gencar dan bagus, rasanya akan sulit usaha kita akan berjalan dengan lancar sebagaimana kita harapkan. Apalagi untuk usaha yang baru di awal, maka promosi sangat dianjurkan sekali. Dalam rangka mempromosikan usaha warung soto ayam, kita dapat menggunakan media berupa spanduk, pamflet, banner, blog, web, facebook, twitter, atau lainnya. Boleh juga dengan langkah promosi yang kreatif. Misalnya, dengan memberi diskon pembeli hanya bayar 50 % dari harga soto ayam. Bisa juga misalnya, pembeli yang telah membeli soto ayam kita selama 5 kali diberi gratis 1 kali.

Dalam operasional usaha warung soto ayam nanti, kita juga harus tetap memperhatikan kebersihan dan kerapian warung. Tidak boleh warung terlihat kotor. Kalau ada sedikit kotor langsung dibersihkan. Tempat sampah disediakan serta kebersihan harus benar-benar dijaga. Demikian juga kerapian warung. 
 
Warung soto ayam harus terlihat rapi dan nyaman bagi pembeli. Kita juga harus banyak berdoa untuk kesuksesan usaha kita. Tidak lupa pula, sisihkanlah sebagian keuntungan kita untuk disedekahkan kepada mereka yang sangat memerlukan uluran tangan. Orang fakir miskin, anak yatim, orang yang sakit tidak bisa berobat, tempat ibadah, dan lainnya.
 
Percayalah bahwa sedekah akan membawa berkah usaha kita. Sudah banyak fakta di lapangan bahwasannya orang-orang sukses di dunia ini banyak bersedekah. Sedekah diakui kehebatannya oleh berbagai agama dan bangsa. Anda pun juga harus selalu kreatif dan inovatif untuk selalu dan selalu mengembangkan usaha warung soto ayam tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Warung Soto Ayam