Tips Mengatasi Hambatan Tatkala Mulai Bisnis Online

Tips Mengatasi Hambatan Bisnis Online
Setiap kita memulai bisnis apa saja sudah menjadi kebiasaan di awal mendirikan atau memulai mengalami beberapa hal seperti masalah atau hambatan. Bukan yang hal aneh kejadian tersebut. Bahkan pada beberapa bisnis yang besar pun tetap mengalami hal serupa. Apalagi para pebisnis yang masih berskala kecil. Sikap bijak dan legawa serta tetap menjaga semangatlah perlu ditanamkan ke dalam diri para usahawan. Sabar dan terus berusaha menjadi salah satu kunci yang mesti dipegang terus menerus.

Model bisnis yang baru-baru ini lagi keren ialah bisnis online. Banyak orang di sana sini yang menjadikannya tema pembicaraan. Diantara mereka menganggap bisnis online itu sangat mudah dijalankan dan menjanjikan keuntunganya. Tidak sedikit yang kemudian tergiur untuk mencoba terjun ke bisnis online. Tetapi pada kenyataanya tentu tidak persis sebagaimana yang dibayangkan oleh banyak orang. Jangan dibayangkan bisnis online ini tak ada hambatannya. Bisnis online tetap saja mengandung beberapa masalah di dalam perjalanannya. Permasalahan teknis pada bisnis online juga seiring muncul. Banyaknya pelaku bisnis yang baru juga menambah ketatnya persaingan. Pada awal merintis bisnis online, khususnya bagi pemula yang belum memiliki pengalaman tentu akan terasa ada muncul berbagai kendala yang dialaminya.

Dengan kendala yang dialami oleh para pemula ini biasanya akan menjadikan mereka sulit untuk terus melangkah. Mereka merasa berat untuk meraih penghasilan dari bisnis online. Namun sebetulnya kendala bukanlah hal yang harus di takuti, karena kendala dalam bisnis online sendiri bisa kita atasi, yakni dengan terus belajar dan belajar. Jangan sampai menyerah apapun yang terjadi, karena sekali kita menyerah kita akan merasa malas untuk memulai lagi. Intinya banyak belajar banyak tahu, tidak belajar tidak tahu. Dengan belajar yang berkelanjutan di dalam bisnis online dan diterapkan dengan benar selanjutnya maka kita tinggal menunggu kesuksesan menghampiri kita.

Banyak ditemui para usahawan yang telah mengetahui adanya kendala terus menjadi ragu dalam melanjutkan bisnis onlinenya. Padahal kita tahu sendiri apabila prospek bisnis online sangat terbuka lebar dan potensial bahkan terus meningkat sepanjang tahunnya. Hanya saja memang kita perlu melihat persoalan dengan jernih dan berusaha mengatasinya. Berikut ini ada beberapa permasalahan dan solusinya:

1. Mudah Menyerah Ketika Ada Masalah
Dalam berbisnis apapun jenisnya, mudah menyerah merupakan kendala yang sering terjadi. Alasannya mungkin cukup beragam, seperti halnya penghasilan yang tidak meningkat. Dan yang biasanya mudah menyerah merupakan mereka yang masih pemula dan memulai bisnis online setengah-setengah. Memang tidak ada batasan waktu kapan orang bisa suskes dalam merintis bisnis online dari awal. Hanya saja kebanyakan waktu tujuh bulan sampai satu tahun saja belum cukup bagi pemula untuk bisa sukses di bisnis online. Untuk solusinya tentu saja kita harus bersabar dan tidak mudah menyerah. Sabar bahwa segala sesuatu itu ada prosesnya. Sebagaimana kita hendak pergi ke suatu tempat dengan mengayuh sepeda. Untuk sampai di tujuan maka kita mengayuh sepeda itu terus menerus. Akhirnya akan sampai juga di tujuan. Jika di tengah jalan kita berhenti mengayuh sepeda maka akhirnya tidak akan sampai ke tempat yang dituju itu. Begitu pula dalam bisnis online ini. Karena kita tahu sendiri bisnis online bukanlah jenis bisnis yang instan. Di butuhkan waktu dan proses dalam menggapai kesuksesan.

2. Pengetahuan Dan Kompetensi Yang Kurang
Dalam berbisnis online, kita tidak bisa serta merta memulai dan langsung mendapatkan keuntungan. Karena sebelum mendapatkan yang namanya penghasilan kita harus terlebih dahulu melalui yang namanya kerja keras. Pengetahuan di dalam bisnis online sangat penting. Termasuk juga kompetensi dalam segala hal yang diperlukan dalam menjalankan bisnis online ini perlu dikuasai. Apabila kita tidak tahu apa-apa dan tidak mau belajar maka pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki tidak meningkat. Akibatnya penghasilan mungkin tidak akan pernah menghampiri kita. Kalau pun menghampiri mungkin hanya kecil saja nilainya. Kita akan kebingungan dalam menjalankan bisnis online, maka dari itu, solusi yang tepat sangat di butuhkan disini. Solusinya yakni dengan belajar, baik secara otodidak maupun belajar langsung ke pakarnya. Kita juga bisa belajar dengan membaca tulisan para master bisnis online. Biasanya mereka sering menulis di blog atau web mereka. Ilmu bisnis online di internet bisa dikatakan lumayan lengkap. Asalkan kita mau rajin dan ulet untuk belajar.

3. Tidak Fokus
Sebagai pemula di bisnis online, berganti-ganti model bisnis online merupakan hal yang kerap terjadi. Ada yang minggu ini bisnis toko online, ada yang minggu berikutnya berganti entah itu periklanan, affiliasi dan lain sebagainya. Nah, hal tersebut memang tidak salah. Hanya saja sebagai pemula sebaiknya hanya fokus dalam satu bidang terlebih dahulu. Karena dengan fokus kita bisa memahami dengan benar bisnis online yang kita jalankan tersebut. Sehingga kita bisa lebih mudah dalam menjalankannya. Salah satu penyebab mengapa kita tidak fokus mungkin karena melihat orang lain yang sukses di dalam bisnis online A sehingga kita beralih ke bisnis online A dan begitu seterusnya. Solusinya yakni lebih baik kita fokus saja terlebih dahulu dengan satu bidang, selama kita masih sanggup menjalankannya maka tidak perlu berpindah-pindah.

4. Malas-malasan Dalam Menjalankan Bisnis
Sifat yang satu ini pasti kita miliki, siapa diantara manusia yang tidak pernah malas? Tentunya masing-masing orang punya rasa malas. Bahkan malas merupakan penyakit yang harus kita sembuhkan secara perlahan. Apabila memulai bisnis online dengan malas-malasan, maka penghasilan kita juga malas-malasan. Dengan kata lain penghasilan kita menjadi kecil atau bahkan tidak sama sekali. Namun apabila kita rajin maka penghasilan kita juga akan rajin atau dengan kata lain besar. Malas memang susah dihindari, namun apabila kita malas-malasan terus kapan suksesnya. Solusinya yakni kita harus belajar untuk tidak malas, agar tidak malas kita harus memiliki target, apa yang harus di gapai di masa depan.

5. Hilang Keyakinan
Ketika kita terjun ke dalam bisnis online pasti sebelumnya kita mendapatkan informasi baik itu dari orang lain maupun di internet bahwa bisnis online menghasilkan dan banyak orang yang sukses dari bisnis online. Informasi tersebut jelas mendorong kita untuk memulai bisnis online sehingga kita tertarik dan mencoba bisnis online. Namun hal tersebut kebanyakan hanya di awalnya saja, dimana pada awalnya kita semangat menjalankan bisnis online. Setelah melalui beberapa hari bahkan bulan namun belum juga mendapatkan penghasilan, banyak orang yang mulai kehilangan keyakinan tentang prospek dan potensi bisnis online itu sendiri. Solusinya tentu kita tidak boleh menyerah dan hilang keyakinan begitu saja. Kita harus tetap yakin apabila bisnis online ini menghasilkan dan bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan. Ada kalanya ketika kita ingin menyerah kita melihat atau mencari inspirasi orang-orang yang sukses dalam bisnis online. Kita bisa meniru mereka dan memulai dari awal, karena tidak ada salahnya mencoba hal baru yang terbukti menghasilkan.

Nah, inilah beberapa hal yang meski kita perhatikan tatkala mulai bisnis online. Apa pun jenis bisnis onlinenya, saya kira tips di atas tetap relevan. Selamat berbisnis online dan sukses untuk semua peluang usaha online yang anda jalankan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Mengatasi Hambatan Tatkala Mulai Bisnis Online