Inilah 7 Peluang Usaha 2017 Yang Sangat Prospektif

7 Peluang Usaha 2017 Yang Sangat Prospektif
Tahun 2017 telah menyapa kita. Berbagai tantangan dan hambatan usaha telah kita lalui di tahun sebelumnya. Tak hanya itu, tentu saja banyak kesuksesan yang telah kita raih pula. Kini di tahun yang baru, perlu kita siapkan untuk meraih ukiran baru berbagai kesuksesan bisnis. Ada banyak peluang usaha yang bisa kita ambil di tahun yang baru ini. Setidaknya ada 7 peluang usaha yang sangat monumental. Berikut akan kami paparkan kepada para pembaca untuk bisa menjadi tambahan informasi peluang usaha yang akan diambil di tahun yang baru ini.

1. Bisnis Kuliner atau Makanan
Setiap manusia sangat pasti butuh yang namanya makan dan minum. Bahkan ini dilakukan tiap hari tanpa terkecuali. Makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun, manusia tentu tak hanya makan secara asal saja tetapi memperhatikan banyak hal. Ada beberapa hal yang sering menjadi bahan perhatian seperti : sehat, aman, bergizi, enak rasanya, halal, dan sebagainya. Apabila kita mampu menyajikan masakan dan makanan yang memenuhi kriteria para kuliners maka mereka akan berbondong-bondong menuju kita. Ada beberapa contoh model bisnis kuliner yang bisa kita praktekkan:
- Membuat makanan snak kecil-kecilan
- Membuat bubur
- Membuat camilan
- Membuat gorengan
- Menjual berbagai minuman
- dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di samping itu, ketika kita terjun ke bisnis kuliner maka perlu sekali membuat usaha yang punya nilai tambah. Artinya begini. Bisnis kuliner kita itu dibandingkan dengan bisnis kuliner yang dikelola oleh orang lain punya perbedaan. Perbedaannya bukan kita lebih buruk dalam segala hal namun kita mesti lebih baik lagi dalam segala hal. Misalnya saja rasa dari makanan yang kita jual. Kita perlu memiliki kualitas rasa yang jauh lebih enak dibanding orang lain yang menjual makanan dengan jenis yang sama. Pelayanan kepada pembeli pun mesti berbeda dengan umumnya. Kita lebih ramah dan menyenangkan dalam melayani para pembeli.

2. Bisnis Online
Cakupan dari bisnis online ini sangat luas sebenarnya. Pada dasarnya memang kalau berbicara bisnis online maka yang tergambar dalam pikiran banyak orang adalah kegiatan jual beli barang secara online. Tidak salah mengenai gambaran akan hal ini. Tetapi sebenarnya masih banyak model dari bisnis online itu. Ada pay per sale, pay per click, ada dropship, dan sebagainya. Dari jual beli saja kini sudah sangat luas. Bukan hanya jual beli yang partai kecil saja tetapi sudah mencakup jual beli partai besar. Web atau blog pun bisa diperjualbelikan. Dengan metode online, jual beli bisa dilakukan sampai lintas batas negara hingga benua. Waktunya pun tak dibatasi, sehingga bisa 24 jam. Jual beli bisa dengan media sosial juga seperti facebook atau twitter. Untuk model pay per sale ini adalah membuat web atau blog yang kita cantumkan link penjual sebuah produk. Apabila ada orang yang membeli lewat website kita maka kita akan mendapat bagi hasil. Untuk model pay per click, kita akan dibayar oleh perusahaan advertiser jika ada orang yang mengeklik link iklan yang dipasang pada website. Perusahaan seperti amazon dan lazada merupakan contoh perusahaan yang melakukan pay per sale. Kemudian untuk adsense dan adnow sebagai contoh perusahaan yang menerapkan pay per click. Dalam pemanfaatan web atau blog, besarnya trafik sangat menentukan tingkat keuntungan.

3. Bisnis Catering
Catering umumnya dipakai pada acara hajatan, walimahan, arisan, pengajian, rapat, pertemuan dan sejenisnya. Berbagai kegiatan acara tersebut sudah jamak menggunakan sewa catering untuk konsumsinya. Jumlahnya tidak turun pada tiap tahunnya. Malah selalu meningkat saja. Bahkan trend yang akan berkembang nanti, tiap perorangan atau keluarga sudah menggunakan jasa catering ini. Ketiadaan waktu untuk memasak menjadikan banyak orang ingin untuk membeli masakan. Hal ini dirasa sangat praktis dan mudah. Pada tahun 2017 dapat diprediksi bahwa tingkat kesibukan manusia meningkat pesat. Khususnya di daerah perkotaan besar. Maka apa bila kita terjun ke bisnis catering ini, sangat mungkin keuntungan akan mudah diraih. Hanya saja perlua juga memanfaatkan media online untuk mendongkrak bisnis kita. Sudah banyak para pebisnis catering yang telah sukses. Kita pun bisa menjadi pengusaha catering yang sukses juga.

4. Waralaba
Bisnis waralaba juga masih memiliki prospek yang sangat bagus. Para pemula terkadang masih takut dan malu-malu untuk memulai usaha. Kurangnya percaya diri. Model bisnis waralaba ini sangat pas menjadi jalan keluarnya. Para pengusaha akan dibantu oleh pemegang franchise. Dari training, proses hingga solusi tatkala ada masalah dalam bisnisnya nanti. Untuk anda para pemula, ada beberapa hal yang meski kita perhatikan bila hendak memulai usaha waralaba ini:
- Jangan lupa memilih model jenis franchise yang bidang itu kita sukai. Ini dapat menjadikan kita lebih bersemangat untuk menjalankannya.
- Bila masih terbatas modal, maka pilihlah dahulu yang modalnya tidak besar atau alias kecil. Ini agar kita tidak terlalu sulit mendapatkan modalnya. Sesuaikanlah kondisi keuangan kita untuk waralaba.
- Pilihlah waralaba yang benar-benar populer atau dikenal di masyarakat. Ini untuk menghindari penipuan dan juga kita tak perlu banyak berpromosi.
Ketika kita tidak jeli dalam memilih jenis usaha waralaba maka biasanya di akhir akan menyesal. Sebab usaha waralaba itu banyak sekali macamnya. Kalau kita memilih yang tidak cocok dengan kita maka akan sulit untuk mengembangkannya.

5. Usaha Jasa
Model usaha jasa sangatlah mudah untuk dilakukan. Menyikapi gaya hidup manusia yang semakin modern, banyak model jasa yang bisa ditawarkan kepada masyarakat. Adanya jasa apa pun sangat membantu masyarakat memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Ada banyak model usaha ini yang bisa kita praktekkan. Seperti jasa potong rambut, jasa percetakan (printing), jasa bengkel mobil, bengkel sepeda motor, jasa servis laptop atau komputer, jasa servis handphone, jasa perbaikan rumah, jasa cuci motor, jasa laundry kiloan. Semua contoh tersebut sangat relevan dan menggiurkan keuntungannya di tahun ini.

6. Bisnis Sewa
Tinggal kita memiliki sebuah barang atau peralatan yang bisa disewakan, maka usaha ini bisa dijalankan. Tidak memerlukan kalkulasi yang begitu rumit. Hanya saja, kualitas perlengkapan atau peralatan yang kita miliki memang harus berkualitas sehingga tidak mudah rusak. Juga akan memuaskan para pelanggan yang menyewanya. Contoh model usaha ini, antara lain: sewa genset, sewa alat berat, sewa tenda kursi, sewa gedung, dan sewa mainan.

7. Properti
Selama masih ada cinta maka akan selalu ada peluang usaha properti ini. Bahkan usaha properti ini bisa dibilang akan tetap abadi. Begitulah kata banyak orang. Kebutuhan akan rumah selalu berbanding lurus dengan tumbuhnya keluarga baru. Bagi yang masih pemula, bisa dengan menjadi makelar jual beli rumah, ruko, kontrakan, dan kos-kosan. Dari situ hanya membutuhkam modal bicara tanpa banyak uang yang dikeluarkan. Tetapi kepercayaan sangatlah penting di sini. Kalau nama kita sebagai makelar yang terpercaya maka akan mudah sukseslah ke depan. Demikian sebaliknya. Namun, jika mempunyai modal yang besar kita bisa mengembangkan sebuah perumahan. Kita pun bisa berinvestasi dalam hal ini. Perlu memperhatikan momentum, lokasi dan manajemen.

Semoga artikel di atas menambah kontribusi untuk perkembangan usaha di negeri ini. Berbagai peluang usaha yang ditawarkan bisa kita cermati dan dalami. Untuk kemudian dijadikan dasar untuk kita memulai bisnis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Inilah 7 Peluang Usaha 2017 Yang Sangat Prospektif