Peluang Usaha Jasa Setrika Keliling Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Jasa Setrika Keliling
Usaha setrika keliling sangat prospek untuk dijalankan. Di zaman modern ini, dimana manusia hidupnya sangat sibuk dengan aneka aktivitas, maka beberapa tugas harian rutin pun terkadang sampai tak bisa dikerjakan. Bahkan tidak jarang untuk sarapan pagi pun kadang terlupa karena tergesa-gesa untuk berangkat ke tempat kerja. Contoh lainnya yakni kegiatan harian mencuci pakaian dan menyetrikanya. Ini memang bukan pekerjaan yang sulit namun memang perlu waktu tersendiri. Kalau seseorang sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan maka mencuci dan menyetrika pakaian bisa terlewatkan begitu saja. Ketiadaan waktu atau tidak sempat yang menjadi masalah. Bukan masalah mau atau tidak mau untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Kadang untuk mencuci pakaian masih sempat namun untuk menyetrikanya tidak dilakukannya. Akhirnya yang terjadi beberapa pakaian sudah dicuci namun belum sempat disetrika. Ini memang bisa dimaklumi oleh siapa pun juga.

Dari keadaan seperti ini akan menciptakan sebuah peluang usaha baru bagi sebagian masyarakat. Tatkala banyak yang masih menganggur, maka inilah saatnya untuk bekerja. Peluang usaha yang kami maksud ialah membuka jasa setrika keliling namanya. Jadi konsumen tidak perlu keluar rumah tetapi cukup di rumah dan menunggu si penyedia jasa. Seorang yang membuka jasa ini akan dengan setianya mendatangi tiap rumah untuk menawarkan jasanya. Mobilitas biasanya menggunakan sepeda motor. Dipilihnya sepeda motor karena alat transportasi tersebut bisa menjangkau gang-gang kecil di kota-kota. Bila kita tertarik untuk mengambil bisnis ini, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Siapkan niat yang kuat
Bisnis apa pun perlu tekad yang membaja. Yakinkan ke dalam diri bahwa ini ada jalan untuk sukses. Meski usaha yang sederhana tetapi jangan dianggap remeh. Kita ingat bahwa para pebisnis besar dulu awalnya juga dari kecil. Termasuk pula ketika membuka usaha jasa setrika keliling ini. Tidak masalah bila ada yang menganggap itu usaha yang kampungan. Tidak maju dan kata orang-orang untuk bisa maju akan sulit dilakukan. Orang-orang yang mencibir kita ini akan diam dengan sendirinya bila kita nanti telah sukses. Yang kita perlukan untuk saat ini cukup menanamkan keyakinan di dalam diri saja. Sukses akan kita raih. Hanya persoalan waktu saja yang akan menjawabnya.

2. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan
Setidaknya ada alat setrika, sepeda motor dan alat komunikasi yang meski kita perlukan. Untuk alat komunikasi cukup kita gunakan smartphone di saku baju kita. Setrika yang dipakai bukan setrika listrik sebagaimana di rumah itu namun menggunakan setrika uap yang menggunakan gas. Kalau menggunakan listrik tentu kita akan kesulitan ketika sedang berjalan atau di luar rumah. Tetapi ada baiknya juga kita siapkan setrika listrik. Misalnya saja konsumen minta disetrikakan di dalam rumahnya dan jumlah pakaiannya juga banyak yang harus disetrika. Kita sebagai seorang usahawan tentu harus menyiapkan segala hal yang diperlukan. Lalu sepeda motor dipakai sebagai alat transportasi. Kita meski bergerak cepat menuju konsumen yang memanggil jasa kita. Tentu sepeda motor ini sudah dirangkai sebagai mana mestinya sehingga sesuai untuk menjalankan jasa setrika keliling. Smartphone sebagai alat komunikasi kita jangan pernah dimatikan. Usahakan untuk tetap hidup dan mudah dihubungi oleh siapa pun. Terutama para pengguna jasa sektrika kita. Konsumen bisa menghubungi kita melalui sms, telepon, whatsapp, facebook, instagram, dan sebagainya. Alat lainnya yang perlu disiapkan adalah pewangi, plastik, kain tebal, dan lain-lain.

3. Kuasai teknik menyetrika pakaian yang benar
Meskipun menyetrika pakaian itu pekerjaan rumah tangga yang terkadang dianggap biasa saja namun ternyata ada teknik tersendiri agar bisa menyeterika dengan baik hasilnya. Ada teknik khusus agar hasil setrikaan pakaian benar-benar memuaskan para pelanggan. Beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan dalam kita menyetrika pakaian, antara lain:
a. Mengetahui berbagai label pada pakaian.
Pada setiap pakaian biasanyanya ada label khusus yang menandakan jenis pakaian tersebut. Kita perlu belajar mengenali label pada pakaian. Dari label ini kita akan mengetahui sifat pakaian yang akan disetrika. Ketika menyetrikanya pun akan lebih berhati-hati terutama pada pengaturan panas yang ada alat setrika kita. Jangan sampai sebuah pakaian malah menjadi rusak karena kita setrika. Ini tentu akan sangat mengecewakan para pelanggan. Bisa-bisa pelanggan tersebut akan menjadi sungkan lagi menggunakan jasa setrika keliling milik kita.
b. Sesudah kita mengetahui jenis-jenis pakaian maka perlu dipilah-pilah
Pemilahan jenis pakaian ini berdasarkan kepada jenis pakaiannya terlebih dahulu. Tidak perlu waktu yang lama untuk melakukan hal ini. Cuma memang kita butuh ketelitian dan kesabaran. Jangan tergesa-gesa karena bisa salah dalam memilah pakaian nantinya. Setelah dipilah berdasarkan kategori jenis pakaiannya maka kita lanjutkan kepada pemilahan berdasarkan tingkat kesulitan menyetrikanya.
c. Pada pakaian yang ada sablonnya maka sebaiknya menyetrikanya dari bagian dalam pakaian.
Dengan kita menyetrika dari bagian dalam sablon maka tidak akan berpotensi merusak gambar sablon tersebut.
d. Pakailah pengharum pakaian
Pastikan menyemprotkan pengharum pakaian itu pada saat setelah berakhir menyetrikanya. Tidak lupa juga momen menyetrikanya pada waktu sebelum pakaian tersebut dilipat. Dengan metode seperti ini maka pakaian akan lebih tahan lama wangi dan segarnya.
e. Ketika hendak menyetrika pakaian maka ceklah dahulu apakah sudah kering
Jika pakaian belum benar-benar kering lalu disetrika maka ada dampak yang tidak baik. Pertama alat setrika kita bisa rusak. Yang kedua ada bahan pakaian tertentu yang bisa menjadi rusak. Maka untuk itu kita minta kepada pelanggan agar menyerahkan pakaian yang sudah benar-benar kering saja kepada kita.

4. Lakukan promosi
Ini wajib untuk dilaksanakan. Dengan promosi maka orang banyak akan tahu tentang bisnis setrika yang kita lakukan. Setelah orang tahu akan dibukanya jasa setrika keliling maka mereka yang memerlukan akan memanggil kita. Kita yang dipanggil pun harus siap sedia kapan saja. Untuk cara melakukan promosi bisa dengan memasang spanduk, banner, atau melalui media online. Tetapi kalau kita sudah terbukti dalam kualitas pelayanan terbaik untuk jasa kita maka para konsumen pun akan dengan senang hati mempromosikan kepada orang lain tanpa kita minta sama sekali.

5. Tentukan tarif yang bersahabat
Jangan pasang tarif yang mahal. Tarif yang dikenakan harus mampu bersaing dengan jasa setrika dari laundry atau yang lainnya. Jika kita tidak bisa bersaing dengan mereka maka akan segera tutuplah usaha kita. Maka kami sarankan untuk berhati-hati dalam menentukan tarif. Sesuaikan dengan kemampuan para konsumen dan usaha kita pun tetap bisa berjalan. Untuk di masa awal membuka usaha mungkin kita cukup memberi keleluasaan kepada para konsumen memberi upah atas jasa kita. Pada umumnya, para konsumen sudah tahu berapa upah yang layak untuk jasa setrika itu. Di masa mendatang, berikan bonus atau diskon bagi mereka yang setia dengan jasa kita. Usaha jasa setrika kita jalankan seprofesional mungkin. Berikan kepuasan pelayanan kepada para pelanggan kita. Maka mereka pun akan setia pula kepada kita.

6. Berilah pelayanan yang memuaskan
Kita mesti ramah dan sopan kepada para pelanggan. Cara berkomunikasi kita pun dengan para pelanggan hendaknya selalu baik dan menyenangkan.

7. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa
Allah Subhanahu wa ta'ala yang memberi rezeki. Maka berdoa kepada-Nya menjadi pekerjaan yang tak kalah penting untuk dilakukan. Selain berdoa ini kita pun perlu menyisihkan sebagian hasil keuntungan usaha untuk bersedekah kepada orang-orang miskin dan yang membutuhkan uluran tangan.

Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi usaha anda semua. Mereka yang masih bingung untuk mencari peluang usaha kiranya bisa mengambil usaha seperti ini. Barangkali inilah jalan anda untuk bisa sukses di bidang bisnis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jasa Setrika Keliling Yang Menjanjikan