Wow, Peluang Bisnis Catering Online Semakin Menjanjikan di Tahun 2021

Bisnis Catering Online Semakin Menjanjikan
Peluang usaha catering atau katering memang bukan merupakan hal yang baru di dalam dunia bisnis. Sudah banyak para pengusaha pada bidang ini. Ada yang bertahan sampai puluhan tahun. Namun ada pula yang hanya bisa bertahan atau berjalan dalam hitungan kurang dari sepuluh tahun. Sejatinya sudah ada dari puluhan tahun yang lalu bisnis katering ini. Usaha ini diilhami dari keinginan sebagian masyarakat untuk cepat dalam pelayanan konsumsi masakan atau makanan. 

Banyak tempat sudah terdapat usaha seperti ini. Bahkan jumlahnya tidak semakin sedikit hari demi hari. Volumenya pun juga meningkat terus. Di tahun 2021 ini diprediksi usaha seperti ini akan semakin menggeliat. Apalagi dengan kondisi saat ini saat adanya wabah pandemik penyakit covid-19. Banyak masyarakat yang menjauhi atau setidaknya meminimalisir bertemu dengan orang lain yang masih asing. Setiap keluar dari rumah mesti menggunakan masker. Perilaku hidup selalu menjaga jarak dengan orang lain diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan berkerumunan dengan banyak orang pun menjadi hal yang sangat tidak dianjurkan.

Mendapatkan kemampuan untuk memilih makanan yang lezat sekaligus sehat adalah satu hal yang menjadi kebutuhan bagi tiap orang. Utamanya para generasi milenial. Sebab masakan atau makanan yang dikonsumsi tak hanya harus nikmat di mulut akan tetapi meski sehat pula. Makanan yang sehat dan berkualitas menjadi sesuatu yang amat penting untuk diperhatikan oleh semua orang. Sebab sehat merupakan gaya hidup. Dengan memiliki kesehatan yang prima aktivitas rutin tak terganggu gara-gara terkena sakit. Selain itu kehalalan sebuah makanan juga menjadi prioritas bagi banyak orang terutama konsumen muslim. Masalah kehalalan tidak bisa ditawar lagi. Makanan yang dijual mesti harus memiliki sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Di beberapa perkantoran atau tempat kerja, para karyawan terkadang membawa makanan dari rumah untuk makan siangnya. Para karyawan tersebut ingin menu masakan yang lebih bervariasi. Jika hanya membeli di kantin maka biasanya menunya cuma itu-itu saja. Rasanya pun kadang tidak berubah karena yang memasak juga sama orangnya. Namun ketika membawa makanan dari rumah untuk makan siang maka rasanya akan beda dan menunya pun bisa berubah sesuai selera kita. Rasa dari masakan itu pun akan berbeda sebab yang memasaknya istri tercinta. Di samping itu, para karyawan akan lebih bisa menghemat pengeluaran karena tidak jajan.

Manfaat lainnya dari membawa makanan dari rumah pun ada yang lainnya. Lebih aman membawa makanan dari rumah itulah salah satu manfaat lainnya. Sikap ini didasari oleh sikap kehati-hatian dalam mengkonsumsi masakan. Mereka pingin sehat, nikmat dan tak lupa kehalalannya terjaga betul. Memang di perkantoran yang padat akan membuang waktu bila kita harus keluar mencari makan siang. Sebab sering sekali terjadi kemacetan yang luar biasa pada jam-jam sibuk terjadi di banyak kota. 

Beberapa pekerjaan akan terganggu tentu bila kita habiskan waktu di jalan. Ada pula sebagian pekerja yang tak sempat membuat sarapan dan bekal untuk makan siang di kantor. Jarak tempat tinggal dari rumah ke kantor yang terlalu jauh mengharuskan sang karyawan harus berangkat amat pagi. Di waktu sangat pagi rasanya sulit untuk bisa memasak untuk bekal. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak cukup lumayan. Kalau seorang karyawan harus menunggu selesai memasaknya maka bisa terlambat nanti datangnya ke kantor. Saat berangkatnya ke kantor pun akan dengan tergesa-gesa nantinya.

Nah, dari sini timbullah sebuah peluang usaha yang sangat prospektif. Yakni bisnis catering online. Usaha ini sama dengan catering pada umumnya hanya saja berbasis online dalam pelayanannya pada konsumen. Para calon pembeli atau pelanggan tinggal memilih menu dan memesan melalui internet. Tentu ini sangat praktis dan mudah sekali. 

Di banyak kota besar dan padat, usaha seperti ini sangat pesat perkembangannya. Ditunjang lagi trend dan gaya hidup berinternet sedang menjadi demam di masyarakat kita. Para calon pelanggan atau konsumen dari catering online ini tidak hanya dari para karywawan saja. Banyak orang yang potensial menggunakan jasa dari catering online ini. Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk mencoba usaha baru ini, berikut ada beberapa hal yang meski kita pertimbangkan guna mendapatkan kesuksesan.
1. Teruslah Melakukan Inovasi Baru
Sebab produk dari catering ini berupa masakan yang harus segera dikonsumsi, maka bisnis catering online ini pun target pasarnya terbatas di area-area yang terjangkau dengan cepat saja. Oleh karena itu bisnis seperti ini sementara hanya berpotensi besar jika di jalankan di perkotaan. Meski begitu, produk masakan ini akan di butuhkan setiap hari bahkan tidak hanya satu kali saja. Maka dari itu beberapa pelaku yang sudah berjalan bisa melayani sampai ratusan box masakan dalam setiap harinya. Karena bisnis ini semakin dikenal, semakin bermunculan juga para pelaku baru yang tergiur meraup keuntungan darinya. Maka tidak mengherankan jika berbagai inovasi baru terus ditawarkan demi bisa mendapatkan pelanggan, jika tidak bukan tidak mungkin juga jika bisnisnya sulit berkembang. Seperti dalam hal ragam menu yang di tawarkan, tentunya semakin banyak pilihan pelanggan akan semakin senang. Upaya yang di lakukan diataranya adalah dengan menggandeng para pelaku bisnis kuliner lainnya untuk berkumpul menjajakan menunya dalam satu situs katering online. Contoh inovasi lainnya ada juga yang mengkedepankan kecepatan pelayanan untuk pemesan, hingga yang menghadirkan menu-menu sehat, menu diet, dan lain sebagainya. Serta juga memperhatikan kehalalan dalam produk makanan yang disajikan.

2. Bisa Diawali Dari Bisnis Rumahan
Disebabkan makanan ditawarkan secara online, maka bisnis atau usaha ini juga berpotensi untuk dijalankan dengan skala kecil-kecilan dan rumahan. Untuk anda yang gemar memasak, sangat terbuka peluang besar untuk menjalankannya dengan cukup mudah serta minim biaya modal karena tidak membutuhkan tempat khusus untuk berjualan. Dapur rumah kita bisa disulap sebagai tempat usaha. Modalnya tentu saja sangat kecil. Semua orang bisa menjangkaunya. Bila nanti sudah berkembang dengan baik barulah ditambah modalnya. Jangkauan pasarnya pun nanti bisa diperluas.

3. Pelayanan Yang Cepat Dan Memuaskan
Tatkala orang ingin makan tentu karena memang sudah jamnya. Alias sudah merasa perutnya lapar. Dan ini tidak boleh ditunda-tunda. Pelanggan yang memesan kepada kita sangat ingin pesanannya makanan sampai di tempatnya tepat pada waktunya. Maka bagi pelaku usaha ini, sebaiknya membuat prosedur kerja sangat disiplin dalam pelayanan. Ini juga agar loyalitas pelanggan terjaga dan tidak berpindah ke tempat lainnya. Pelayanan mesti harus membuat kepuasan bagi pembeli atau pelanggan.

4. Media Promosi yang Tepat
Sekarang zamannya internet. Hampir segala hal selalu berhubungan dengan internet. Komunikasi manusia kini telah didominasi dengan media internet. Hampir setiap orang memiliki smartphone untuk mengakses internet. Maka apabila kita mau beriklan, tentu paling cocok juga dari melalui media internet ini. Ada facebook, twitter, line, instagram, whatsapp, google, dan sebagainya. Meskipun tak salah kita memasang banner atau spanduk di beberapa sudut lokasi yang ramai dengan lalu lalang orang. Supaya usaha kita akan menjadi lebih terkenal bagi banyak orang.

Itulah beberapa hal penting dalam bisnis katering online ini. Tahun 2021 diprediksi bisnis ini akan meningkat pesat. Untuk menggapai kesuksesan jangan lupa kita berdoa dan bersedekah kepada orang yang memerlukan. Ini adalah nilai tambah terpenting. Semoga menjadi sumber manfaat untuk mengilhami anda para pembaca mulai berbisnis. Salam sukses selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Wow, Peluang Bisnis Catering Online Semakin Menjanjikan di Tahun 2021