Peluang Usaha Bisnis Parfum Profesional

Peluang Usaha Bisnis Parfum Profesional
Peluang usaha bisnis parfum profesional yang dikelola secara benar sangat memungkinkan akan menghasilkan laba yang besar. Apabila teman-teman masih belum mendapatkan target yang diinginkan maka perlu dilakukan evaluasi terhadap bisnisnya masing-masing. Perlu peningkatan strategi khusus yang berbeda dari sebelumnya. Bisa pula dengan penguatan segala lini yang menopang suksesnya bisnis parfum ini. Temui pula para mentor atau guru bisnis untuk sekedar minta saran dan ilmu yang berkaitan dengan bisnis kita. Dengan segala kerendahan hati kita sampaikan kesulitan yang dihadapi. Insya Allah, mereka akan dengan senang hati berbagi. Memang itulah ciri-ciri orang yang sudah sukses. Suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman. Hal ini dilakukan untuk mereka yang sudah berjalan bagus usaha parfumnya. 

Untuk teman-teman yang masih bingung mau membuka usaha apa tentu tidak langsung melakukan langkah strategis seperti di atas. Pertama kali kita harus berpikir dahulu mau milih membuka usaha atau bisnis apa? Ini pertanyaan yang amat mendasar untuk segera dijawab. Tidak bijak bila memulai berbisnis hanya sekadar coba-coba saja. Iya kalau dicoba berhasil beruntung sekali. Namun, kalau usaha itu gagal dan bangkrut maka kita tentu akan merugi. Niatan hanya coba-coba boleh dilakukan namun tidak disarankan. Pada umumnya, mereka yang hanya model coba-coba ini akan berhenti di tengah jalan gara-gara ada hambatan atau masalah yang menghadangnya. Meskipun masalah yang dihadapi tersebut bukan hal yang besar dan amat krusial. Padahal, kita semua tahu bahwa seluruh bisnis tentu akan menemui hambatan dan tantangan. Hampir tidak ada orang menjalankan bisnis tanpa ada kesulitan sama sekali. Semua ada tantangan dengan jenis dan volume yang beraneka.

Nah, kali ini saya akan  menawarkan ide untuk mengambil peluang usaha bisnis parfum profesional. Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya parfum ini. Parfum disebut juga minyak wangi. Aroma wanginya inilah yang dimanfaatkan oleh para pemakainya. Sudah sejak ribuan tahun yang lalu orang mengenal parfum. Menurut situs wikipedia, Kata parfum sendiri berasal dari bahasa latin "per fume" yang memiliki arti "melalui asap". Kegunaan parfum pada awalnya yang berbentuk dupa dan herbal aromatik untuk kegiatan keagamaan pada saat itu. Parfum masuk ke dalam kebudayaan. Mengenai pemakaian botol parfum, negeri Mesir yang memulainya. Kurang lebih pada 1000 tahun sebelum masehi. Mesir yang menemukan gelas serta botol parfum. Parfum terbentuk dari campuran minyak esensial dan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, objek seperti pakaian atau sebuah ruangan. Parfum bukan barang yang mahal tetapi sudah menjadi kebutuhan banyak orang.

Parfum sangat erat kaitannya dengan fashion atau dunia pakaian. Setiap orang memakai pakaian yang disukai atau paling bagus tentu saja menggunakan wewangian pilihan. Berpakaian rapi, indah, dan mahal harganya tapi kalau tanpa parfum kayaknya ada yang kurang begitu. Bahkan dalam keseharian kita pun parfum tidak pernah ditinggalkan. Hendaka memakai pakaian maka parfum menjadi pelengkapnya. Pakaian atau sandang termasuk kebutuhan pokok manusia. Maka parfum pun ikut menjadi penopang kebutuhan pokok tersebut. Keberadaannya sangat penting dalam kehidupan manusia. Baik dari kalangan ekonomi bawah, menengah maupun atas. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Di pedesaan dan perkotaan pun sama saja mengenai hal ini.

Bila seseorang sudah mantap dan senang dengan sebuah bidang maka ia tidak gampang beralih ke bidang usaha yang lainnya. Dalam sebuah bisnis bila hendak menjadi seorang master atau pengusaha yang benar-benar sukses perlu memiliki jam terbang tinggi. Artinya orang itu sudah bergelut di bidang itu dalam kurun waktu yang lama. Tatkala ada masalah dalam bisnisnya ia tidak terburu-buru. Ia mencari solusi jitu dengan kreatif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapainya. Jadi, bukan dengan melakukan langkah yang kurang tepat dalam menyelesaikan persoalan bisnis. Ada banyak orang yang ketika menghadapi problematika bisnis yang rumit maka ia lantas langsung berhenti dan pindah ke bidang bisnis lainnya. Dengan memunculkan alasan, " ah, bidang ini gak cocok buat saya". Tatkala cara berpikir seperti ini digunakan maka sulit seseorang pengusaha bisa menjadi master dalam bisnisnya. Terasa sulit untuk bisa mempertahankan bisnisnya sampai tahun ke sepuluh. Bahkan untuk sampai ke tahun ke lima saja akan susah ditempuh. Untuk anda yang hendak menjadi seorang pengusaha sukses parfum maka perlu memiliki jam terbang tinggi. Bisnis anda mesti dirawat sebaik mungkin sehingga bisa bertahan sampai puluhan tahun bahkan sampai ratusan tahun.

Jika seseorang yang berpikir tentang modal dulu bila hendak berbisnis maka peluang usaha rumahan ini tidak butuh modal yang besar. Bagi teman-teman yang tertarik untuk masuk ke bidang usaha ini, ada baiknya mengikuti tips-tips berikut.
1. Memilih lokasi yang strategis.
Lokasi yang banyak dilewati banyak orang adalah contohnya. Tentu tempat itu tidak jauh-jauh dari lingkungan perbelanjaan, jalan raya, perkantoran, dan kampus. Mungkin juga sekolah, tetapi kita  juga harus memperhatikan tipe sekolahnya. Yang perlu anda perhatikan adalah, rata-rata orang yang memilih memakai parfum diantaranya adalah kalangan mahasiswa dan karyawan. Meskipun di luar kalangan tersebut juga amat potensial. Mengenai tempat atau ruangnya, usahakan memilih kios yang berukuran kecil saja karena parfum isi ulang tidak membutuhkan tempat yang luas. Hal ini dapat menghemat modal kita. Kita tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menyewa tempat usaha.

2. Memilih para karyawan yang handal.
Maksud handal di sini tidak hanya terampil dan kompeten dalam hal dunia peparfuman saja. Selain punya dua hal tersebut sang karyawan yang kita cari ialah yang punya kehidupan agama yang baik, jujur, dan sopan. Kehidupan agama yang baik bisa dilihat dengan ia rajin beribadah. Rajin menjalankan shalat lima waktu dengan tertib misalnya. Tentang kejujuran bisa dicek rekam jejaknya sebelumnya. Namun, pada umumnya bila ibadahnya baik maka sikap jujur itu otomatis akan dimilikinya. Ada orang yang berpandangan untuk lebih memilih karyawan dari keluarga atau orang terdekat terlebih dahulu. Menurut hemat saya, ada kelebihan dan kekurangan dalam hal ini. Kelebihannya yakni bisa menciptakan lapangan kerja bagi keluarga dekat. Namun, kelemahanya ialah kita nanti akan terhambat dalam hal memerintah saudara sendiri dan penegakkan kedisiplinan dalam bekerja. Tetapi bila teman-teman bisa mengatasi hal ini, tidak ada salahnya menjadikan kerabat sebagai karyawan.

3. Promosikan bisnis parfum kita.
Peluang usaha bisnis parfum profesional kita akan mulai berjalan bila sudah ada kegiatan promosi. Inilah langkah penting yang tak boleh ditinggalkan sama sekali. Alat-alat untuk iklan kini sudah banyak. Dari yang sederhana hingga yang butuh biaya besar. Tetapi untuk tingkat pemula kami sarankan untuk memilih yang sederhana namun mengena. Buat saja satu banner di depan kios. Itu sudah cukup. Kemudian berlanjut dengan mengirimkan foto banner toko parfum kita itu ke media sosial.

4. Selalu update produknya
Parfum dipilih sebagai bahan untuk membuat pakaian dan aksesoris yang dipakai seseorang menjadi wangi. Dalam setiap periode tertentu, ada baiknya bila selalu memperbarui produk-produk parfum yang kita jual. Konsep seperti ini akan dianggap menarik oleh para pembeli atau pelanggan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Bisnis Parfum Profesional