Peluang Usaha Jilid Skripsi dan Tesis

Peluang Bisnis Jilid Skripsi dan Tesis
Banyak jalan orang untuk mendapatkan uang. Salah satu caranya yakni dengan menjalankan sebuah bisnis. Ragam dari bisnis ini pun amat banyak pilihannya. Tergantung kita mau mengambil jenis bisnis yang mana. Jika melihat macam dari bisnis ini maka seseorang pemula umumnya akan kebingungan. Hal itu karena begitu banyak jenisnya. Belum lagi semua bisnis itu selalu memberikan peluang sukses yang amat menjanjikan. Iming-iming untuk bisa hidup kaya raya dan sejahtera dari melakukan sebuah bisnis memang begitu menggiurkan. Semua orang ingin untuk bisa hidup lebih sejahtera ekonominya. Mereka sudah lelah dengan kondisi ekonomi diri dan keluarga yang kurang bagus.

Diantara aneka bisnis yang ada itu terdapat beberapa yang rumit dan ada pula yang sederhana dalam menjalankannya. Sebuah bisnis yang sederhana biasanya banyak yang menyukainya. Kalau diperhatikan bisnis tersebut terlihat rumit maka banyak orang yang ragu dan gamang untuk memulainya. Berbeda bila bisnis yang hendak dicoba itu amat sederhana. Baik bisnis yang rumit maupun sederhana semuanya menjanjikan kesuksesan. Semua tergantung dari bagaimana menjalankannya. Peluang usaha jilid skripsi dan tesis bisa menjadi alternatif bisnis sederhana yang menggiurkan bagi kita. Bagaimana tidak? Saat ini usaha seperti ini jarang yang melakukannya. Kalau usaha foto copy memang banyak sekali tetapi tidak semuanya mereka membuka jasa penjilidan skripsi dan tesis.

Teman-teman tentu sangat paham bahwa sekarang ini jumlah perguruan tinggi banyak sekali. Bak bagai jamur di musim penghujan. Mereka yang mendirikan perguruan tinggi ini tentu begitu paham dengan potensi mahasiswa yang akan masuk ke kampusnya. Banyaknya lulusan SMA dan SMK menjadi data yang menarik bagi para pendiri perguruan tinggi swasta. Minat untuk anak-anak lulusan sekolah menengah atas atau kejuruan yang melanjutkan ke perguruan tinggi pun relatif naik dari waktu ke waktu. Kesadaran masyarakat terhadap bidang pendidikan memang begitu besar. Para orang tua tidak segan mengeluarkan biaya besar guna memasukkan anak-anaknya ke perguruan tinggi. Jika itu perguruan tinggi negeri maka yang mengurusi atau mengeolanya adalah negara. Sedang untuk perguruan tinggi swasta maka biasanya pihak swasta yang mengelolanya. Potensi ini tidak disia-siakan begitu saja. Dengan segala pertimbangan maka didirikanlah sebuah beberapa perguruan tinggi pada suatu kota atau daerah. Perguruan tinggi memiliki beberapa jenis diantaranya sekolah tinggi, institut, akademi, politeknik, dan universitas. Di sana banyak program, baik itu yang dibuka untuk program diploma, sarjana, maupun magister.

Dalam satu kota biasanya terdapat sebuah perguruan tinggi. Jumlah mahasiswanya pun juga lumayan besar. Itu dalam sebuah kota yang kecil. Kalau di kota besar maka bisa kita jumpai puluhan perguruan tinggi. Tentu saja jumlah mahasiswanya bisa ribuan. Setiap mahasiswa yang akan mengakhiri program studinya biasanya membuat skripsi. Membuat karya berupa skripsi ini menjadi syarat untuk bisa lulus sarjana atau strata satu. Belum lagi bila mahasiswa dari program pasca sarjana. Mereka mesti membuat tesis untuk mengakhiri studinya. Hal ini karena menjadi syarat untuk kelulusannya.

Mereka para mahasiswa umumnya tidak bisa menjilid sendiri skripsi atau tesisnya. Biasanya mesti menggunakan jasa orang lain. Menjilid skripsi dan tesis ini memang perlu ketrampilan khusus. Bila hanya asal-asalan maka hasilnya pun tidak rapi dan bagus. Padahal, skripsi dan tesis ini digunakan seumur hidup. Persis sebagaiman foto untuk ijazah. Kalau hasilnya jilid tak bagus maka bisa mengecewakan. Konsep atau bentuk atau penjilidan skripsi dan tesis sebenarnya juga digunakan untuk buku, Al-Quran, dan beberapa kumpulan dokumen lainnya. Termasuk pula ketika para mahasiswa mengikuti proses belajar mengajar di kampus. Tidak jarang para dosen memberikan tugas baik itu untuk individu maupun kelompok. Dalam tugas tersebut hasilnya mesti dijilid dengan mirip seperti skripsi. Kalau menjilidkan skripsi mungkin hanya sekali dua kali bagi seorang mahasiswa. Namun, menjilidkan tugas kuliah bisa berkali-kali selama masih menjadi mahasiswa.

Banyak orang yang membutuhkan jasa penjilidan untuk skripsi dan tesis ini. Melihat kenyataan seperti itu maka ada peluang bisnis yang bisa kita ambil. Meskipun memang banyak pula tempat yang melayani jasa penjilidan skripsi dan tesis ini. Tetapi karena potensi pasarnya masih terbilang prospek maka tidaklah salah bila kita pun ikut ambil bagian dalam peluang usaha jilid skripsi dan tesis ini. Hal-hal yang perlu dipersiapkan tentunya mengenai keahlian atau ketrampilan untuk bisa menjilid skripsi dan tesis. Kalau kita belum bisa maka mulailah untuk belajar dan berlatih. Jika hasilnya belum bagus dan rapi maka sebaiknya jangan menangani langsung jasa penjilidan dari konsumen.

Selain belajar untuk menjilid skripsi dan tesis supaya menjadi rapi betul maka kita pun memulai untuk mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Kalau tidak mampu membeli dengan harga yang mahal bisa juga dengan membeli dalam keadaan bekas. Suatu saat bila sudah sukses maka bisa membeli yang baru. Kemudian bila sudah siap dengan segala perlengkapan dan juga ketrampilan mengerjakan jilid sekarang tinggal praktekkan. Sebelumnya perlu teman-teman melakukan promosi terlebih dahulu sehingga banyak orang sebagai calon konsumen tahu. Bisa dengan membuat baner yang berisikan tulisan telah dibuka jasa penjilidan skripsi dan tesis. Atau bisa kita bagikan info ini melalu media sosial yang kini banyak yang menggunakannya. Tujuannya supaya orang lain menjadi tahu.

Mengenai tempat kalau punya uang sebaiknya cari dengan menyewa di sekitar kampus. Atau setidaknya tempat yang mudah dijangkau oleh khalayak ramai. Tetapi kalau tidak punya uang yang cukup maka bisa kita kerjakan saja dari rumah. Kita bisa lakukan layanan jemput bola kepada konsumen. Dengan ditambah ongkos transportasi sedikit, konsumen tidak akan merasa keberatan. Bahkan mereka akan merasa lebih nyaman dan praktis. Orang di zaman sekarang semuanya pingin instan dan praktis. Mereka memilik pekerjaan yang semakin sibuk. Bila seorang mahasiswa biasanya mereka sibuk dengan aneka tugas kuliah. Di samping itu, tidak sedikit dari para mahasiswa yang mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Usaha bidang jasa sangat menekankan kepada pelayanan. Utamakan pelayanan kepada konsumen. Kalau perlu gunakan pelayanan yang lebih dari standar pada umumnya. Kita perlu memberikan nilai lebih kepada usaha jilid skripsi dan tesis yang dikelola. Maksud kami, kita memberi ciri khas kepada pelayanan dari usaha jilid ini. Sebisanya ciri khas itu menjadi penanda khusus tersendiri bagi kita. Misalnya saja jasa pelayanan jilid skripsi dan tesis kita tidak pakai lama. Bahkan bisa ditunggu dalam waktu beberapa jam. Itu pun menunggunya tidak di tempat kita tetapi cukup nanti diantar ke rumah atau kampus sang mahasiswa. Hal ini tentu menjadikan para konsumen senang. Kala kita sudah memberikan pelayanan terbaik dan punya nilai lebih maka konsumen pun akan setia kepada kita. Bahkan mereka dengan senang hati melakukan promosi kepada orang lain tanpa kita minta sama sekali. Sebagai contoh pelanggan seorang mahasiswa itu membuat update status di whatsapp dan facebook yang berisi ucapan terima kasih kepada kita karena telah dilayani penjilidan dengan memuaskan. Sekarang tinggal kita usahakan bisnis ini berjalan maju pesar. Segala proses dilalui dengan baik. Sampai di sini kita bisa mempraktekan bisnis ini. Semoga anda semua sukses dalam menjalankan usaha ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Jilid Skripsi dan Tesis