Peluang Usaha Saat Pandemi Corona

Peluang usaha saat pandemi corona sangat dicari oleh banyak orang. Betapa tidak. Masyarakat kini sedang menghadapi pandemi virus corona atau covid-19. Munculnya pandemi ini banyak berpengaruh kepada sektor riil. Akibatnya kehidupan ekonomi pun menjadi terganggu. Setidaknya bisa kita temukan banyak jenis usaha yang terpaksa harus berhenti untuk sementara waktu. Mau tidak mau mereka harus menghadapi masa yang amat sulit ini. Namun begitu, semua keadaaan ini harus dihadapi dengan sabar dan tabah. Tak terlalu penting untuk menyalahkan orang atau pihak lain. Semua orang sedang menghadapi ujian dengan mewabahnya penyakit virus corona atau covid-19. Di beberapa daerah diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 ini. Dimana-mana juga diterapkan physical distancing.

Di tengah berbagai usaha yang berhenti atau bahkan ada yang sampai gulung tikar, ternyata ada beberapa peluang usaha yang malah sebaliknya. Terdapat beberapa bisnis yang berkembang dengan baik pada masa meluasnya wabah covid-19 ini. Bahkan omset bisnis-bisnis tersebut mengalami kenaikan yang signifikan. Ada seorang bijak yang mengatakan begini, bahwasannya dibalik masalah itu pasti ada peluang. Ini bagi mereka yang punya naluri bisnis kuat. Karena mereka selalu dapat melihat peluang di setiap masalah. Bukan malah sebaliknya, orang yang selalu melihat masalah di setiap peluang. Tentu yang seperti ini tidak akan banyak memberi manfaat bagi kemajuan diri seorang pebisnis khususnya dan tiap orang pada umumnya.

Maka tidak salah bahwa beberapa peluang usaha saat pandemi Covid-19 ini sangat dicari. Apalagi bagi orang-orang yang pada saat ini mendampatkan dampak serius pada bisnisnya dan juga kehidupan ekonominya. Termasuk pula bagi mereka para calon usahawan yang sedang mencari-cari peluang usaha paling cocok buat mereka. Nah, berikut ini terdapat 17 bisnis terbaik dan menarik saat pandemi corona.
bisnis masker kain

1. Bisnis Masker Kain
Sebagaimana telah disosialisakan oleh berbagai pihak terkait dalam penanganan dan pencegahan virus corona ini, penggunaan masker kain diwajibkan kepada seluruh masyarakat yang keluar dari rumah. Entah itu anak-anak atau orang dewasa semua diperintahkan untuk memakainya. Konon masker kain ini pun tidak baik bila digunakan lebih dari 4 jam. Ini artinya masker yang telah dipakai selama durasi 4 jam harus segera dicuci. Pemakainya pun mesti menggunakan masker kain yang lainnya. Sedikit ilustrasi ini telah menggambarkan bahwa frekuensi penggunaan master amat tinggi. Tentu saja, akhirnya jumlah permintaan akan masker kain ini di tengah masyarakat sangat tinggi. Perlu jumlah masker yang banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Maka muncullah peluang usaha baru dalam bidang produksi masker kain. Untuk selanjutnya, setelah proses produksi selesai perlu pula dilakukan proses penjualan masker ini. Sehingga masker kain bisa sampai ke tangan konsumen. Ini pun juga sebuah peluang bisnis yang baru.

2. Bisnis Pakaian Alat Pelindung Diri atau APD
Menghadapi meluasnya wabah virus corona atau covid-19 ini, banyak orang yang memerlukan untuk memiliki pakaian APD. Terutama mereka yang memiliki pekerjaan atau kegiatan yang berkaitan langsung dengan orang banyak. Mereka ingin terlindung dari penularan penyakit corona yang belum ditemukan obatnya ini. Pakaian APD ini amat vital perannya dan bahkan wajib untuk dipakai bagi para tenaga medis atau orang-orang yang terkait dengan itu. Bisa dipastikan kini permintaan terhadap pakaian APD meningkat pesat. Kebutuhan pakaian APD yang meningkat ini bisa dijawab dengan produksi yang mesti meningkat pula. Inilah sebuah peluang usaha yang dapat diambil oleh kita semua yang mau. Bisa di bidang produksinya atau pada bidang penjualannya.

bisnis hand sanitizer

3. Bisnis Hand Sanitizer
Cairan hand sanitizer disarankan oleh para ahli kesehatan untuk digunakan di dalam upaya pencegahan virus covid-19. Setiap kita memegang sesuatu yang telah dipegang oleh orang lain maka dianjurkan untuk menggunakan cairan ini pada kedua tangan. Ini untuk mencegah penularan virus covid-19. Di berbagai tempat kita mendapati banyak orang yang telah menggunakannya. Karena ini terbukti lebih praktis dan penyimpanan cairan di dalam botol kecil bisa dibawa kemana-mana. Saat harus pergi ke luar rumah maka tinggal memasukan botol yang berisi hand sanitizer ini di kantong baju. Sangatlah jelas bahwa kebutuhan akan hand sanitizer ini begitu besar. Maka peluang usaha dalam pembuatan dan penjualan hand sanitizer sangatlah menjanjikan di tengah pandemi corona ini.

4. Bisnis Disinfektan
Menghadapi wabah pandemi covid-19 di berbagai tempat disiagakan pos-pos pencegahan. Di samping itu, masyarakat secara luas pun tanggap dengan kejadian yang luar biasa ini. Salah satu tindakan tanggap wabah itu yakni dengan aktif melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat tertentu misalnya di rumah, perkantoran, tempat ibadah, halte, stasiun, mobil, dan sebagainya. Benda-benda yang diduga terdapat atau terkontaminasi virus dan bakteri segera disemprot dengan cairan disinfektan. Di tingkat RT pun sering dilakukan penyemprotan disinfektan. Mengenai bahan disinfektan yang dipakai biasanya masyarakat ada yang membuat racikan sendiri dan ada pula yang membeli. Pengalaman di lapangan, banyak dari mereka yang lebih memilih membeli saja dari pada membuat sendiri. Mereka tidak ingin repot karena urusan tiap orang juga sangat banyak. Ini pun bisa menjadi peluang bisnis yang baru yakni membuat disinfektan. Kemudian tinggal dipasarkan dengan metode yang terbaik. Di pasaran permintaan disinfektan ini begitu tinggi.

5. Bisnis Katering Harian
Usaha katering harian menjadi peluang usaha yang bisa kita ambil di saat meluasnya wabah virus corona. Keadaan yang seperti saat ini membuat orang yang punya uang malas dan memang dianjurkan untuk tidak banyak keluar rumah. Akibatnya untuk memasak yang enak-enak dan sesuai selera seluruh anggota keluarga pun agak sulit dilakukan. Karena untuk memasak tentu memerlukan bahan dan bumbu tertentu. Tidak setiap dapur mempunyai bahan dan bumbu tersebut. Menggunakan jasa katering harian menjadi solusi terbaik. Tinggal menghubungi sebuah tempat katering maka dalam beberapa waktu akan diantar masakan itu ke rumah kita. Tentu ini amat mudah dan praktis dikerjakan. Maka bisnis katering harian menjadi peluang usaha yang menjanjikan di saat wabah covid-19 ini.

6. Bisnis Sayuran Online
Maksud sayuran online di sini ialah menjual sayur mayur secara online. Coba kita tengok ke kiri kanan kita. Hampir seluruh orang memiliki handphone. Maka untuk berjualan sayuran secara online pun sudah tidak ada kesulitan yang berarti. Misalnya kita pakai aplikasi facebook dan whatsapp yang sudah banyak familier bagi masyarakat umum. Seseorang tinggal pesan dan kita sebagai penjual mengantarkan sayuran yang dimaksud ke rumahnya. Di tengah pandemi corona ini, banyak dianjurkan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya dengan memperbanyak makan sayur mayur.

7. Bisnis Makanan Olahan Beku atau Frozen Food
Di tengah wabah covid-19 masyarakat banyak juga yang mencari makanan olahan beku. Misalnya makanan olahan beku dari daging ayam dan sapi. Kebutuhan akan frozen food yang meningkat ini bisa menjadi peluang usaha saat pandemi corona yang bisa kita ambil.

8. Bisnis Kurma
Bulan suci ramadhan tahun ini tiba di saat pandemi corona. Umat Islam yang mengerjakan ibadah puasa di bulan ramadhan sangat membutuhkan buah kurma sebagai menu berbuka. Hal itu sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja karena ada wabah covid-19 ini orang-orang diperintahkan untuk tidak keluar dari rumah. Maka untuk mencari buah kurma pun akan kesulitan. Buah kurma sendiri memang banyak jenisnya, diantaranya: sukari, naghol, ajwa, ambera, medjool, dan lain-lain. Kebutuhan kurma yang tinggi di bulan ramadhan ini bisa menjadi ide untuk kita berjualan kurma. 

9. Bisnis Madu
Bisnis madu akan selalu cemerlang. Apalagi pada saat kondisi menyebarnya wabah penyakit corona seperti sekarang ini. Madu telah diyakini secara turun temurun sebagai minuman yang kaya nutrisi. Mengkonsumsi madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal yang sangat penting agar tidak mudah sakit. Masih banyak lagi manfaat dari madu ini. Mengetahui bahwa madu memiliki beraneka manfaat yang luar biasa ini maka banyak orang yang membelinya. Keadaan menyebarnya wabah corona ini semakin meningkat jumlah orang yang mencari madu. Dengan demikian, bisnis madu bisa menjadi peluang yang sangat cemerlang untuk saat ini. 

10. Bisnis Jus buah
Banyak makan buah amat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Maka tidaklah mengherankan bila peluang bisnis jus buah menjadi hal yang sangat menjanjikan untuk saat ini. Banyak orang yang akan mencari jus buah untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuhnya. Ditambah lagi di bulan ramadhan ini jus buah amat dinikmati sebagai menu berbuka puasa.

11. Bisnis Empon-empon
Empon-empon kini banyak dicari oleh banyak orang. Empon-empon memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan tubuh. Aneka jamu juga memiliki bahan dasar dari dari empon-empon. Saat sekarang ini, kala pandemi corona maka banyak orang yang mencari atau membeli empon-empon untuk menjaga kesehatan dirinya. Maka bisnis empon-empon ini bersinar di saat pandemi corona. Layak untuk dilirik.

12. Bisnis Parsel Lebaran
Meskipun di hari lebaran masih dalam suasana pandemi corona, kebahagiaan di hari itu tidaklah boleh berkurang. Saling mengirim parsel menjadi pilihan terbaik untuk berbagi kebahagiaan. Tidak bisa bertemu langsung kepada orang-orang yang dicintai karena pandemi corona yang mengharuskan physical distancing dapat diganti dengan mengirimkan parsel istimewa lebaran. Maka bisnis parsel menjadi peluang usaha menarik untuk diambil. Karena diprediksi akan semakin banyak orang berkirim parsel.

13. Bisnis Kue Kering
Sebagaimana hari lebaran pada tahun sebelumnya, menyajikan kue kering di meja tamu tetaplah menjadi kebiasaan. Meskipun dalam kondisi pandemi corona, tetap saja hal ini dilakukan. Maka bisnis kue kering tetaplah menjanjikan. Tetapi hendaknya dilakukan dengan serba online sebab dalam kondisi pandemi ini kita diminta untuk melakukan physical distancing.

14. Bisnis Camilan
Adanya pandemi corona mengharuskan banyak hal dilakukan di rumah. Kegiatan ke luar rumah dikurangi semaksimal mungkin. Bahkan bekerja pun dari rumah. Ketika mengerjakan banyak tugas atau pekerjaan di rumah amat cocok bila ditemani dengan makanan camilan. Tidak hanya saat bekerja saja, sudah banyak yang memiliki kebiasaan bila sedang di rumah itu sembari makan camilan. Maka di kala pandemi ini pun sangat cocok bila kita mengambil bisnis camilan. Pemasaran dan penjualannya tentu secara online. 

15. Bisnis Pakaian Muslim
Kebiasaan sebagian besar masyarakat membeli pakaian yang baru bila menjelang hari lebaran tiba. Meskipun di tengah pandemi corona minat masyarakat untuk membeli pakaian muslim ini tetaplah besar. Maka peluang bisnis pakaian muslim layak untuk diambil. 

16. Bisnis Aplikasi Pendidikan Online
Di masa pandemi corona ini tidak hanya bekerja saja yang dari rumah, belajar pun juga diminta dari rumah. Untuk mendukung belajar dari rumah dibutuhkan aplikasi pendidikan online. Para orang tua pun akan mencari aplikasi semacam itu. Maka muncullah peluang usaha baru yang amat menjanjikan yakni bisnis aplikasi pendidikan online. 

17. Bisnis Pulsa dan Paket Data
Segala kegiatan di masa pandemi membutuhkan layanan internet. Komunikasi lebih banyak memakai jaringan internet. Maka kebutuhan akan pulsa dan paket data semakin meningkat dibanding masa sebelum pandemi corona. Hal ini tentunya menjadikan bisnis pulsa dan paket data menjadi laris manis.

Kita bisa memilih diantara 17 peluang usaha saat pandemi corona tersebut. Bisa disesuaikan dengan minat yang dimiliki teman-teman sekalian. Semua bentuk usaha di atas sangat mungkin menjadikan teman-teman sukses. Hanya saja cara bermain atau menjalankan suatu usaha akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan teman-teman. Semoga artikel ini memberikan sumbangsih pemikiran dan wawasan usaha bagi semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Saat Pandemi Corona