Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Tahun 2024

Mencari peluang usaha sampingan untuk karyawan pada tahun 2024 ini cukup penting lho. Posisi menjadi karyawan dalam sebuah perusahaan tetaplah mulia. Mereka bekerja dengan menghabiskan waktu dan tenaganya untuk sebuah karya di perusahaan. Tidak sedikit waktu yang mereka habiskan dalam hidup ini demi menjalankan tugasnya. Sebagai seorang karyawan mereka telah banyak berjasa besar bagi suatu perusahaan tempat mereka bekerja.


Tak hanya waktu saja. Tenaga pun banyak yang telah diberikan para karyawan kepada perusahaannya. Tidak sedikit keringat yang keluar dari seorang karyawan yang telah dikeluarkannya dalam rangka bekerja. Semua didedikasikan guna menjadikan sebuah karya terbaik untuk perusahaannya.


Seorang karyawan memiliki kebutuhan hidup sehari-hari. Sama dengan orang lain. Profesi sebagai pengusaha dan lainnya pun sama dengan para karyawan yang punya kebutuhan hidup sehari-hari. Ada kalanya seorang karyawan memiliki kebutuhan yang lebih dari kebutuhan pokok manusia sehari-hari sebagaimana orang lain. Tidak hanya butuh makan dan minum saja. Atau pakaian dan rumah untuk tempat tinggal saja.


Misalnya seorang karyawan harus memasukkan anaknya ke perguruan tinggi. Dalam menyekolahkan anak ke perguruan tinggi tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentunya kita perlu uang yang banyak dalam mengkuliahkan anak ke perguruan tinggi itu. Dari sini terkadang biaya untuk kuliah itu tidak tercukupi dari sekedar gaji dari perusahaannya tempat bekerja.


Seorang karyawan mesti harus memutar otaknya. Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan hidup berupa mengkuliahkan anak ke perguruan tinggi ini? Maka mencari penghasilan lain selain dari perusahaan menjadi langkah yang tepat. Dari jam kerja seorang karyawan tentu ada jam yang masih tersisa.


Dari sisa jam tersebut bisa kita manfaatkan untuk mencari pendapatan lain. Mencari usaha sampingan bagi seorang karyawan menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. Tentu ini tidak hanya asal-asalan saja dalam memilih usaha sampingan apa yang paling tepat bagi seseorang. Ada kalanya satu orang berbeda dengan orang lain dalam hal pemilihan usaha sampingan ini.


Teman-teman pembaca buletinbisnis.com yang berbahagia. Berikut ini ada beberapa usaha sampingan karyawan yang bisa kita lakukan sebagai seorang karyawan. Selamat menyimaknya.

usaha laundry rumahan


1. Membuka usaha laundry rumahan

Ini bukan hal yang baru tentu saja. Di perkotaan usaha ini sangatlah banyak. Namun, untuk sekarang ini di pedesaaan pun tidak kalah banyak orang yang membuka usaha laundry ini. Ini artinya pasar untuk laundry ini besar sekali. Lalu, kalau membuka usaha laundry yang baru apakah masih ada peluang untuk laku? Dengan pangsa pasar yang luas tentu saja peluang untuk laku ini masih besar. Tidak tertutup kemungkinan dari sekian banyak tempat usaha laundry ini yang masih belum bisa memenuhi harapan konsumen. Terkadang malah menolak order gegara sudah penuh pekerjaan laundry di sebuah tempat. Usaha laundry termasuk mudah dan bisa dilakukan di rumah guna menjadi usaha sampingan para karyawan.

beli online


2. Jual beli online

Para karyawan juga bisa mengisi waktu sengganggnya dengan berbisnis online. Kita bisa gunakan perangkat hp kita untuk melakukan usaha sederhana ini. Dengan memiliki HP kita bisa memiliki akun media sosial. Dengan media sosial atau medsos itu kita bisa pakai untuk jualan online. Cukup upload foto dari produk yang kita miliki ke medsos (media sosial). Nantinya akan ada yang menanyakan ke kita untuk membelinya. Barulah nanti terjadi transaksi.

usaha makanan ringan


3. Membuat makanan ringan

Kita bisa membuat makanan ringan untuk menambah pendapatan keluarga. Waktu para karyawan dapat dimanfaatkan untuk membuat makanan ringan yang bisa dibuat. Lalu makanan ringan tersebut bisa kita jual ke warung-warung. Bisa juga dititipkan saja ke warung-warung. Membuat makanan ringan tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Maka ini kita harus pilih makanan ringan yang mudah dibuat.


4. Usaha barang bekas

Jangan dikira usaha jual beli barang bekas ini tidak menghasilkan rupiah. Bila kita tekuni maka usaha sederhana ini akan begitu menghasilkan lho. Usaha barang bekas bisa kita lakukan di waktu sedang tidak bekerja. Kita cukup mencari barang bekas di lingkungan kita. Lalu dikumpulkan di sekitar rumah kita. Saat sudah banyak baru kita jual lagi. Ada kalanya barang bekas yang kita kumpulkan itu gratis tidak perlu keluar uang. Karena barang bekas tersebut sudah dibuang ke tempat sampah. Namun, terkadang harus kita keluar uang untuk membelinya sebab sudah dikumpulkan dengan rapi oleh orang lain. 


5. Menjadi ojek motor

Kita bisa manfaatkan sepeda motor kita untuk ojek. Kita buka jasa antar barang atau orang dengan sepeda motor kita. Tidak mesti harus model ojek online. Kita bisa pakai ojek biasa saja. Pengguna jasa ini bisa dari orang yang dekat dengan rumah kita atau siapa saja. Hanya saja kita mesti membuat tarif yang bersaing dengan model ojek online yang ada.


6. Usaha pengemudi mobil online

Kita juga bisa menjadi pengemudi mobil online. Syaratnya dengan kita bisa menyetir mobil. Lebih baik lagi kalau punya mobil sendiri. Waktu yang tersisa di luar bekerja di perusahaan kita bisa manfaatkan untuk menjadi pengemudi mobil online.

usaha warung kelontong


7. Membuka warung kelontong

Kita pun bisa membuka warung kelontong lho. Kebutuhan masyarakat di sekitar rumah kita bisa kita data. Lalu kita mulai membuka warung kelontong tersebut. Tentu saja di awal kita hanya menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga yang terbatas dulu. Sesuai dengan modal yang kita miliki. Kalau nanti sudah jalan baru ditambah item barangnya. Saat kita pergi bekerja maka bisa kita minta istri atau anak untuk menjaga warung tersebut.


Tentunya masih banyak jenis peluang usaha sampingan untuk karyawan. Hanya saja beberapa jenis usaha di atas rasanya sudah bisa kita praktekkan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Dalam perjalanan masanya tidak tertutup kemungkinan usaha sampingan ini malah memberikan rezeki yang lebih besar dibanding dari hasil bekerja sebagai karyawan. Maka semua harus dijalani dengan tekun. Tidak lupa untuk rajin berdoa agar dimudahkan untuk sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Tahun 2024