Membaca Peluang Bisnis Jualan Ikan Laut

Membaca Peluang Bisnis Jualan Ikan Laut

Laut menjadi bagian permukaan bumi yang cukup luas. Dibandingkan dari luas daratan maka lautan jelas lebih luas. Bahkan luasnya lautan beberapa kali dibanding luas daratan. Sekitar 70 persen permukaan bumi ini terdiri dari lautan. Ini artinya kita yang hidup di daratan ini tidak ada apa-apanya dibanding luasnya lautan. Meskipun daratan yang kita diami ini begitu luas ternyata masih kalah luas dibanding lautan.


Di lautan yang cukup luas itu tersimpan sumber daya alam yang luar biasa banyak dan besarnya. Yang biasa kita kenal ialah ikan laut. Memang di lautan memiliki jumlah ikan laut yang cukup besar. Dari jenis ikan laut saja ada banyak sekali. Hingga kita akan kesulitan untuk menyebutkannya satu per satu. Belum dari jumlah ikan laut tersebut. Jumlah begitu besar.


Ikan laut punya kelebihan yang cukup penting untuk diperhatikan. Ikan laut memiliki nilai nutrisi yang cukup tinggi. Sangat tepat bila kita suka mengkonsumsi ikan laut ini dalam kehidupan sehari-hari. Tepat sekali bila para ahli nutrisi sering menyampaikan untuk memperbanyak makan ikan laut. Sampai beberapa waktu yang lalu muncul kampanye untuk mengkonsumsi ikan laut. Disadari memang ikan laut sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak. Zat yang terkandung di dalam ikan laut akan sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak.


Maka tak heran bila orang tua pun sering memilihkan makanan hasil olahan ikan laut. Tidak jarang setiap mereka berbelanja di pasar atau supermarket selalu aja memilih ikan laut. Tidak hanya anak-anak saja yang bagus makan ikan laut. Para orang tua pun sangat memerlukan nutrisi yang terkandung di dalam ikan laut. Orang-orang yang suka sea food atau makanan dari laut pun amat banyak. Dimana-mana banyak orang yang memilih sea food ini.


Di samping itu, banyak juga orang yang berbisnis dengan membuka warung sea food. Di sana pun didapati warung sea food begitu laris oleh para pembeli. Ini artinya peminat ikan laut cukup banyak. Melihat fenomena seperti ini kita bisa mengambil sebuah peluang bisnis yang cukup manis. Bagaimana kalau kita jualan ikan laut? Jumlah ikan laut yang cukup banyak dan banyaknya konsumen yang menjadi pangsa pasarnya memang sesuatu yang amat menggiurkan.


Setelah kita benar-benar tertarik untuk bisnis jualan ikan laut maka perlu kita persiapan sebaik-baiknya. Persiapan dalam hal ini sangatlah penting sebab untuk sukses itu perlu adanya persiapan. Beberapa persiapan yang dirasa perlu untuk dilakukan antara lain:

1. Kita pilih ikan laut terlebih dahulu

Tidak semua ikan laut yang akan kita jual. Kalau semua dijual maka item barangnya akan sangat banyak sekali. Maka kita mesti fokus ke beberapa jenis ikan laut terlebih dahulu sebelum kita mulai bisnis ikan laut ini. Lalu jenis ikan laut apa yang akan kita jual? Pilihlah ikan laut yang banyak dicari oleh pembeli. Jenis ikan laut ini akan sangat prospek untuk laku dijual. Termasuk pula ikan yang dipilih itu adalah yang mudah memperolehnya. Kita tidak kesulitan mendapat ikan laut tersebut dari para nelayan atau pemasok.


2. Pilih pemasok yang terpercaya

Untuk berjualan ikan laut kita perlu pemasok ikan yang baik. Pemasok tersebut terpercaya. Ikan yang dijual ke kita masih bagus kualitasnya. Harga ikan dari pemasok tersebut juga tidak mahal sehingga kita tak sulit dalam menentukan harga jualnya nanti.


3. Memiliki armada untuk berjualan

Kita bisa menggunakan mobil pick up dalam berjualan ikan. Kalau gak punya mobil maka bisa kita pilih sepeda motor saja.


4. Selalu memilih ikan yang bagus

Ikan yang dijual kepada para konsumen mesti bagus kualitasnya. Usahakan selalu ikan yang masih segar yang dijual.


Itulah persiapan yang penting untuk kita lakukan dalam berjualan atau bisnis ikan laut. Semoga artikel sederhana ini menambah wawasan buat semua pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Membaca Peluang Bisnis Jualan Ikan Laut