Inilah Cara Screenshot di Laptop Kamu

Cara Screenshot di Laptop Kamu

Hari ini dunia begitu akrab dengan teknologi. Lebih khusus lagi pada bidang dunia teknologi informasi. Berbagai perangkat teknologi informasi ini juga sudah banyak dikenal masyarakat luas. Tak hanya itu saja. Pengguna dari perangkat teknologi informasi tersebut juga kian bertambah dari waktu ke waktu. Sebut saja sekarang misalnya perangkat laptop dan handphone.


Hampir semua orang sudah menggunakan handphone di tangannya. Ditambah lagi, sebagian diantara mereka juga memakai laptop guna menyelesaikan pekerjaannya. Sekarang memang dua perangkat tersebut seperti wajib dimiliki. Aneka pekerjaan dan tugas menuntut untuk diselesaikan begitu cepat. Tanpa dukungan handphone dan laptop rasanya kurang memungkinkan untuk bisa menyelesaikannya tepat waktu. Utamanya laptop. Di laptop kita bisa melakukan screenhoot pada layarnya. Dari situ kita tidak perlu memfoto sesuatu ketika kita menginginkannya.


Cara screenshot di laptop akhirnya harus kita ketahui. Mengapa demikian? Sebab fitur screenshot ini amat penting. Akan begitu sering kita menggunakannya kala kita bekerja menggunakan laptop. Hanya saja diakui memang para pengguna baru kadang merasa belum paham betul terkait cara melakukan screenshot ini. Yang sudah familier mengenai cara melakukan screenshot adalah ketika menggunakan handphone.

Cara Screenshot di Laptop Kamu

Maka mempelajari terkait cara melakukan screenshot ini perlu segera dilakukan. Teman-teman yang berbahagia. Dalam kesempatan ini kami akan berbagi cara melakukan screenshot atau tangkapan layar ini di laptop. Silakan menyimaknya.

1. Melakukan screenshot dengan menggunakan tombol printscreen

Ini merupakan cara yang paling umum dipakai. Di keyboard laptop kita akan menjumpai sebuah tombol yang namanya printscreen. Tinggal kita menekan tombol tersebut maka kita bisa melakukan screenshot di layar laptop. Pada keyboard laptop tombol printscreen tertulis PrtSc. Umumnya terletak di bagian paling atas. Tepatnya agak ke kanan. Setelah mengetahui caranya sekarang tinggal teman-teman siapkan tampilan layar di laptop yang mau discreenshot. Setelah siap kini tinggal klik tombol prtsc. Lantas bukalah aplikasi Paint bawaan Windows. Kemudian paste dan simpan filenya di laptop. Sebelum disimpan sebaiknya diberi nama filenya. Teman-teman juga bisa membuka aplikasi selain Paint. Misalnya saja menggunakan aplikasi microsoft word.


2. Menggunakan cara menekan tombol Windows dan PrtSc secara bersamaan

Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara yang bertama. Kita nanti setelah menekan tombol Windows dan PrtSc bersamaan, kita buka aplikasi Paint bawaan windows. Lantas kita paste atau klik tombol Ctrl+V di sana. Sesudah itu bisa kita simpan filenya dengan memberi nama terlebih dahulu. Sama dengan cara yang pertama kita bisa gunakan pula aplikasi lainnya seperti microsoft word. Di samping itu, gambar hasil screenshot juga otomatis tersimpan di pada subfolder Screenshot di folder Pictures di Windows. Jadi, kalau pun tanpa kita membuka aplikasi Paint atau pun microsoft word tetap saja gambar hasilnya akan tersimpan di laptop kamu.


3. Memakai cara menekan tombol Alt dan PrtSc secara bersamaan

Untuk cara yang ketiga ini cukup mudah juga. Kita cukup menekan tombok Alt dan PrtSc. Cara ini juga memerlukan kita untuk membuka aplikasi Paint atau pun microsoft word untuk paste hasil screenshotnya. Hanya saja, ada perbedaan dengan cara sebelumnya. Dengan kita memakai cara screenshot menekan tombol Alt + PrtSc maka hasil screenshot yang dihasilkan hanya jendela aktif yang tertangkap layar. Untuk bagian taskbarnya tidak ikut tertangkap atau hasil screenshotnya tidak akan nampak bagian taskbarnya.


4. Melakukan screenshot dengan menekan tombol Windows dan Shift serta S bersamaan

Orang sering menyebutnya dengna cara ship and sketch. Kita perlu menekan tombol Windows+shift+S dalam waktu bersamaan. Sesudah itu nantinya akan muncul jendela yang baru. Pada jendela yang baru itu kita cukup menggerakkan cursor bersimbol +. Kita letakkan pada bagian layar yang akan disimpan atau discreenshot. Caranya hampir sama kalau kita mau crop atau memotong gambar. Nanti hasilnya akan muncul warna terang di bagian layar yang terscreenshot. Bila sudah selesai maka hasilanya akan muncul di sudut kanan bawah laptop kamu. Klik hasil screenshotnya. Setelah itu akan muncul jendela baru yang berisikan hasil screenshot kita. Kemudian kita bisa melakukan penyimpanan dengan menekan ikon di bagian atas bergambar disket. Bisa pula diedit dulu sebelum disimpan.


5. Melakukan screensot dengan menggunakan tools khusus

Cara ini dengan kita menggunakan tools tertentu. Beberapa tools yang bisa dicoba misalnya lightshot, ShareX dan Greenshot.


Inilah cara screenshot di laptop kamu. Kami berharap sedikit yang kami bagikan ini memberi arti dan manfaat buat teman-teman semuanya. Dengan begitu, pekerjaan melakukan screenshot di laptop kita bisa berjalan lancar dan tanpa kendala apa pun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Inilah Cara Screenshot di Laptop Kamu