Tips Memilih Pelapis Kolam Anti Bocor

Cara Memilih Pelapis Kolam Anti Bocor

Memelihara ikan memang amat menyenangkan. Khusus bagi mereka yang senang dengan memelihara ikan maka tidak akan pernah meninggalkan hobi tersebut. Umumnya mereka akan membuat kolam ikan di dekat tempat tinggal atau rumahnya. Bisa di samping, belakang rumah, depan atau malah di dalam rumahnya dibuat kolam ikan. Tentu saja untuk yang membuat kolam ikan di dalam rumah ini adalah mereka yang punya rumah dengan desain khusus.


Kita memerlukan pelapis kolam anti bocor saat membuat atau membangun kolam ikan di rumah. Baik itu kolam yang berukuran kecil atau pun besar semuanya perlu pelapis. Kolam ikan setiap waktu tergenang air. Sebab ikan-ikan yang kita pelihara ini tidak akan pernah satu detik pun bisa hidup tanpa air. 


Akan sangat sayang bila kita sudah membangun atau membuat kolam yang sudah bagus tetapi kualitasnya diragukan. Kolam tersebut dalam waktu yang lama kalau kualitasnya tak baik bisa bocor airnya. Kalau sudah terjadi kebocoran maka akan susah untuk mengatasinya. Meskipun bocornya cuma sedikit sekali tetap saja nanti airnya bisa habis nantinya. Kalau airnya habis maka ikan-ikan peliharaan kita bisa mati.


Akhirnya, mau tidak mau sebaiknya kita beli pelapis kolam anti bocor saat membangun kolam ikan. Memang diakui bahwa kita akan mengeluarkan biaya tambahan untuk itu. Tetapi dilihat dari manfaatnya saya kira kita tidak akan rugi sama sekali. Sebaliknya, kita malah memperoleh keuntungan sebab kolam yang dibangun nanti bisa awet dari kebocoran.


Sebelum kita membeli bahan pelapis kolam anti bocor. Ada baiknya kita mengetahui tips dalam memilihnya. Diakui memang di pasaran kita akan mendapatkan berbagai macam jenis merk pelapis kolam ini. Pastikan kita tidak salah beli sebab bisa menyesal nantinya.

Tips penting memilih pelapis kolam anti bocor

Teman-teman, berikut ini kami sampaikan beberapa tips penting dalam memilih pelapis kolam anti bocor yang bagus. Beberapa tips tersebut adalah:

1. Bahan pelapis kolam tetap aman untuk ikan

Jangan lupa bahwa kita ini akan membangun kolam ikan. Bukan sekedar membangun kolam yang tidak digunakan untuk memelihara apa pun. Karena kita akan menggunakan kolam tersebut untuk memelihara ikan maka keamanan dari bahan pelapis kolam supaya anti bocor harus diperhatikan betul. Pastikan bahan tersebut tidak membuat ikan bermasalah pada kesehatannya. Jangan sampai bahan pelapis kolam yang kita beli malah membuat ikan sakit bahkan mati. Kita perlu konsultasikan kepada penjual atau siapa saja terkait bahan pelapis kolam yang akan kita beli tersebut.


2. Pilih bahan pelapis kolam yang bahan dasarnya semen

Untuk membuat kolam ikan yang bagus. Bahan pelapis kolam anti bocor yang tepat adalah yang bahan dasarnya dari semen. Ini adalah bahan yang paling tepat. Bahan dasar berupa semen dalam pemasangannya nanti akan lebih mudah.


3. Pastikan kita pilih pelapis kolam yang tahan cuaca

Mau tidak mau kita akan mengalami berbagai macam kondisi cuaca. Ada kalanya cuaca amat panas dan di lain waktu kita merasakan cuaca yang dingin. Khususnya kita yang membangun kolam di luar ruangan atau outdoor. Ada baiknya memilih kolam pelapis kolam yang tahan berbagai kondisi cuaca. Perubahan cuaca tidak mengakibatkan kerusakan pada pelapis kolam tersebut.


4. Gunakan sesuai panduan dari pabriknya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka kita harus menggunakan bahan pelapis anti bocor itu sesuai dengan panduan dari pembuatnya. Dalam hal ini tentu saja dari pabrik yang memproduksi bahan tersebut. 


5. Pastikan yang dipilih adalah merk terpercaya

Merk terpercaya biasanya memberikan jaminan kualitas. Maka kalau kita membeli bahan pelapis kolam dari merk yang terpercaya biasanya berkualitas pula produknya. Meski mungkin harganya agak mahal sedikit tidaklah masalah.


Itulah beberapa tips dalam membeli dan memilih bahan pelapis kolam anti bocor. Kita tentu ingin memiliki kolam yang awet dan tidak bocor untuk jangka waktu yang lama. Ikan-ikan peliharaan kita bisa tetap sehat dan kita yang memeliharanya pun tentu ikut senang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tips Memilih Pelapis Kolam Anti Bocor