Mengenal Lebih Jauh PAFI Pakpak Bharat

PAFI Pakpak Bharat

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia merupakan organisasi profesi yang ada di negeri ini. Dalam setiap profesi umumnya dan seyogyanya mesti punya organisasi profesi. Tidak terkecuali pada mereka yang berkecimpung dalam bidang farmasi ini. Sebuah bidang kehidupan yang amat penting dan selalu mendapat perhatian dari masyarakat luas.


Farmasi sendiri mungkin tidak begitu sering menjadi bahan obrolan orang awam. Hanya beberapa momen saja yang mungkin kata tersebut menjadi tema pembicaraan. Sebetulnya, farmasi merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan. Segala hal yang berkaitan dengan seluk beluk obat dipelajari di sini. Maka kalau bicara tentang farmasi maka otomatis bicara pula mengenai obat.


https://pafipakpakbharat.org/ ialah alamat website dari organisasi PAFI Cabang Kabupaten Pakpak Bharat Propinsi Sumatera Utara. Sebuah Kabupaten yang terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan. Dalam website tersebut kita bisa mendapatkan informasi lebih mengenai PAFI secara umum maupun khusus. Teman-teman yang belum tahu mengenai apa itu PAFI maka bisa mengunjunginya.


Kembali kepada masalah farmasi. Kalau dikatakan farmasi itu berkait dengan obat maka masyarakat secara umum sebetulnya tidak asing lagi. Hanya saja mereka lebih familier dengan kata obat. Bagi masyarakat umum sekali pun. Kalau ditanya apa itu obat maka mereka pasti bisa menerangkannya. Sejauh pengetahuan yang dimilikinya tentu.


Kalau kita baca profil dari PAFI ini di websitenya. Ternyata organisasi PAFI ini telah memiliki  kiprah yang luar biasa. Sejak zaman era kemerdekaan PAFI ini ikut bersatu padu dengan komponen bangsa lainya dalam rangka membebaskan negara Indonesia dari penjajahan. Perjuangannya tidak bisa dipandang sebelah mata.


Organisasi ini lahir di kota Yogyakarta pada tanggal 13 Februari 1946. Kalau dilihat dari usianya maka organisasi PAFI sudah amat lama kiprahnya. PAFI fokus kepada pengabdian masyarakat dan juga anggotanya. Kegiatannya sangatlah dinantikan oleh masyarakat luas. Ilmu berkaitan dengan obat-obatan sangatlah dibutuhkan di era sekarang ini.


Mereka yang menjadi seorang apoteker, asisten apoteker, dan analisis farmasi menjadi anggota dari organisasi PAFI ini. Maka tidak mengherankan bila banyak yang menjadi anggota PAFI tersebut. Di seluruh penjuru tanah air kita bisa dengan mudah menemukan orang-orang yang berprofesi sebagai apoteker, analis farmasi maupun asisten apoteker.


PAFI Kabupaten Pakpak Bharat pun tidak jauh berbeda dengan organisasi PAFI di tempat lainnya. Di Kabupaten Pakpak Bharat, PAFI memiliki kiprah kepada masyarakat maupun anggotanya. Diantara kiprah dari PAFI antara lain:

1. Memberikan peningkatan pelayanan farmasi kepada masyarakat

Langkah yang dilakukan PAFI dalam rangka meningkatkan pelayanan yakni menjadikan semakin bagus kualitas sumber daya manusia mereka yang menjadi anggota PAFI. Bilamana para anggota PAFI ini memiliki kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni tentunya pekerjaaan yang dilakukannya akan semakin baik. Hal yang biasa dilakukan organisasi profesi untuk meningkatkan sumber daya manusia yakni dengan kegiatan seminar, pelatihan maupun workshop.


2. Melakukan edukasi mengenai farmasi kepada masyarakat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa masalah obat atau farmasi ini penting sekali bagi masyarakat luas. Akan tetapi, pengetahuan tentang masalah obat-obatan ini tidak diketahui oleh banyak orang. Misalnya dalam penggunaan obat yang tepat seperti apa. Kemudian permasalahan alergi dan efek samping obat serta beberapa masalah lainnya. Ini semua masalah yang perlu diperhatikan. Maka edukasi atau pendidikan mengenai masalah penggunaan obat ini diperlukan sekali. Tepatlah kalau PAFI ikut melakukan edukasi kepada masyarakat luas.


3. Bekerjasama dengan tempat layanan kesehatan setempat

Di berbagai tempat terdapat tempat pelayanan kesehatan. Maka PAFI bekerjasama dengan tempat layanan kesehatan dalam rangka membantu masyarakat. Ini dilakukan supaya masyarakat luas semakin banyak yang memperoleh akses informasi penting terkait obat-obatan.


Demikian informasi terkait PAFI Kabupaten Pakpak Bharat. Hadirnya organisasi seperti PAFI ini akan semakin mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang kesehatan. Khususnya mengenai seluk beluk obat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Mengenal Lebih Jauh PAFI Pakpak Bharat

0 komentar:

Post a Comment