PAFI Kota Lubuk Pakam

PAFI Lubuk Pakam

Organisasi menjadi penting untuk diikuti. Kita saja di kampung biasanya ada organisasi lingkup lingkungan terdekat. Misalnya saja organisasi karang taruna yang membawahi para pemuda pemudi di sebuah kampung. Dalam organisasi tersebut dilaksanakan koordinasi terkait kegiatan pemuda pemudi. Demikian pula mungkin ada organisasi untuk remaja masjid. Di situ diadakan koordinasi bagi para remaja masjid.


Itu contoh organisasi di tingkat kampung. Di tataran nasional tentu kita akan menemui lebih banyak lagi macam organisasi. Bisa ratusan ribu jumlahnya. Ada organisasi yang berkaitan dengan hobi, profesi, dan lain sebagainya. Yang menjadi fokus pembahasan kita kali ini ialah terkait organisasi berkaitan dengan profesi. Sebuah organisasi yang hanya diisi oleh orang-orang yang satu profesi saja. Ada kesamaan dalam hal profesinya. Baik itu pengurus maupun para anggotanya.


Organisasi profesi pada umumnya dikelola dengan baik. Kepengurusan disusun dengan rapi. Mempunyai anggaran yang jelas. Segala kegiatan dibiayai dari anggaran tersebut. Program-program kerja direncanakan secara baik. Tiap tahun atau pada waktu tertentu secara berkala diadakan pertemuan seluruh anggota profesi. Untuk saat ini pun menghadapi era digital setiap organisasi profesi punya alamat website.


pafikotalubukpakam.org salah satu alamat website dari organisasi profesi. Organisasinya bernama PAFI. PAFI ini merupakan kependekan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Organisasi profesi  tersebut menaungi seluruh orang-orang yang punya profesi sebagai ahli farmasi. Kita tahu bahwa sekarang ini jumlah orang yang berprofesi sebagai ahli farmasi tidaklah sedikit.


Menjadi sangat wajar bila mereka mesti dihimpun dalam sebuah perkumpulan atau organisasi. Jumlah ahli farmasi yang banyak perlu dibuat sebuah organisasi yang menaunginya. Sehingga nantinya segala kebutuhan para ahli farmasi dapat terpenuhi dengan baik. Di lain pihak, masyarakat luas pun dapat merasakan hadirnya ahli farmasi untuk memberikan sumbangsih kepada mereka.


Masyarakat umum mungkin tidak begitu paham terkait apa itu farmasi. Mereka lebih mengenal obat-obatan dibanding kata farmasi. Walaupun, sebetulnya antara farmasi dan obat-obatan hakikatnya sama. Obat-obatan merupakan bidang dari ilmu farmasi ini. Maka membicarakan obat-obatan sama saja dengan membicarakan masalah farmasi.


Beberapa profesi dari para ahli farmasi ini antara lain apoteker, asisten apoteker, dosen farmasi, dan analis farmasi. Kalau dicari jumlahnya maka orang-orang yang berprofesi menjadi apoteker misalnya. Tentu akan sangat banyak sekali jumlahnya. Hampir tak terhitung. Sebab kita bisa lihat sekarang apoteker sudah ada dimana saja.


Terkait peran organisasi PAFI sebetulnya amat banyak. Pun dengan cabang organisasi PAFI di daerah seperti di Kota Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Peran bagi anggota misalnya. PAFI memfasilitasi para anggota untuk membuat KTA atau Kartu Tanda Anggota. Memiliki KTA bagi sebuah anggota dari sebuah organisasi profesi menjadi penting guna menunjukkan dirinya benar-benar anggota.


PAFI juga memberikan dorongan kepada para anggotanya untuk bisa mengembangkan keprofesiannya. Ini bisa kita ambil contoh semisal PAFI mengadakan acara pendidikan dan latihan atau diklat. Juga mengadakan kegiatan semisal seperti workshop. Tentu saja kegiatan tersebut amat dinantikan oleh para anggota PAFI. Harapannya dengan acara seperti mereka para anggota bisa meningkat kompetensinya.


Peran bagi masyarakat juga tidak dilupakan. Masyarakat sejatinya adalah pengguna dari jasa farmasi. Sebagai wujud nyata organisasi PAFI dalam membantu masyarakat maka sudah selayaknya diadakan acara. Dimana dalam acara tersebut isinya memberi pencerahan dan edukasi terkait bidang farmasi. Tentu saja bidang farmasi yang berkait erat dengan kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh kegiatan penyuluhan terkait penggunaan obat secara bijak dan benar sehingga tetap aman.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : PAFI Kota Lubuk Pakam

0 komentar:

Post a Comment