Disinilah Tempat Produksi Atap Alang Alang Bali Terbaik

Disinilah Tempat Produksi Atap Alang Alang Bali

Pernahkah teman-teman mendengar atap alang alang? Saya yakin teman-teman pernah mendengarnya. Hanya saja tidak begitu sering kan? Kalau kita membicarakan atap dari rumah. Tentu saja yang terbayang di benak kita adalah bahan berupa genteng dengan berbagai macamnya. Ada juga sih atap yang berupa galvalum atau pun asbes. Terdapat pula yang atap bangunan rumahnya yang lain dari bahan-bahan tersebut seperti seng dan beton.


Atap alang alang Bali menjadi satu jenis atap yang berbeda dengan pada umumnya. Atap bangunan menggunakan alang alang. Mungkin masih belum terbayangkan diantara teman-teman. Bagaimana sebuah alang alang kering bisa menahan panas terik matahari? Terus bagaimana pula alang alang bisa menahan air hujan ketika musim penghujan? Tetapi nyatanya bisa. Begitulah kenyataan dari atap alang alang di Pulau Bali.


Dahulu kala malah masyarakat di Bali rumahnya menggunakan atap alang alang. Itu bisa kita ketemukan dalam foto-foto di zaman dulu. Ternyata juga bisa menahan panas terik matahari dan juga hujan. Tentu saja untuk membuatnya memang harus ada ketrampilan khusus. Salah satu tempat yang terkenal di Bali yang membuat alang-alang adalah di Kecamatan Ubud. Daerah ini terletak di Kabupaten Gianyar.


Menemukan tempat produksi atap alang alang Bali menjadi sebuah keberuntungan. Kita tentu kalau mendengar atap alang alang menjadi penasaran. Kita ingin melihat secara langsung bagaimana pembuatannya. Bahkan kalau ada uang yang cukup, memesan tentu bukan hal yang tidak mungkin. Kita ingin memiliki bangunan dengan atap berupa alang alang.


Atap alang alang memang menjadi sealah bentuk kearifan lokal. Di kecamatan Ubud kerajinan pembuatan atap alang alang cukup banyak. Apalagi atap alang alang ini tergolong unik. Ketika kita ingin membangun bangunan di tempat wisata. Tidak harus di pulau Bali tentu. Membuat bangunan dengan atap alang alang menjadi sesuatu yang indah dan menawan. Kami yakin akan membuat banyak orang tertarik. Khususnya para wisatawan.


Di Kecamatan Ubud Bali terdapat perusahaan yang fokus pada produksi dan dan pemasangan untuk atap alang alang Bali. Perusahaan tersebut namanya Adikarmabali. Bahkan dilansir dari situs resminya perusahaan tersebut telah berpengalaman selama puluhan tahun memproduksi atap alang alang. Proyek yang dikerjakannya juga sudah banyak.


Bahkan perusahaan ini selalu menjamin kualitas alang alang Bali yang diproduksinya. Beberapa contoh produksi maupun pemasangan atap alang alang Bali yang dilakukan perusahaan tersebut diantaranya Green School, Pita Maha, Uma By Como, Maya Ubud, serta banyak lagi tempat lainnya. Tetapi beberapa contoh tersebut sudah bisa menjadi bukti tentang kualitas dari atap alang alang yang dipasang perusahaan ini.


Tak hanya atap alang alang saja yang dikerjakan dan diproduksi oleh perusahaan Adikarmabali. Perusahaan tersebut juga mampu membuat konstruksi bangunan dengan bahan bambu. Bahan berupa bambu ini sebetulnya telah menjadi bahan bangunan masyarakat Bali sejak dulu kala. Arsitektur bangunan dari bambu merupakan warisan leluhur. Tentu saja hasilnya akan unik dan indah.


Di samping itu, atap alang alang dan konstruksi bangunan berupa bambu ini sangat ramah lingkungan. Bahan berupa alang alang serta bambu juga mudah sekali diperoleh. Harganya pun juga terjangkau. Teman-teman yang berminat bisa menghubungi perusahaan Adikarmabali.


Ada beberapa keunggulan dari penggunaan atap alang alang ini. Diantaranya bahwasannya atap alang mampu memberi insulasi yang baik. Dalam arti ketika kita hidup di iklim tropis maka atap alang alang bisa menjaga suhu di dalam rumah menjadi selalu sejuk. Jadi kita tak perlu memasang AC di rumah. Sebab dengan memakai atap alang alang kita telah memiliki AC alami. Di samping itu, menggunakan atap alang alang juga memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Disinilah Tempat Produksi Atap Alang Alang Bali Terbaik

0 komentar:

Post a Comment